18 April, 2011, 10:12 am, Editor: matoa

Ciptakan Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Anda yang ingin menciptakan suasana ramah lingkungan di tempat privasi Anda seperti kamar mandi tak perlu khawatir. Berikut yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kamar mandi Anda menjadi lebih ramah lingkungan:

  1. Pertama kali yang harus Anda pikirkan adalah mencari perlengkapan kamar mandi yang cocok dan yang Anda inginkan pastinya. Perlengkapan kamar mandi termasuk cabinet, rak, panel bamboo atau kayu. Papan gandum dapat menjadi alternatiF pilihan bagi Anda untuk digunakan. Selain merupakan penyerap kelembaban, peralatan tersebut tak memerlukan perawatan dan sumbernya dapat tumbuh dengan cepat sehingga tak membahayakan lingkungan.
  2. Anda juga harus menggunakan sealant dan perekat yang terbuat dari bahan yang berbahan dasar air atau tanaman minyak. Untuk dekorasi kamar mandi, Anda harus menggunakan materi ramah lingkungan seperti rami, bamboo, atau kapas organik. Keran dan pancuran air harus cocok dengan kamar mandi dan juga hemat air dan pastikan Anda dan keluarga menggunakan air sehemat mungkin.
  3. Untuk memastikan mendapatkan pencahayaan yang cukup di kamar mandi lebih baik Anda memastikan konstruksi kamar mandi sesuai agar cahaya bisa masuk daripada menambah banyak lampu. Gunakan lampu FCL agar hemat energi untuk penerangan di malam hari.
  4. Belilah barang yang memiliki logo bintang karena dapat memabantu dalam menghemat air. jika Anda memiliki mesin cuci atau pengering (beberapa orang memilikinya), sangat penting untuk terlebih dahulu diteliti untuk melihat apakah memerlukan energi yang besar untuk dapat menjalankannya. Air untuk keperluan dapur dan mandi paling banyak dikonsumsi.
  5. Memasang toilet yang memiliki pengaturan ganda akan membantu pemborosan air. Tipe ini hanya akan menyiram jika dibutuhkan dan persediaan air Anda akan habis. Bak air mampu mengurangi kebocoran air seperti pengunaan pancuran dan wastafel. Pemasangan bak air membantu Anda dalam melakukan penghematan air.

Tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan kamar mandi Anda dan mulailah dengan barang-barang yang lebih ramah lingkungan.

Selamat mencoba

 

Sumber: ezineaticles.com

yunislavender.blogspot.com

 

Share: