25 September, 2012, 4:49 pm, Editor: matoa

Dampak Limbah terhadap Air dan Lingkungan Sekitar

Air merupakan kebutuhan pokok yang tak terhindarkan saat ini. Sumber daya air masih banyak tersedia di alam, namun ketersediaan air bersih sangat terbatas. Terlebih lagi karena semakin banyak polusi yang mengincar kebersihan air.

 

 

Polusi yang ada di sekitar kita mampu mengancam ketersediaan air bersih. Polusi atau pencemaran air dapat berupa limbah rumah tangga dan pabrik.

 

Limbah rumah tangga kerap tidak terlalu dianggap oleh masyarakat karena efek pembuangan limbah yang sembarang (di sungai atau got) masih belum terasa sekali. Padahal efek jangka pendek dan jangka panjang menghantui pembuangan limbah yang sembarang ini.

 

Jangka pendeknya terjadi bau busuk, saluran mampet dan jentik nyamuk semakin banyak karena air yang menggenang.

Bau busuk terjadi karena adanya proses pembusukan sampah organik oleh bakteri yang terjadi di sungai atau saluran pembuangan. Akibat dari pembusukan terus-menerus, permukaan sungai atau saluran pembuangan menjadi lebih dangkal. Saluran pembuangan atau sungai yang dangkal akan berakibat banjir.

 

Yang lebih merugikan adalah sampah anorganik karena sangat sulit didekomposisi. Hasil dari sampah anorganik yang berlimpah adalah saluran pembuangan atau sungai mampet yang ujung-ujungnya berakibat pada banjir.

 

Limbah yang terakumulasi di sungai tentu akan berakibat buruk terhadap sanitasi masyarakat yang menggunakan air sungai tersebut. Sudah banyak sungai – sungai besar di Indonesia yang tercemar limbah organik dan anorganik (lihat di sini).

 

Sangat diragukan tingkat kebersihan di sungai yang tercemar. Akibatnya, air pada sungai yang seharusnya bisa digunakan untuk MCK, sudah tidak bisa digunakan dan berdampak semakin berkurang kesempatan kita mendapatkan air bersih.

 

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak tersebut adalah dengan tidak membuang sampah di sungai atau parit, serta membuang sampah pada tempatnya. Sederhana namun berdampak sangat besar.

 

Share: