28 September, 2011, 4:22 pm, Editor: matoa

Bahan Alami Ampuh Hilangkan Stretch Mark

Sangat tak nyaman jika di tubuh Anda terdapat stretch mark, sehingga membuat Anda kurang pede memakai rok mini atau celana pendek. Jika Anda perhatikan, stretch mark terlihat seperti garis-garis berwarna pink keungu-unguan dan dapat berubah menjadi warna merah.

Stretch mark biasanya terdapat di daerah-daerah berlemak seperti payudara, paha, bokong, dan lengan. Stretch mark disebabkan oleh peningkatan berat badan atau perubahan bentuk badan dengan cepat, misalnya kehamilan. Sehingga jaringan kulit tidak sanggup mengikuti perubahannya. Penyebab lainnya adalah: kulit kekurangan collagen dan elastin (akibat penuaan); ketidakseimbangan hormon (disebabkan puber, kehamilan, depresi, atau obat-obatan); dan kurangnya nutrisi sehingga dinding sel lemah.

Untuk menghilangkan stretch mark dapat dilakukan dengan memberi kelembapan yang cukup bagi kulit Anda. Berikut merupakan cara dan bahan alami untuk menghilangkan stretch mark Anda:

  • Gunakan produk yang mengandung minyak jojoba dan nabati, madu manuka, dan shea butter untuk melembabkan kulit Anda. Bahan-bahan tersebut mengandung asam lemak yang tinggi. Selain melembabkan kulit, bahan-bahan tersebut mampu menghilangkan stretch mark, bekas luka atau jerawat, dan mencegah penuaan dini.
  • Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi cukup bagi tubuh sangat penting. Bahan makanan yang mengandung silica dan zat besi berperan dalam pembentukan kolagen. Sedangkan vitamin yang penting dalam pembaharuan jaringan kulit adalah vitamin C, K, E, dan A. Pola makanan sehat dibutuhkan untuk mendapatkan kulit yang sehat.
  • Ampas kopi dipercaya mampu memudarkan dan menghilangkan stretch mark di bagian tubuh. Gunakan ampas kopi yang masih hangat dan gosokan pada bagian tubuh yang ada stretch mark selama lima hingga sepuluh menit. Lakukan hal tersebut 3 kali seminggu dan Anda akan mendapatkan kulit mulus tanpa stretch mark.
  • Air garam merupakan salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark. Yang harus Anda lakukan adalah berendam dalam air yang mengandung garam selama 10 menit. Jika tak memungkinkan, Anda dapat mengoleskan air garam ke area stretch mark dan tunggu selama 5 menit, lalu bilas dengan bersih. Aktivitas ini dilakukan sebelum mandi, dan lemak yang tertimbun perlahan akan menghilang.
  • Campuran herbal seperti wortel, ketumbar, dan daun thyme dapat digunakan sebagai bahan penghilang stretch mark. Haluskan bahan-bahan tersebut dan oleskan ke bagian tubuh yang memiliki stretch mark. Gosok perlahan selama lima menit, diamkan, lalu bersihkan dengan air bersih.
  • Vitamin E sudah dikenal sebagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Gunakan minyak vitamin E untuk memijat bagian stretch mark pada tubuh. Minyak vitamin E berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dan mengisi kolagen pada kulit. Selain itu, makanan berlemak yang sehat membantu memperkuat dinding sel. Anda dapat mencoba konsumsi kapsul omega 3 yang sehat bagi tubuh.

Cara di atas harus dilakukan terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba

 

Sumber: beautydaylily.com dan cosmopolitan.co.id

Sumber foto: prlog.org

 
Share: