19 April, 2010, 10:00 am, Editor: matoa

Daur Ulang Kertas Koran Bekas

Hasil Daur Ulang Kertas Koran Bekas

Seperti yang kita ketahui, selain penggunaan plastik yang begitu besar kita juga merupakan salah satu yang menggunakan atau mengkonsumsi kertas dalam jumlah yang sangat besar. Tidak usah jauh-jauh, dalam kehidupan sehari-hari, jika kita sedang belajar di sekolah, kita pasti banyak memiliki tulisan-tulisan, catatan ataupun latihan-latihan di buku tulis, yang apabila buku sudah habis pasti diterlantarkan begitu saja atau bahkan mungkin sebagian ada yang dibuang. Jadi, pasti banyak kertas yang terbuang sia-sia. Begitu juga koran-koran atau brosur-brosur, pasti buat kita yang berlangganan koran atau sering mendapatkan brosur yang sudah tidak terpakai dibiarkan menumpuk begitu saja atau bahkan dibuang sembarangan. Padahal kertas-kertas dari buku-buku bekas atau koran-koran bekas dan brosur-brosur juga dapat dimanfaatkan dengan cara di daur ulang. Daripada dijual ke tukang koran bekas, lebih baik kita utak-atik agar menjadi barang baru yang bermanfaat.

Anggota Dulink sudah praktek bagaimana membuat daur ulang kertas, sehingga kita sudah bisa praktek bagaimana cara mendaur ulang kertas-kertas bekas itu menjadi barang-barang yang bermanfaat. Contohnya seperti brosur-brosur dapat kita lipat-lipat dengan menggunakan seni origami atau seni melipat kertas, dan bisa kita jadikan hiasan dengan bentuk-bentuk yang unik-unik seperti bintang, burung angsa atau juga menjadi barang-barang bermanfaat seperti vas bunga, kotak menyimpan barang-barang kecil ataupun kotak pensil.

Koran juga dapat didaur ulang menjadi barang hiasan seperti patung-patung, pernak-pernik, miniatur becak, sepeda, gerobak, dll. Jadi sebisa mungkin buang jauh-jauh pikiran kita untuk membuang koran begitu saja. Untuk yang satu ini kita bisa menggunakan semua jenis kertas. Caranya yaitu pertama-tama kita harus jadikan semua kertas-kertas yang sudah disiapkan menjadi semacam bubur kertas. Caranya masukan kertas kedalam air secukupnya kemudian hancurkan sampai kertas menjadi halus seperti bubur. Apabila tidak mau repot-repot kita bisa menggunakan blender untuk menghancurkan dan membuatnya halus seperti bubur. Yaitu dengan masukan koran-koran yang sudah disobek-sobek dan air secukupnya ke dalam blender kemudian giling sampai hancur dan menyatu.

Apabila sudah menyiapkan bubur kertas, sekarang kita membuat lem kanji (tapi jangan teralu kental) Apabila semua bahan sudah ada, tuangkan bubur koran dan lem kanji kedalam wadah atau baskom kemudian aduk semuanya sampai rata. Jangan lupa perhatikan juga komposisi adonan bubur kertas dengan lem kanji, usahakan porsi bubur kertas dan lem kanji harus seimbang, apabila terlalu banyak bubur kertas karena proses pengeringan akan susah dan menjadi lebih lama dan hasilnya pun kurang kuat atau mudah patah. Jangan juga kebanyakan lem kanji karena akan menjadi susah untuk dibentuk gara-gara teralu lembek, jadi kita harus pintar-pintar meracik komposisi antara bubur kertas dan lem kanjinya.

