24 August, 2010, 10:36 am, Editor: matoa

Bahaya Boraks dan Bleng.

Mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar zat-zat berbahaya yang langsung dicampur sebagai bahan pembuat makanan. salah satu zat yang sering digunakan yaitu ‘Boraks dan Bleng.”

BLENG

Bleng adalah sebutan untuk salah satu zat berbahaya dengan nama ilmiah Natrium Biborat, Natrium Piroborat, Natrium Teraborat. Bleng adalah bentuk tidak murni dari boraks/asam borat murni yang biasa dibuat oleh industri farmasi.

BORAKS

Boraks merupakan senyawa kimia berbahaya untuk pangan dengan nama kimia natrium tetrabonat (NaB4O7 10H2O). Dapat dijumpai dalam bentuk padat dan jika larut dalam air akan menjadi natrium hidroksida dan asam borat (H3BO3). Boraks atau asam borat biasa digunakan sebagai bahan pembuat deterjen, bersifat antiseptik dan mengurangi kesadahan air. Bahan berbahaya ini haram digunakan untuk makanan.

Sebagai konsumen berarti kita harus lebihh teliti sebelum membeli, berikut tips yang mudah agar kita dapat mendeteksi makanan yang kita beli itu tidak mengandung boraks ;

- Ciri-ciri mie basah mengandung boraks: Teksturnya kenyal, lebih mengkilat, tidak lengket, dan tidak cepat putus.

- Ciri baso mengandung boraks: teksturnya sangat kenyal, warna tidak kecokelatan seperti penggunaan daging namun lebih cenderung keputihan.

-Ciri-ciri jajanan (seperti lontong) mengandung boraks: teksturnya sangat kenyal, berasa tajam, seprti sangat gurih dan membuat lidah bergetar dan meberikan rasa getir.

-Ciri-ciri kerupuk mengandung boraks: teksturnya renyah dan bisa menimbulkan rasa getir.

Jika sudah seperti itu, sebenarnya ada zat pengganti yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menggantikan borak maupun bleng dan memberikan efek sama (sebagai pengenyal maupun pengawet) adalah air abu. Untuk mendapatkan air abu, bakar merang (tangkai bulir padi) atau klaras (daun pisang kering) hingga menjadi abu, kemudian rendam 2-3 hari dengan air bersih. Ambil air rendamannya, manfaatkan sebagai pengenyal maupun pengawet alami. Bisa juga memanfaatkan air kapur sirih.

Dengan demikian kita bisa lebih bijak dalam mengkonsumsi dan memilih makanan. AYO..Gunakanlah bahan yang alami sehingga lebih ramah lingkungan dan yang paling penting baik untuk kesehatan. [amd]

Share:

28 Komentar

  1. Apakah penggunaan air abu murni untuk pengganti bleng,apakah ada tambahan zat lain utk pembuatan kerupuk,bagaimana perbandingan pemakaianny ,dan apa pendapat anda dg SUPP? Trims:)

  2. alam sejahtera Bpk/Ibu,
    Seperti yang telah kita ketahui bahwa Bleng yang mengandung Borax sangat berbahaya bagi kesehatan dan dilarang oleh pemerintah. Saat ini banyak industri makanan yang membutuhkan bleng sebagai bahan tambahan pengembang untuk kerupuk, mie, bakso, dll. Saya saat ini telah menemukan bahan tambahan pengembang makanan pengganti bleng berupa powder dimana bahan-bahan saya sangat aman untuk dikonsumsi karena 100% food grade dan telah lolos uji BPOM. Untuk hasil produknya yaitu tingkat kekenyalan, crispy maupun mekarnya malah setingkat lebih baik daripada bleng.
    Bagi Bpk/Ibu yang berminat dapat menghubungi di nomor saya 08888121222 dan 081932363008. Terima Kasih.

  3. saat ini saya menjual bahan tambahan pangan pengembang (BTPP) yang sangat aman bagi kesehatan karena semua bahan-bahannya 100% food grade dan tidak mengandung BORAX. BTPP ini telah dites oleh Badan POM dan telah disertifikasi sebagai yang PERTAMA dan satu-satu nya BTPP di Indonesia yang 100% food grade tanpa mengandung BORAX. BTTP saya berfungsi untuk menggantikan bleng. cocok di gunakan untuk kerupuk, mie dll. untuk info dapat menghubungi 08888121222 atau 081932363009. terima kasih

  4. AYO..Gunakanlah bahan yang alami sehingga lebih ramah lingkungan dan yang paling penting baik untuk kesehatan.

    Yang anda tulis itu tidak benar. Bukankah bleng itu alami? Ganja itu juga alami tapi berbahaya.

  5. Menanggapi masalah atas penggunaan boraks sebagai bahan tambahan pangan yang berbahaya di masyarakat luas, saya telah melakukan serangkaian test dan uji coba selama kurang lebih 4 tahun untuk menemukan formula pengganti bleng tanpa boraks.

    Saat ini telah tersedia Bahan Tambahan Pangan Pengembang (BTPP) yang sangat aman bagi kesehatan karena semua bahan-bahannya 100% FOOD GRADE dan tidak mengandung Boraks. BTPP ini telah di test oleh Badan POM dan telah di sertifikasi sebagai yang PERTAMA dan satu-satunya BTPP di Indonesia yang 100% FOOD GRADE tanpa mengandung boraks.

