19 March, 2012, 3:40 pm, Editor: matoa

Info Duku

Buah duku biasa dimakan musiman. Buah ini memiliki rasa manis dan berwarna kuning kecoklatan jika sudah matang. Bila memakan buah ini susah untuk berhenti karena rasanya yang begitu manis dan enak.

Pohon yang berasal dari Indonesia ini memiliki nama latin Lansium domesticum Corr. Namun, ada sumber yang mengatakan duku berasal dari Asia Tenggara bagian Barat, Semenanjung Thailand di sebelah barat hingga Kalimantan di sebelah timur.

Buah yang dapat tumbuh subur di daerah beriklim basah ini memiliki beberapa varitas ungguk seperti komering yang berasal dari Palembang, metesih, woro, condet, dan langsat yang berasal dari Kalimantan Barat.

Tanaman duku dapat tumbuh optimal pada intesitas cahaya matahari yang tinggi dengan suhu rata-rata 19oC. Kelembaban udara yang tinggi membantu mempercepat pertumbuhan tanaman duku. Media tanam untuk duku harus ber-pH 6-7 dan yang tidak menggenang airnya. Sehingga sangat suka daerah lereng dan juga kaya akan unsur organic.

Buah musiman ini, setiap 100 gr mengandung 70 kal kalori, 1 gr protein, 0,2 gr lemak, 13 gr karbohidrat, 0,7 gr mineral, 18 mg kalsium, 9 mg fosfor, 0,9 mg zat besi. Sedangkan kandungan kalori, mineral, dan zat besi pada suku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan apel atau jeruk manis. Dan juga duku mengandung serat yang bermanfaat memperlancar system pencernaan, mencegah kanker kolon, dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Kulit buah dan bijinya dapat dimanfaatkan sebagai obat anti diare dan menyembuhkan demam. Kulit kayu pohon duku dapat digunakan untuk mengobati disentri, sedangkan tepung kulit kayu dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan obat disentri. Selain itu, batang pohon duku sangat kuat, sehingga dapat digunakan untuk tiang rumah atau perabot furniture.

Benalu pohon duku dikabarkan dapat digunakan sebagai obat penghambat sel kanker tumbuh.

Sumber: www.anneahira.com, warintek.ristek.go.id, dan berbagai sumber

Sumber gambar: terakreditasi.blogspot.com

Share:

3 Komentar

  1. kulit buah dan biji duku bisa sbagai obat,,cara buatnya gimana ya..??mhn bantuannya,,..

  2. Dear Bpk Hari,
    biji duku berkhasiat sebagai obat cacingan, penurun panas, dan mengurangi diare. Biji duku ditumbuk sampai halus lalu diberi sedikit air. Sedangkan kulit buah duku dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dengan cara dibakar hingga menimbulkan aroma yang khas.
    selamat mencoba dan semoga membantu