20 December, 2010, 3:41 pm, Editor: matoa

Cara Melindungi Bumi

pemanggang roti

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga bumi dari perubahan iklim. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keramahan lingkungan di sekitar rumah maupun kantor.

1. Pilih perabot rumah ramah lingkungan

Saat membeli produk kayu, usahakan Anda mengecek untuk melihat asal-usul sumber kayu. Jika kayu yang digunakan bukan berasal dari hutan produksi, maka Anda jangan membelinya. Ini dapat mengurangi dampak negatif hilangnya hutan yang berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida, pencegah tanah longsor, dan penyedia habitat bagi flora dan fauna.

Selain itu, Anda harus membeli perabot rumah tangga yang awet sehingga dapat mengurangi pengeluaran dan juga mengurangi sampah.

2. Kurangi penggunaan bahan kimia

Zat kimia mampu membunuh serangga dan membuat perabotan rumah tangga kembali seperti baru. Namun, bahan kimia tersebut berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga.  Sebaiknya Anda mengurangi penggunaan bahan kimia dan beralih ke bahan kimia alami, non-racun, dan efektif membasmi serangga.

3. Kurangi barang elektronik penyedot listrik

Tak dapat dipungkiri, barang elektronik menyerap energi listrik cukup tinggi. Beberapa barang elektronik yang menyerap energi cukup tinggi adalah pemanggang roti, penyeduh kopi, pengering rambut, computer, printer, dan charger baterai ponsel.

4. Beralih menjadi mandiri energi

Menggunakan alternatif  sumber energi ramah lingkungan seperti angin, sinar matahari, mikrohidro, dan panas bumi mampu menjaga lingkungan bumi kita.

5. Aplikasikan 3R

Seruan 3R tentu sudah taka sing lagi. Lakukanlah prinsip tersebut untuk mengurangi sampah dan bukti Anda mencintai bumi ini.

6. Beralih ke pangan lokal

Kembang kol dan tomat merupakan sayuran yang sering menempuh perjalanan keliling dunia dan naik pesawat. Ditambah buah-buahan impor yang diimpor dari Negara lain. Sedikit banyak, perjalanan sayuran dan buah tersebut turut  menyumbang emisi gas rumah kaca dan polusi.

Oleh karena itu, belilah sayuran dan buah yang berasal dari daerah lokal. Sehingga, Anda membantu mengurangi polusi dan emisi gas rumah kaca yang ditimbulkan oleh transportasi sayuran impor.

7. Beralih ke internet

Sudah saatnya, kita beralih ke internet untuk membatasi penggunaan kertas yang berhamburan. 157964 hektar pohon ditebang setiap tahunnya untuk berbagai kebutuhan termasuk memproduksi kertas. Akhirnya, emisi karbon yang dilepas ke atmosfir meningkat 25 %.

8. Kurangi kantong plastik

Mengurangi penggunaan kantong plastik, berarti Anda mengurangi jumlah sampah. Selain itu, butuh waktu ratusan tahun untuk dapat mengurai sampah plastik. Akan lebih baik lagi jika Anda membawa tas kanvas untuk berbelanja.

9. Incar logo bintang

Gas rumah kaca dapat dihasilkan dua kali lipat di sebuah rumah dibandingkan mobil karena perangkat elektronik yang boros energi. Sebaiknya, Anda menggunakan perangkat elektronik berlogo bintang. Menggunakan perabot berlogo bintang berarti mengurangi gas emisi rumah kaca sambil mengurangi sepertiga total tagihan listrik.

10. Gunakan lampu pijar hemat energi

Anda dapat menjaga bumi dengan menggunakan lampu compact fluorescent light bulbs (CFLs). Lampu ini seperti lampu neon. Lampu CFLs harganya cukup mahal, namun memiliki masa pakai 10 kali lebih lama dibanding lampu bohlam. Selain itu, lebih hemat energi 75% dibanding lampu bohlam biasa. Efek mengganti 17 lampu bohlam dengan lampu CFL memberikan efek yang sama dengan mengurangi satu mobil dari jalan raya dalam setahun.

Sumber: Live Science

Sumber foto: shirogadget.com

Share: