17 November, 2008, 3:32 pm, Editor: matoa

Ganyong: Alternatif Pangan Lokal dan Obat Tradisional

ganyong.jpgTanaman Ganyong (Canna edulis Ker.) berasal dari Amerika Tropika, dan telah tersebar ke Asia, Australia, dan Afrika. Umbi mudanya di Amerika Selatan dimakan sebagai sayuran, dan kadang digunakan sebagai pencuci mulut. Sekarang, Ganyong sudah dibudidayakan teratur di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jambi, Lampung, dan Jawa Barat.

Ganyong cukup berpotensi sebagai sumber hidrat arang. Data Direktorat Gizi Depkes RI menyebutkan bahwa kandungan gizi Ganyong tiap 100 gram secara lengkap terdiri dari kalori 95,00 kal; protein 1,00 g; lemak 0,11 g; karbohidrat 22,60 g; kalsium 21,00 g; fosfor 70,00 g; zat besi 1,90 mg; vitamin B1 0,10 mg; vitamin C 10,00 mg; air 75,00 g.

Umbi yang dewasa dapat dimakan dengan mengolahnya lebih dulu atau untuk diambil patinya. Sisa umbinya yang tertinggal setelah diambil patinya dapat digunakan sebagai kompos. Sementara pucuk dan tangkai daun muda dipakai untuk pakan ternak. Bunga daunnya yang cukup indah dimanfaatkan sebagai tanaman hias.

Kita mengenal Ganyong dengan banyak nama daerah. Ada yang menyebut sebagai “buah tasbih”, “ubi pikul”, “ganyal”, “ganyol”, atau pun “sinetra”. Sedangkan nama asingnya quennsland arrowroot. Sementara ini, sekurangnya ada dua provinsi sebagai sentral Ganyong, yakni Jawa Tengah (Klaten, Wonosobo, dan Purworejo), dan Jawa Barat (Majalengka, Sumedang, Ciamis, Cianjur, Garut, Lebak, Subang, dan Karawang).

Lalu, Ganyong itu sebetulnya untuk apa? Biasanya dikonsumsi sebagai camilan. Ganyong direbus, lalu dimakan. Rasanya pulen kemanis-manisan dan bergizi cukup tinggi, terutama kandungan karbohidratnya.

Menurut produsen keripik ganyong dan tepung ganyong, pada dasarnya untuk pemasarannya tidak masalah. Barangkali karena tingkat persaingan belum tajam, sedangkan pertumbuhan konsumsinya terus bertahan. Malahan tak menutup kemungkinan, produk olahan Ganyong tersebut bisa diekspor.

Selain itu, Ganyong juga dapat mengatasi beberapa penyakit, yaitu:

Panas dalam:

Umbi ganyong 30 g; Rimpang temu lawak 30 g; Air 700 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum hangat-hangat 2 kali sehari

Radang saluran kencing

Umbi ganyong 40 g; Daun kumis kucing 30 g; Akar alang-alang 20 g; Air 600 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum hangat-hangat pagi dan sore

Bibit Ganyong dapat diperoleh lewat umbi atau anakan. Tradisinya lebih cenderung menggunakan bibit anakan. Setelah bibit siap, segera siapkan pula lahannya. Tanah dicangkul sedalam 30 cm sampai gembur, dan biarkan selama sekitar 15 hari. Setelah itu, dicangkul lagi sambil dibuatkan guludan-guludan, dengan ukuran lebar 40 – 60 cm, tinggi 25 – 30 cm, dan panjang disesuaikan kondisi lapangan. Jarak antar-guludan sekitar 10 – 100 cm. Buatkan lubang tanam sedalam 10 – 15 cm, dengan jarak-lubang biasanya 30 x 30 x 30 cm. Bibit anakan dimasukkan ke lubang tanam, lalu ditimbun dengan tanah.Setelah ditanam, lakukan perawatan dan pemeliharaan. Penyiangan dilakukan sebulan sekali, bersamaan dengan penggemburan tanah dan guludan. Di samping itu, lakukan juga pemupukan. Serangan hawa dan penyakit hampir-hampir tidak ada. Pasalnya, populasi dan penyebaran Ganyong masih terbatas.

Pemanenan Ganyong bergantung tujuan penggunaannya. Bila untuk umbi rebus yang langsung dimakan, maka petiklah Ganyong muda berumur 6-8 bulan. Sebaliknya, jika akan digunakan untuk pembuatan produk pati atau tepung bisa dipanen tua (15-18 bulan)

Di tengah kondisi ekonomi yang semakin terpuruk menjadi faktor kemampuan daya beli masyarakat menjadi turun, sudah seyogyanyalah pemerintah bersama masyarakat menggalakkan kembali pemanfaatan sumber pangan lokal yang justru lebih murah, mudah dijangkau dengan kandungan gizi yang tidak kalah baiknya. Marilah kita semua berusaha memanfaatkan sumber hidrat arang dari bumi Indonesia dengan menggali dan menjadikannya sebagai bahan pangan dan hidangan tradisional dan modern supaya tercipta upaya penganekaragaman pangan menuju pola makan sehat.

