20 June, 2012, 3:41 pm, Editor: matoa

Garam: Terlalu Banyak bisa Menimbulkan Penyakit Darah Tinggi

Kabar kurang baik bagi penikmat makanan asin. Menurut penelitian yang dilaporkan American Heart Association journal Circulation mengkonsumsi menu makanan yang mengandung garam yang cukup tinggi dapat merusak pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah tinggi.

Orang yang menderita kerusakan pembuluh darah dan mengkonsumsi kandungan garam tinggi seperti memelihara darah tinggi dalam tubuhnya. Penelitian ini mengisyaratkan adanya “sodium amplification loop” di mana mengkonsumsi banyak garam selama jangka waktu yang lama merusak pembuluh darah, menyebabkan resiko lebih besar peningkatan tekanan darah tinggi jika menu makanan tinggi kandungan garam terus berlanjut.

Satu gram sodium sama dengan 2,5 gram garam meja (sodium klorida).

Para peneliti melakukan penelitian observasi (PREVED) di mana mereka melacak asupan sodium 5.566 pria dan wanita dari Groningen, Belanda. Asupan sodium dinilai dengan mengumpulkan beberapa sampel urin selama 24 jam, yang dianggap sebagai metode optimal untuk mengukur asupan sodium.

Asupan sodium lebih tinggi terkait dengan peningkatan asam uric dan albumim. Semakin tinggi kandungan bahan ini, semakin tinggii peningkatan darah tinggi jika menu makanan mengandung garam cukup banyak. Dibandingkan dengan peserta yang mengkonsumsi sodium paling sedikit (sekitar 2.200 mg per hari), yang mengkonsumsi paling banyak (sekitar 6.200 mg/d) dengan 21 persen lebih dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Bagaimanapun, yang memiliki asam uric lebih tinggi dan mengkonsumsi garam mengembangkan tekanan darah tinggi 32%. Sedangkan urin dengan tingkat albumin dan asupan garam tertinggi memiliki resiko peningkatan tekanan darah tinggi mencapai 86%.

Menu makanan kandungan garam tinggi dipercaya bertanggung jawab 20 – 40% semua kasus tekanan darah tinggi di Amerika.

Sumber: sciencedaily.com

Sumber gambar: bisnis-jabar.com

Share: