14 July, 2011, 11:49 am, Editor: matoa

Basmi Rumput Liar dengan Bahan Dapur Alami

Sedikit menyebalkan jika pekarangan rumah yang telah tertata dengan cantik harus terganggu dengan kehadiran rumput liar. Rumput liar yang sudah dibersihkan biasanya akan datang kembali setelah satu hingga dua bulan.

Ada cara untuk membasmi rumput liar, salah satunya adalah dengan menggunakan herbisida. Namun cara tersebut tidak alami karena menggunakan bahan kimia yang dapat merusak sifat-sifat tanah.

Anda ingin cara yang alami dan murah? Tidak perlu khawatir akan biaya yang mahal dan cara yang sulit. Berikut merupakan beberapa bahan dapur yang bisa digunakan untuk membasmi rumput liar.

  • Garam

Menggunakan garam sangat efektif untuk membunuh rumput liar. Siapkan garam tak beryodium atau garam krosok (karena tidak digunakan untuk konsumsi dan lebih murah, maka digunakan garam tak beryodium). Anda hanya membutuhkan jumlah sangat sedikit (lebih sedikit dari satu sendok teh), lalu sebarkan pada permukaan tempat rumput liar tumbuh. Garam tersebut akan menghisap kelembaban rumput liar sehingga tanaman tersebut kekurangan nutrisi dan mati.

Kelemahan menggunakan garam ialah garam tersebut akan menyerang semua jenis tanaman. Jika garam ada di permukaan tanah, maka sangat sulit bagi tanaman lainnya untuk hidup. Tempat terbaik untuk menggunakan garam adalah bagian pekarangan yang tidak ditanami tanaman hias seperti bagian yang terdapat paving block atau batu-batu kecil.

  • Air mendidih

Air mendidih membantu menyelesaikan masalah rumput liar Anda dengan membakar proses pertumbuhan. Panas dari air akan membuat tanaman menjadi coklat, menciut, dan mati. Didihkan air dan tumpahkan secara langsung ke rumput liar.

Menggunakan air mendidih bukan solusi jangka panjang. Namun, merupakan pilihan yang baik untuk area pekarangan yang tidak terlalu besar dan penggunaan air mendidih tidak menimbulkan kerugian. Air mendidih juga mampu memindahkan bahan yang baik seperti mikroorganisme dari tanah yang dibutuhkan untuk membantu tanaman Anda untuk berkembang. Hampir sama dengan penggunaan garam, penggunaan air mendidih untuk membasmi rumput liar harus di tempat yang tidak ada tanaman hiasnya.

  • Cuka anggur putih

Mengapa cuka anggur putih ampuh digunakan untuk membasmi rumput liar? Cuka anggur putih mengandung bahan yang disebut asam asetat (Acetic acid). Semprotkan cuka anggur putih pada rumput liar, maka rumput liar akan kekurangan kelembaban dan menjadi coklat. Dibutuhkan beberapa hari untuk melihat efek penyemprotan cuka anggur putih pada rumput liar. Namun, setelah rumput liar mengkerut dan mati, Anda akan dengan mudah membuangnya.

Kini membasmi rumput liar di pekarangan rumah kesayangan Anda lebih murah dan praktis, dan tidak akan merusak tanah karena bahan yang digunakan sangat alami dan dapat didapatkan di dapur Anda.

Selamat mencoba dan semoga berhasil

 

Sumber: id.shvoong.com dan EzineArticles.com

Sumber foto: matoa.org

Share:

10 Komentar

  1. Rumput liar memang sangat-sangat mengganggu… Terima kasih informasinya ya.. akan segera saya praktekkan…

  2. terimakash gan info-nya!memang saya sedang mencari artikel cara membasmi rumput secara alami!!!!best regard gan!