Share:

35 Komentar

  1. Daerahku di Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah, banyak ganyong. Ganyong ini biasa di panen saat awal musim kemarau, bisa di rebus atau di parut kemudian di ambil sari patinya untuk di jadikan bubur ganyong.
    Kalau gak salah dengar pernah juga di siarkan oleh siaran Radio BBC.

    Salam Ganyong.

  2. Ganyong, direbus wah jan nyamleng banget.
    Lebih enak lagi, pathi ganyong sebagai bahan pembuat cendhol/dhawet. Sudah terkenal pada sekitar th 60 – 70 an cendhol/dhawet dari Nglindhuk dekat Gunung Gambar, penjual dhawet pathi ganyong. Lembuuuut… kenyal dan dingin wah seger nyamleng tenan cah.

  3. Pati ganyong dipakai untuk membuat dawet/cendol, wah yahut banet. Kalu gak percaya silahkan tanya sapa Lik Sutris Gn. Gambar

  4. Salam kenal,

    Senang sekali akhirnya ada info tentang ganyong. Saya termasuk penggemar ganyong. Dari umbinya sampai patinya bisa dibikin berbagai camilan. Apalagi kalo musim dingin tlah tiba, mmmm camilan ganyong siapa menghangatkan badan. Cuma sayang, sekarang saya agak kesulitan mencarai pati ganyong di supermaket. Dulu saya membuat sendiri pati ganyong sampai menjadi camilannya….

  5. Ganyong dari namanya nampak deso tapi kalu udah diolah dijadikan apa aja rasanya wah wah…eeeeenak tenan apalagi kalu dibikin es cendol makannya habis pelajaran oleh raga bisa lupa segalanya

  6. penelitian s1 saya tentang bahan makanan campuran dari ganyong, tempe dan ikan petek. memang pati ganyong ini sangat baik, bahkan untuk bayi sekali pun ……….

  7. Pingback: PEMANFAATAN UBI GANYONG SEBAGI AGAR-AGAR BERGIZI TINGGI « Pendekarjawa’s Blog

  8. Terimakasih atas semua info yang bermanfaat bagi banyak orang. Usul bagaimana kalau ulasan-2 ini dibuat bukunya juga sehingga bisa dibaca (refer) bila diperlukan. Terutama bagi plasma nutfah yang ada dan mudah dikembangkan di “pekarangan” kita. Lagi-2 membuat buku serial manfaat tanaman baik umum maupun khusus.
    Terimakasih

  9. Bu Ning, terima kasih atas idenya untuk pembuatan buku. Nanti akan kami pikirkan ya Bu…untuk sementara ini, kami sedang mengajak publik mengunjungi web Matoa, supaya lebih interaktif…

  10. ganyong enak dikukus trus dibuat gethuk…dimakan dalam kondisi masih hangat…

  11. mengangkat kembali pagan lokal adalah merupakan langka bijak, mengingat kedaulatan pangan kita belum tangguh. Untuk itu, ganyong sebagai suatu solusi yg tepat.

  12. bisa gak kalo ganyong itu di buat makanan cemilan seperti keripik atau yang lain ?
    trs cara pengolahannya gimana ea ??
    mkasih

  13. terimakasih kak, saya baru mengetahui kalau ganyong juga bisa menjadi obat.
    Pangan Indonesia sangat beragam, ini jadi pr untuk kita semua untuk memajukan pangan lokal.
    untuk ganyong, selain menjadi tepung apa bisa diolah menjadi produk lain? terimakasih..

    venii09.student.ipb.ac.id

  14. lebih baik kalo kita bisa mengolah ganyong untuk menjadi tepung pengganti tepung singkong atau tepung jagung, tentu bisa digunakan untuk membuat bakso atau makanan berbahan dasar tepung lainnya

  15. Perlu ditingkatkan lag bahan baku ganyong ini, karena ganyong bisa menjadi bahan pangan andalan nanti, selain menjadi altenatif makanan pokok, mungkin bisa juga menjadi komoditas ekspor. Tentunya proses pengolahan yang baik serta lebih mempopulerkan ganyong adalah suatu keharusan.

    http://anandityan09.student.ipb.ac.id/

  16. terima kasih dwi, Anda benar.
    sudah waktunya untuk mendiversifikasi makanan.
    dwi punya alternatif lain?

  17. ganyong termasuk umbi-umbian.
    yang saya tahu umbi-umbian bisa diproses menjadi tepung, tetapi harus mengikuti beberapa proses karena umbi-umbian tidak mempunyai gluten sebagai pengikat seperti terigu.

  18. coba Umi browsing ke agromaret.com. Di website tersebut dijual tepung ganyong.
    Semoga bermanfaat

  19. KINI JUGA TELAH TERSEDIA PRODUK HERBAL UNTUK MEMBANTU PROGRAM POLA HIDUP SEHAT ALAMI

    1. GOLDEN NIGELLA
    Dengan berbagai khasiat yang telah dibuktikan secara ilmiah dalam berbagai penelitian, penggunaan menjadi semakin populer dan meluas ke seluruh penjuru dunia, barat maupun timur
    (Nigella sativa) adalah sejenis tumbuhan (rumput-rumputan) yang asal mulanya berasal dari daerah Ethiopia namun sudah dikembangkan dan tumbuh di berbagai belahan dunia, termasuk Saudi Arabia, Afrika Utara, sebagian Asia, Eropa dan Amerika Serikat.
    Bentuknya kecil dan berserabut, berukuran panjang tidak lebih dari 3mm. Khasiat yang diambil dari Nigella sativa adalah Bijinya yang kecil berwarna kehitaman.
    NIGELLA MENURUT PENGOBATAN MODERN
    – Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh
    ( US. Patents Section, Antiviral Agents Bulletin # 5, 482, 711 )
    – Nigella S. menstimulasi sumsum di tulang & imunitas sel serta produksi in
    terferon, melindungi sel2 normal melawan virus perusak sel, melawan sel tumor, dan meningkatkan antibodi yang memproduksi sel B ( Cancer Immuno-biology, South Carolina )
    -Black Cumin terbukti menyembuhkan 70 % pasien alergi, termasuk di dalamnya
    alergi serbuk dan debu juga jerawat, serta neurodermitis ( penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jintan hitam secara teratur dapat menahan secara baik penyakit flu.
    ( Dr. Peter Schleicher, Immunologie, Munchen-Jerman )

    2. MADU PROPOLIS PLUS
    adalah perpaduan madu, beepollen, Royal jelly, propolis dan habbatussauda oil yang merupakan hasil racikan yang sudah teruji secara klinis. Super Madu ini sangat berguna untuk meningkatkan IQ, mengobati impoten, anemia, astma, pembuluh kapiler yang lemah, diet, prostat, penyakit jantung, paru-paru, menghambat pertumbuhan sel kanker dan memperbaiki kualitas ASI.

    3. MELCABS DIABETS GOLD
    Melcabs Diabets Gold, yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang berkhasiat. Melcabs Diabets Gold bukan hanya menekan kadar gula dalam darah tetapi menyembuhkan diabetes. Telah banyak yang membuktikan khasiat Melcabs Diabets Gold ini sebelumnya, dan sembuh secara total.
    Diabets Gold di olah dari tumbuh-tumbuhan dengan demikian tidak akan menimbulkan efek samping baik saat dikonsumsi maupun di kemudian hari. Karena itu Melcabs Diabets Gold baik di konsumsi terus menerus dalam jangka waktu lama.

    4. MAWADDAH COFFEE
    adalah kopi yang berkhasiat khusus kejantanan pria Dipersembahkan khusus bagi suami yg ingin lebih membahagiakan istri akan tetapi sehat dan tanpa efek samping untuk jangka panjang, yang mengandung korean ginseng asli gunung yang di import dari korea, sangat berkhasiat dan mengesankan.
    Mawaddah coffee bekerja bukan pada syaraf yang memberi rangsangan pada syraf pusat (otak) untuk memberi perintah dan suinyal-sinyal kejantanan seperti pada umunya produk-produk sejenis. Cara seperti ini akan sangat merugikan kesehatan dalam jangka panjang dan hanya memberi solusi jangka pendek karena sifatnya yang memberi rangsangan ke otak maka biasanya produk sejenis ini akan cepat bereaksi (+- 30-0 menit) semakin lama dosis yang diperlukan semakin tinggi, karena sifat syaraf yang kebal dengan rangsangan dosis rendah. Efek samping yang ditimbulkan mulai dari kepala pusing, jantung berdebar, lemas, dan menurunya vitalitas, bahkan tidak sedikit yang berujung pada kematian akibat jantung yang tidak kuat terhadap rangsangan.
    Berbeda dengan produk mawaddah coffee selain kafein yang rendah hingga amanbagi lambung juga cara kerjanya ialah mengikat nitrogen bebas dalam tubuh sehingga melancarkan peredaran dalam tubuh menguatkan fisik dan Vitalitaspun menjadi optimal. Produk ini tidak bekerja secara spontan, setelah dikonsumsi, sekitar 4 s/d 5 jam barulah vitalitas terdongkrak, proses ini tidak merangsang atau menekan syaraf pusat dan tidak menyebabkan jantung berdebar-debar lebih kencang , anda akan merasakan kejantanan sejati dan kebahagiaan serta cinta dari istri anda, tanpa bahaya yang ditimbulkan dari produk-produk yang instant dan menekan syaraf pusat

    Info lengkap sms ke 02137878828 atau 081310104072