Apabila sudah teraduk rata tinggal kita bentuk sesuai dengan selera dan yang kita inginkan. Kita bisa cetak menggunakan cetakan jelly ataupun cetakan kue kering, atau juga bisa kita buat sesuai dengan kreativitas kita sendiri. Dari bubur kertas dan campuran lem kanjinya tadi kita bisa membuat gantungan kunci, tempat kartu nama, gantungan HP, magnet kulkas, dll. Selanjutnya agar hasinya lebih menarik, kita dapat menggunakan cat kertas untuk mewarnai barang-barang yang sudah jadi sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Sekarang kita tahu apabila kertas bekas itu memiliki banyak manfaatnya. Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah menelantarkan kertas-kertas bekas, daripada dibuang sayang mendingan kita buat menjadi barang-barang yang lebih berguna. Lagipula tidak ada salahnya kita membuat kerajinan tangan untuk mengisi waktu luang. Kita bisa membuat kerajinan yang unik-unik, dan apalagi kalau hasilnya bagus kita bisa jual barang-barang unik tadi. Selamat Mencoba…!!!

Share:

61 Komentar

  1. wah bagus bgt tuh ide nya kalau boleh tau tempat kursusnya dimana yah…???
    saya sangat tertarik untuk mendalaminya mohon minta alamatnya yah kalau bisa yang di sekitar jawa tengah tepatnya dekat solo …trim’s

  2. Hai mba Vivin…
    Kami tidak membuka kursus, tetapi kami hanya mengisi waktu luang sambil memanfaatkan kertas/koran bekas .
    Apabila mba Vivi main ke Bogor silahkan datang ke ketempat kami, nanti kita sama-sama belajar cara membuatnya.
    Salam Sahabat Hijau!

  3. kami juga mengisi waktu luang dengan membuat pot dari granule paper, karena menurut kami peralatan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan pot berbahan kertas yang di daur ulang tidak seribet jika membuat lembaran – lembaran kertas.

    uji coba yang kami lakukan bisa dilihat di blog sederhana kami di http://sangpenandur.blogspot.com/

    mungkin bisa menjadi salah satu alternatif dan insipirasi bagi rekan2 semua, terutama yang ingin mengembangkan besar2an.

    Salam,
    Sang Penandur

  4. tertarik bgt…saya pernah lihat hasil karya ini sebelumnya waktu maen ke kos temen, e…….nggak tahunya aku juga pengen bisa buat. lumayan kan bisa nambah uang jajan….tapi bagaimana proses marketingnya ya??

    SALAM KENAL,
    Lia

  5. ada tugas dari guru nih tentang daur ulang kertas ..tapi, kerangkanya gimna yaa??
    trus kira2 ide yg pantas buat ank seusia saya apa ya??

  6. Dessy, kami tdk tahu usiamu berapa, namun yang paling penting adalah menceritakan prosesnya dari awal sampai selesai, usahakan kamu melakukan percobaannya, untuk membuat kertas daur ulang, bukan hanya tahu teorinya saja… kalau gagal sebutkan berapa kali gagal…hingga dirimu berhasil menghasilkan kertas daur ulang yang diinginkan, salam… selamat mencoba, budi

  7. kbetulan saya dapat tugas dari guru tuntuk membuat suatu barang yang bahanya dari daur ulang,dan barang yang dimaksud diusahakan dapat di gunakan/berfungsi. Dan jika saya membuat benda daur ulang seperti yang di atas,menurut saya benda itu hanya bisa menjadi pajangan dan tidak bisa dimanfaatkan atau difungsikan, adakah ide yang lain dalam membuat benda yg berguna dengan bahan daur ulang? trimakasih.

  8. Sarah, kamu bisa mencoba membuat tempat tisu dari anyaman kertas koran bekas. Coba kamu lihat artikel ‘anyaman kertas koran bekas’.
    terima kasih

  9. memanfaatkan koran bekas untuk sebuah kerajinan memang bagus …
    m’ngurangi barang” yg susah diuraikan oleh alam ..,

    terima kasih atas infonya, semoga bumi kita semakin hijau.
    salam sahabat hijau …

  10. cetakan kue dan agar2 bisa digunakan sebagai alat bantu membuat kerajinan ini.
    Selamat mencoba dan semoga berhasil.

  11. bisa nggak adonan nya buat master cetakan viber ” bikin cetakan dari adaonan itu(koran bks) untuk cetak sesuatu berbahan viber

  12. buat Mas Nanang, cetakan campuran koran dan lem kanji memang keras dan mungkin dapat dijadikan cetakan fiber. Namun, yang harus Mas Nanang perhatikan adalah cetakan dapat saja berubah bentuk karena cetakan campuran koran dan lem kanji dapat kembali ke bentuk semula jika terkena air.
    Terima kasih

    Salam Sahabat Hijau

  13. thanks ea ka’ inf0_n..

    0h.. ea ka’ g’mna ea kl buat tempat rak pernak pernik gtu dr kertas..

    kira2 bs kuat gk ea ka’..

  14. asalamualaikum met mlm mb/mas saya mau tanya bsa ga ya pembuatan rak sepatu menggunakan daur ulang kertas dan kuat’y berapa lama ya soal’y saya kepingin sekali membuat’y dan dan saya ingin lbh tau lg tentang daur ulang kertas bekas dan blh ga kapan2 saya belajar ya sehari atau 2hari d’tempat mas/mb jika d’perkenankan makasih

  15. menurut saya, tidak terlalu kuat karena koran merupakan bahan yang rampuh. Jika Mas Saiful ingin produk daur ulang lebih kuat, lemnya yang ditambahkan.

    trims

  16. daur ulang kertas koran bisa gak dipake sebagai bahan baku utk membuat tray telur, biar bermanfaat….

  17. saya udh prnah mencoba y di ekskul skolah saya, alhamdulillah brhasil..

  18. saya sangat bahagia krena telah mencoba praktek di sekolah, ternyata guru-guru memuji hasilnya
    tanks forr all matoa

  19. Selamat Yusrimilda, bagaimana kalau kamu ceritakan pengalamanmu di website matoa ini, kirimkan saja naskahnya ke info@matoa.org jangan lupa sertakan foto hasil karyamu ya… kami tunggu “sapa tahu kamu dapat hadiah menarik dari matoa”

  20. terima kasih atas infonya.. mudah2an bermanfaat buat saya.. amin.. mudah2an jg anda mendapatkan pahala yg melimpah jika semua orang yg membaca artikel ini bs berhasil dan membuat suatu karya seni yg sangat ternilai harganya..amin..

  21. Terima ksh atas infonya.kita hrs mencontohnya krn itu bsa bermanfaat bg kehidupan sehari2 dan kita tdk blh membuang brang bkas smbarangan krna brang bkas bsa di 5nfaatkan utk di buat pernak pernik

  22. dear Mbak lely,
    untuk lem daur ulang kertas koran bekas bisa menggunakan lem kanji atau sudah jadi.
    trims

  23. berapa besar biaya untuk mengundang MATOA untuk memberikan pelatihan pengelolaan sampah? terima kasih informasinya.

  24. bahan dan pembuatannya tu apa saja mbak,,,end kwalitas kertasnya dari berbagai koran apa saja,??

  25. waaah kreatif banged…
    tapi saya penasaran sama pewarnaan. Untuk pewarnaan itu pake cat/tinta/wantex atau pake pewarna alami??

    terima kasih banyak ya infonya.. sungguh sangat menarik

  26. Dear mufqi,
    untuk pewarnaan, dapat menggunakan bahan yang tersedia. Semoga bermanfaat

    Salam Sahabat Hijau

  27. hmm, jadi bisa pake apa aja ya?? wah bagus2… kalo pake cet mobil bisa ga y? biar warnanya blink2 gitu..
    terima kasih infonya.. XDD

  28. kreatifitas yang patut patut di acungi jempol….sebagai generasi muda mari kita kembangkan kreatifitas-kreatifitas yang kita miliki.

  29. Ehm, bagus ne..!, boleh dund kita terapin di sekolah, untuk kegiatan positive tambahan..

  30. widih hebat sekali kalok aku bisa kreatif seperti dia,,,,,,,,, ,,,,aku akan buka usaha…(-)

  31. hm,,,memang sebernar’a orang indonesia mampu untuk menciptakan ,,,maka dari itu kita harus semangat!!!!!