    Beberapa keunggulan dari BTPP saya adalah:

    * 100% Food Grade Tanpa boraks
    * membuat kerupuk lebih renyah
    * membuat kerupuk lebih mekar dan besar
    * membuat kerupuk lebih bertekstur dan bersih serta tidak terlihat kusam setelah digoreng
    * membuat mie lebih tahan lama karena biasanya mie yang dibuat pada pagi hari maka sore nya mie akan berubah warna dan tidak fresh lagi. Dengan BTPP ini mie dapat disimpan hingga besok pagi dan tetap fresh
    * memberikan warna kuning alami yang cantik pada mie (TANPA menggunakan perwarna makanan)
    * Lolos uji BPOM dan fully certified

    Apabila Bapak/Ibu mempunyai usaha atau bisnis di bidang kerupuk puli atau mie dapat mencoba BTPP saya dan membuktikan sendiri keunggulan dari BTPP saya.

    Untuk keterangan lebih lanjut Bapak/Ibu dapat menghubungi saya di 021-50611318 atau 0881-6188228. Terima Kasih.

  6. sy coba bkn air abu,tp ggl hslnya airnya ga bening di rendam 1 mlm,mau tanya kesalahannya dimana,mhn balesannya

  7. terima kasih atas perhatiannya Bpk Dani.
    Coba Anda rendam selama 2-3 hari, semoga bisa lebih bening.
    trims

    Salam Sahabat Hijau1

  8. numpang tanya donk..apakah air abu itu jg bisa dipake buat pewarna hitam alami makanan? apakah penggunaan air abu tersebut tidak berbahaya?mengingat pada abu khan mengandung zat karbon..
    trmksh

  9. Terima kasih atas pertanyaannya Mas Fuad,
    air abu atau air kie tidak berbahaya karena sudah sejak lama digunakan sebagai pengawet makanan atau pengenyal mie. Jika ingin membuat pewarna hitam, Anda dapat menggunakan abu merang dengan cara abu merang dibakar kemudian diayak.
    Semoga membantu

  10. maaf sdh sy cb smpai 3 hr hslnya agag bening tp blm bening benar, gmn, trs mau nanya apa air kie yg di jual di tk bhn kue aman, sy takut ada campuran dengan bahan lain

  11. g tahu. . .tidak berkomentar. . yang jelas pemerintah harus bisa menghentikan peledaran Borax. . .atau yang di kenal dengan nama Pijer. . sedangkan pemakaiannya sudah dari dulu

    tks

  12. Menurut saya, sama halnya dengan pengawet makanan alami lainnya, air abu mengandung anti-mokroba dan anti-oksidan sehingga mampu mengawetkan makanan.

    Semoga membantu

  13. saya sudah hubungi ibu Rini, tetapi semua no HP mati. tolong hubungi saya di ym=sujarwoherbals atau 081227010350. sebaiknya SMS lebih dulu. terima kasih

  14. boleh nanya gak? klo untuk mengetahui bakso mengandung boraks atau gak tapi dengan menggunakan suatu indikator alami misalnya….makasi

  15. Pingback: Identifikasi Borak « evynurhidayah

  16. trima ks,info2.tanya..:
    1. mohon infonya, jika ada alat uji kimia sederhana cukupmurah, bs kita dpt, utk tes di tempat / toko itu juga..tidak perlu sempurna semua bs dites, tp bs mengurangi sedikit2 sudah lumayan..Menurut saya, dg ‘gerakan’ konsumen yg pilih2 , maka penjual akan menolak bhn bahaya juga.

    2. air abu,ki. jadi air alami ini tdk bahaya ya,atau masih hrs sangat dibatasi sekalipun aman,efek apa?

    2a. PERBANDINGAN berat dr bahan2 air abu, pak..? mungkin itu yg bikin gagal..?

    3. ada yg tanya, tahu aman/tdk, g.mana, selama ini, saya selalu pilih bahan sayur/daging yg berulat/lalat !! atau kalau curiga,masakan, saya tes ke binatang

    4.alkalin water itu apa pk, bandingkan di artikel ini,mirip dg borax ini,gunanya.kata koki tki, resto hotel bsr neg.ttangga baaaanyak pakai..trimaksh..

  17. Mohon tanya, di salah satu karak yg kami beli, tertulis “karak beras asli”, komposisi: beras asli, BLENG CAIR ALAMI, dll…
    Pertanyaan:
    1. BLENG CAIR ALAMI itu apa?
    2. amankah untuk makanan?
    3. kalo memang aman, bagaimana cara mengetahui bhw itu bleng cair alami?
    Terima kasiih

  18. Dear Pak Hary,
    untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat di kemasan, adakah izin dari BPOM atau Mendiknas.

    semoga membantu

  19. saya mempunyai teman yang memproduksi kerupuk dengan memakai bleng, sebenarnya dia tahu boraks itu dilarang penggunaannya.
    Tapi dia melihat dalam kemasan bleng terdapat izin pemakaian dari BPOM, jadi sampai sekarang teman saya masih menggunakan bahan itu.
    Pertanyaan saya apakah benar BPOM memang mengeluarkan izin penggunaan bleng?

  20. Blenk tradisional bukan Natrium Biborat, bukan Natrium Piroborat, dan juga bukan Natrium Teraborat. Tetapi campuran dari air endapan abu merang, ditambah larutan garam, ditambah larutan bawang putih.

  21. mau tanya, kalo literatur tentang abu daun pisang sebagai pengganti boraks ada gak ya?nyarinya dimana ya? makasih..