30 November, 2010, 3:24 pm, Editor: matoa

Anyaman Kertas Koran

Koran merupakan salah satu media komunikasi yang masih eksis hingga sekarang. Dalam penyampaian informasi, koran membutuhkan kertas sebagai media untuk menyampaikan informasi.

Adanya sisa kertas yang digunakan koran kadang mengganggu kebersihan rumah dan menambah jumlah sampah. Tahukah Anda, kertas koran dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan kerajinan. Barang yang dapat dibuat dari kertas koran di antaranya tempat tisu, tas, asbak, dan  wadah pakaian kotor.

Apa yang harus dilakukan untuk membuat kerajinan kertas koran bekas? Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi sampah kertas koran sekaligus memanfaatkan kertas koran sebagai barang berguna.

  1. Potong kertas koran yang tak terpakai menjadi 6 hingga 8 bagian, gulung potongan sesuai kebutuhan.
  2. Penggulungan dapat dilakukan dengan memelintir atau menggulung kertas yang telah dipotong.
  3. Inti gulungan dapat menggunakan kawat atau benda yang hampir sama dengan kawat. Penggunaan kawat bertujuan gulungan memiliki ukuran yang sama. Akhir gulungan dilem agar gulungan koran tak terlepas.
  4. Anyam gulungan untuk membuat kerajinan yang diinginkan seperti biasa. Dengan hitungan keluar masuk dan atas bawah sesuai motif yang diinginkan atau dapat menggunakan teknik jahitan.
  5. Rangka bentuk anyaman dapat menggunakan kawat stainless steel yang dilapisi koran.
  6. Anyaman dapat diperkuat dengan menyelipkan akhir anyaman ke ujung anyaman terakhir.
  7. Selanjutnya, hasil anyaman dipercantik dengan cat vernis.
  8. Anda dapat mempercantik anyaman Anda dengan menambahkan aksesoris seperti bunga atau kupu-kupu.

Produk anyaman tahan terhadap air karena terlindungi oleh lapisan cat vernis yang mengkilap dan tahan air. Selain itu, anyaman diperkuat dengan lapisan lem. Produk anyaman kayu mampu bertahan lama, asal tak terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama.

Sumber: dunia-wirausaha.com

Sumber foto: dunia-wirausaha.com

.

Share:

4 Komentar

  1. thanks ya atas postingx mg bisa bermampaat bg bnyk orng terutama bagi sy he..