4 July, 2013, 4:35 pm, Editor: matoa

Berkebun di Teras Rumah yang sempit? Kenapa tidak!

pot paralon Ingin berkebun tapi bingung karena tidak ada pekarangan yang luas? Yuk kita coba mensiasatinya. Ternyata berkebun itu tidak harus punya teras yang luas lho… teras yang sempit pun kita bisa coba membuat kebun, contoh kebun sayuran yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kita dan lebih hemat.

Sayuran merupakan makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari, sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh kita. Maka tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan teras rumah kita untuk berkebun sayuran sehat.

Yang pertama, menanam dalam pot atau polibag
Cara yang satu ini sudah cukup banyak dilakukan oleh masyarakat,cukup sediakan bibit sayuran kemudian tanam dalam pot sesuai dengan cara penanaman pada umumnya, atau seperti yang pernah saya lakukan di rumah, waktu itu saya coba menanam bayam. Hanya dengan mencampur bibit dengan abu gosok kering lalu di taburkan pada permukaan tanah yang sudah dicampurkan kompos dalam pot, abu gosok ini berguna agar bibit-bibit tersebut tidak bergumpal dan tersebar rata.
Menanam dengan pot ini tidak akan menghabiskan space, cukup disimpan di pojokan atau berjejer di depan pagar, dan jangan lupa untuk dirawat.

Yang kedua, menanam dengan pipa paralon atau bambu
Jika di rumah anda banyak sisa-sisa paralon yang tidak dipakai, yuk kita manfaatkan saja jadi lahan berkebun kita. Caranya siapkan paralon dengan diameter kira-kira 15 cm dengan panjang 1m atau sesuai keinginan anda. Kemudian tutup lubang dengan plastik kemudian beri lubang untuk sirkulasi udara, dalam posisi horizontal lubangi bagian atas dan bagian bawah seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Contoh paralon atau bambu yang dilubangi bagian bawahnya

Contoh paralon atau bambu yang dilubangi bagian bawahnya

Kemudian baru diisi tanah dan diberi kompos/pupuk kemudian sudah siap untuk di tanami bibit sayuran. Tapi untuk lebih mempercantik sebaiknya setelah paralon ini ditanami sayuran cara penyimpanannya dengan digantung pakai kawat atau dengan di tempel pada pagar atau tembok juga bisa.

Yang ketiga, memanfaatkan keleng-kaleng bekas.
Penanaman dengan cara ini hampir sama dengan cara kedua, yaitu dengan dilubangi dulu kaleng nya baru kemudian diisi dengan tanah yang bercampur kompos.

Selain untuk menyiasati teras yang sempit dengan hal yang bermanfaat seperti kebun sayuran ini, tapi kita juga secara tidak langsung mendaur ulang kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai. Teras yang sempit pun kini berubah jadi kebun yang hijau asri nan indah.. selamat mencoba .

Share: