29 December, 2010, 9:23 am, Editor: matoa

Cocopeat Media Tanam Organik

cocopeat

Saat ini dibutuhkan alternatif media tanam selain tanah mengingat terbatasnya luas pekarangan atau tanah. Salah satu media tanam organik yang sudah teruji baik untuk pertumbuhan tanaman adalah cocopeat.

Cocopeat terbuat dari serabut kelapa yang diolah menggunakan teknologi modern. Media tanam ini memiliki kelebihan dibanding dengan tanah, antara lain:

  1. Daya serap air tinggi sehingga hemat air dan nutrisi (pupuktak terbuang).
  2. Menggemburkan tanah dengan pH netral dan ramah lingkungan ( > 10 tahun).
  3. Kadar garam rendah, bebas bakteri dan jamur.
  4. Mampu mengikat bau-bauan di sekitarnya.
  5. Menunjang pertumbuhan akar dengan cepat sehingga baik untuk pembibitan.
  6. Pada budi daya tanaman hydroponik anthrium dianjurkan menggunakan cocopeat.

Pembibitan sayuran dan tanaman hias menggunakan cocopeat mampu meningkatkan produktivitas bibit. Pembibitan menggunakan cocopeat terbukti menghasilkan bibit kuat dan pengakarannya lebat.

Keunggulan cocopeat tak hanya menyimpan banyak air. Namun, cocopeat memiliki pori yang cukup banyak sehinga kaya akan udara dan menjadikan pertumbuhan bibit pada taraf germinasi sangat bagus karena tanah akan selalu gembur sehingga akar baru tumbuh dengan cepat dan lebat. Sehingga, ujung akar bibit tak rentan saat dipindahkan.

Cocopeat berbeda dengan sekam dan serbuk gergaji. Sekam dan serbuk gergaji bersifat panas dan bertahan hanya enam bulan. Sedangkan cocopeat netral dan tahan lama.

Sumber: coco.peat.tripod.com dan daunbagus.com

Sumber foto: flickr.com

Share: