14 April, 2009, 8:00 am, Editor: matoa

Jerami Mendong Pengganti Rotan

mendong-handicraftBanyak kerajinan tangan atau perlengkapan rumah tangga berbahan baku eceng gondok, pelepah pisang, rotan dan, kertas koran. Begitu memasuki ruang pameran di Departemen Perindustrian, tanggal 3 April lalu. Aneka peralatan rumah tangga terpampang indah dibuat dari bahan baku alternatif tadi.

Kami sempat mampir ke stand Ryo Handicraft milik Lilik Murtini. Di sana ada keranjang cuci, keset, kap lampu,  tas perempuan dan, banyak lagi. Semua terlihat cantik dan rapih. Semuannya menggunakan bahan baku dari batang mendong, sejenis padi. Penggunaan bahan baku alternatif ini digunakan untuk mengatasi kelangkaan rotan yang banyak di ekspor keluar negeri.

“ kami buat ini dari mendong, sejenis padi, tapi tidak berbulu. Kering sendiri, terus dipilin baru ditarik mesin,” Bu Lilik menjelaskan proses menyiapkan batang mendong sebelum dibuat peralatan rumah.

Bu Lilik gundah, karena hasil kerajinan tangan Indonesia kalah bersaing dengan Cina.

“ Kita kalah dengan Cina, mereka di subsidi pemerintah mulai dari bahan baku sampai pemasaran. Indonesia kalah harga, kalau kualitas, menang Indonesia. Pemerintah jangan jual atau ekspor barang mentah. Kita susah dapet barang, yang reject aja dapetnya. Rotan juga jangan dijual mentah. Dulu pernah di stop ekspor rotan, sekarang di buka lagi sama menterinya.”

Keluhan itu memang keluar dari mulut Lilik Murtini. Tapi dirasakan oleh semua pengrajin Indonesia yang bahan bakunya tergantung sama rotan. Buktinya, walaupun bahan bakunya bukan dari rotan, hasilnya tetap bagus dan cantik.

Info selanjutnya, Anda bisa menghubungi :
Ryo Handicraft
Jl. Tepus Kaki 27
Malang 65141
Tlp : 0341 – 494117/0811 361 698
E-mail : ryohandicrafts@hotmail.com

Share:

Satu Komentar

  1. betul sekali apa yang dikatakan ibu murtini, selain mendong juga kita bisa memakai bahan alternatif lain seperti eceng gondok dan pelepah pisang untuk bahan pengganti rotan yang persediaannya makin terbatas sekarang.