26 August, 2010, 9:44 am, Editor: matoa

Tanaman Penyerap Polutan

Mungkin sudah banyak kita melihat dampak dari Global Warming. Mencairnya es di Kutub Utara, perubahan iklim yang tidak menentu, bencana alam dimana-mana dan masih banyak lagi dampak yang sudah kita lihat dan rasakan sendiri.

Berkaitan dengan hal tersebut, polusi udara adalah contoh yang langsung kita rasakan kerugiannya bagi kesehatan tubuh kita. Untuk daerah perkotaan, polusi udara merupakan masalah krusial yang penyebab utamanya banyak ditimbulkan oleh asap kendaraan bermotor yang menghasilkan tingkat CO2 dan Pb (timbal) begitu tinggi.

Solusi untuk mengurangi polutan tersebut sudah jelas, kita harus mengurangi  CO2 dan Pb itu sendiri, dengan cara paling sederhana yaitu menanam pohon atau mengadakan kegiatan penghijauan.Kegiatan tersebut merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi tingkat polutan.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah “Dimana kita akan menanam?”

Lahan yang tersedia untuk menanam di daerah perkotaan sangatlah minim atau mungkin tidak ada lahan yang bisa ditanami lagi dikarenakan sekarang lahan-lahan tersebut sudah berdiri tegak gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan atau bangunan niaga lainnya.

“Lahan sempit bukan alasan kita tidak melakukan penghijauan.”

Mulailah memanfaatkan lahan sempit disekitar kita untuk menanam. Misalnya saja, menanam tanaman hias di pot atau yang lagi trend saat ini adalah “Tambulampot” (Tanaman Buah dalam Pot),  menarik bukan?

Sebagai langkah awal kita terapkan gerakan menanam ini dalam rumah kita masing-masing. Hal ini berguna selain dapat mengurangi tingkat polusi udara dalam rumah, dengan menanam tanaman kita juga dapat mempercantik bangunan rumah, dan memberikan efek teduh pada rumah.

Berikut beberapa jenis tanaman yang cocok ditanam di rumah, yang dapat menyerap zat kimia berbahaya yang sering menjadi polutan dalam ruangan.(Penelitian, NASA Clean Air Study)

1. Jenis Polutan :

Formaldehida

Sumber Polutan :

Tripleks, Particle board, Karpet, Furnitur, Produk kertas, Bahan

Pembersih, Resin, Minyak tanah, Asap rokok.

Tanaman Penyerap Polutan :

Hanjuang, Ficus, Lili Paris, Palem bambu, Philodendron, Paku Neprolepis,

Bunga Krisan, Azalea, Sri rejeki dan Aglonema.

2. Jenis Polutan :

Trikhloroetilena (TCE)

Sumber Polutan :

Tinta, Cat, Pernis, dan Lem.

Tanaman Penyerap Polutan :

Hanjuang, Palem bambu, dan Bunga krisan.

3. Jenis Polutan :

Benzena

Sumber Polutan :

Bensin, Tinta, Minyak, Cat, Plastik, Karet, Deterjen, Asap rokok.

Tanaman Penyerap Polutan :

Hanjuang, Sansivera, Palem bambu, Bunga krisan, Aglonema.

Semoga informasi ini berguna untuk mengurangi efek Global warming yang semakin lama semakin mengkhawatirkan. Bertindak dari hal kecil dan buat efek baik yang besar bagi lingkungan. Demi masa depan yang lebih hijau.[amd]

Share: