7 May, 2012, 2:45 pm, Editor: matoa

Cara Cacing Tanah Menyuburkan Tanah

Siapa yang tidak mengenal cacing tanah. Hewan kecil melata yang banyak ditemukan di tanah ini sering dianggap menjijikan. Namun, di balik tubuhnya yang kecil dan banyak mengeluarkan lendir, cacing tanah memiliki manfaat yang sangat besar bagi tanah.

Salah satu manfaat yang sangat besar bagi lingkungan dan pertanian adalah menyuburkan tanah dengan memperbaiki struktur tanah menjadi lebih gembur, meningkatkan penyimpanan air tanah, dan menyediakan bahan-bahan organik di tanah.

Penggemburan tanah yang dilakukan cacing melalui lubang-lubang (jalan) yang dibuat oleh cacing. Cacing tanah membuat lubang dengan mendesak atau memakan butiran-butiran kecil tanah, sehingga memperbaiki aerasi dan drainase dalam tanah. Dengan adanya lubang-lubang tersebut, tanah menjadi lebih gembur.

Selain membuat tanah menjadi lebih gembur, lubang jalan yang dibuat cacing bermanfaat juga untuk.konservasi air tanah. Menurut seorang ahli tanah, cacing tanah mampu menggali tanah hingga kedalaman 1 meter. Hal tersebut sangat bermanfaat dalam penyerapan air. Penyerapan air dalam jumlah banyak akan memperkecil banjir dan erosi yang terjadi ketika hujan besar melanda.

Cacing mengkonsumsi tanah dan bahan-bahan organik lainnya sehingga menghasilkan produk buangan (kotoran). Kotoran cacing bermanfaat bagi kesuburan tanah karena mengandung unsur hara N, P, dan K, sehingga memperkaya kandungan mineral dalam tanah. Kotoran cacing tersebut berupa bentuk nutrisi yang mudah dimanfaatkan tanaman. Namun, produksi alami kotoran cacing tanah bergantung pada spesies, musim, dan kondisi populasi yang sehat.

Selain itu, cacing mampu membantu mengomposkan sampah organik rumah tangga (klik di sini).

Ternyata di balik bentuknya yang sederhana cacing tanah memiliki andil besar dalam konservasi tanah dan air. Jadi, jika menemukan cacing tanah langsung diletakan di tanah agar cacing dapat hidup dan langsung bermanfaat bagi tanah.

Salam sahabat hijau

Sumber: modernjumb.blogspot.com

Sumber: iptek.net.id

Share: