26 August, 2011, 12:00 pm, Editor: matoa

Indahnya Dunia Laut Bunaken

Taman nasional yang terletak di Sulawesi Utara ini merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia. Taman Nasional Bunaken (TNB) memiliki keanekaragaman jenis biota laut dan pesisir yang sangat tinggi. Taman nasional yang terletak di pusat keanekaragaman hayati laut dan pesisir kawasan Indo-Pasifik ini didukung oleh kelengkapan tipe terumbu karang, jenis-jenis bakau dan padang lamun.

TNB memiliki tiga fungsi sekaligus, yaitu sebagai tempat kegiatan pelestarian keanekaragaman hayati, pendukung kehidupan penduduk di dalam dan sekitar kawasan melalui pemanfaatan ekstraktif terbatas, dan pengembangan pariwisata.

Saat ini teridentifikasi 55 jenis tumbuhan dan 107 jenis satwa yang berada di kawasan TNB. Terdapat empat jenis ekosistem di kawasan ini seperti: ekosistem daratan yang berada di sekitar puncak Gunung Manado Tua; ekosistem hutan bakau yang didominasi oleh Sonneratia alba;  ekosistem padang lamun (seagrass beds) dan alga/ganggang yang didominasi oleh jenis Thalassia hemprichii dan Enhalus acoroides; ekosistem terumbu karang, seperti terumbu karang tepi (fringing reef), terumbu karang penghalang (barrier reef), dan terumbu lepas (patch reef).

Satwa yang ada di TNB adalah jenis mamalia, mamalia laut, burung, reptile, dan ikan. Jenis mamalia yang ada di TNB adalah kera hitam Sulawesi (Macaca nigra), tarsius, kuskus (Ailurops ursinus), dan rusa (Cervus timorensis).

Sedangkan burung antara lain camar (Sternia sumatrana), cangak merah (Ardea purpurea), blekok sawah (Ardeola spesiosa), kokokan laut (Butorides striatus), dan raja udang meninting (Alcedo meninting).

Dugong (Dugon dugon), paus sirip (Balaenoptera physalis dan B. borealis), paus putih (Physeter macrocephalus), paus Bangkok (Megaptera novaeangliae), paus pembunuh (Orcinus orca), dan lumba – lumba merupakan jenis mamalia yang terdapat di TNB.

2000 jenis ikan yang terdapat di perairan bunaken antara lain, ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), hiu/gorango (Carcharhinus melanopterus), ikan pari (Taeniura lymna), dan hiu/ gorango kakadang (Sphyrna lewini).

Jika Anda ingin merasakan keindahan dunia laut tropis, Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Bunaken pada bulan Mei s.d. Agustus.

Lestarikan Taman Nasional demi masa depan.

 

Sumber: dephut.go.id

Sumber foto: dephut.go.id

Share: