4 January, 2011, 5:17 pm, Editor: matoa

Garut Alternatif Tepung Terigu berkhasiat

umbi garut

Garut, irut, arus, atau jelarut merupakan umbi atau rimpang yang berbentik seperti anak panah atau lancip. Tanaman yang bernama ilmiah maranta arundinacea ini merupakan tanaman perdu dengan tinggi antara 40-60 cm, tumbuh baik pada lahan dengan ketinggian 0-900 meter dpl, dan termasuk tanaman umbi-umbian. Namun, paling baik tumbuh di ketinggian 60-90 m. Kondisi tanah yang baik bagi garut untuk tumbuh adalah lembab dengan lingkungan terlindung di bawah pohon tinggi seperti kelapa, sengon, jengkol, dan petai.

Tanaman ini berasal dari benua Amerika, khususnya daerah tropis. Namun, ada juga pendapat yang menyatakan tanaman garut berasal dari Indonesia dan menyebar ke Negara-negara lain seperti Australia, Asia (India, Sri Lanka, dan Filipina), Afrika Timur dan Selatan.

Garut sudah lama dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Seperti halnya di Jawa Barat, tepung garut dimanfaatkan sebagai tepung yang digunakan untuk pembuatan kue-kue lapis, mie, bahan es krim.

Garut mengandung 23% pati, 355 kkal kalori, 0,7 g protein, 0,2 gram lemak, 82,2 g karbohidrat, 8 mg kalsium, 22 mg fosfor, 1,5 mg besi, dan 0,09 mg vitamin B. Tak hanya itu,tepung garut mengandung karbohidat dan zat besi lebih tinggi dibanding tepung terigu dan beras.

Pati atau tepung garut bertekstur halus dan mudah dicerna sehingga cocok untuk makanan bayi atau orang sakit. Umbi garut dapat digunakan sebagai bahan kosmetik (bahan baku bedak), lem, obat tradisonal yang berkhasiat menyembuhkan mencret dan eksim, memperbanyak air susu ibu (ASI), penawar racun lebah, racun ular, obat luka, dan bahan minuman berakohol. Selain itu, umbi garut baik bagi penderita diabetes karena kandungan glikemiknya rendah.

Tanaman garut tak membutuhkan lahan khusus seperti padi. Garut mampu berkembang di pekarangan atau tegalan yang sempit. Garut dapat diperbanyak melalui anakan. Perawatan dan penanamannya relatif mudah dan murah. Garut dapat dipanen setelah berumur 8-12 bulan.

Melihat potensi umbi garut yang begitu besar. Tak ada salahnya, jika umbi ini dikembangkan den diteliti lebih jauh sebagai diversifikasi pangan pengganti tepung terigu.

Sumber: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik  Pertanian

Sumber foto: kamusdapurku.blogspot.com

Share:

3 Komentar

  1. saya irvan di bogor mempunyai tepung garut dan akan dijual, kalau ada yang berminat silahkan hubungi di email atau no telp. 085695534545

  2. Mohon informasi lebih jauh atas tehnik pembudidayaan dan mendapatkan bibit yang baik. Saya punya lahan 300 hakter di pulau Belitung, Babel, dalam bentuk RESORT (SUKMA ALAM RESORT). lebih kurang 20 hekter ditanam aneka buah sdh berusia 2 tahun. barangkali bisa tumpang sari penanaman arurut ini.

    Mohon informasi kirim ke : alex_lo@cbn.net.id
    Hp.0811-107270.
    Fax.021-55958918

  3. Apa perbedaan antara ARARUT dan GANYONG, Mohon data kandungan Gizi dan perbedaan nilai ekonomisnya (mana yang lebih baik untuk menghasilkan tepung baik kualitas dan kuantitas per hektar).

    Mana yang lebih mudah perawatan dan panen lebih cepat.