5 April, 2012, 4:07 pm, Editor: matoa

Liburan Asyik Ramah Lingkungan

Tak perlu cemas jika Anda belum punya rencana untuk menghabiskan weekend atau long weekend. Beragam hal dapat Anda lakukan di rumah bersama keluarga. Bagaimana caranya dan apa saja yang dapat dilakukan?

  • Bersih-bersih rumah

Jika Anda dan keluarga terbiasa dengan “Mbak” yang membantu pekerjaan rumah. Saatnya Anda dan bersama kelaurga mulai membantu Mbak membersihkan rumah. Membersihkan rumah dapat menjadi kegiatan menyenangkan bersama keluarga. Keuntungan yang akan didapatkan di antaranya, rumah bersih, mengajarkan anggota keluarga untuk hidup sehat, dan irit biaya pastinya. Bayangkan berapa liter bahan bakar yang harus dikeluarkan jika Anda pergi jalan-jalan. Agar lebih ramah lingkungan, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami sebagai pembersih (lihat di sini).

  • Berkebun

Berkebun sudah pasti ramah lingkungan. Jika Anda dapat menanam beberapa pohon, Anda menambah persediaan oksigen di rumah Anda dan lingkungan sekitar. Menanam beberapa pohon atau tanaman mampu menyejukkan rumah. Selain itu, anggota keluarga bisa belajar bagaimana menanam pohon dan menambah aktivitas keluarga. Salah satu kendala tidak bisa menanam biasanya tidak memiliki lahan, namun Anda dapat menggunakan metode hidroponik atau vertikultur (lihat di sini). Sehingga, tidak ada lahan bukan lagi hambatan untuk berkebun. Pilih tanaman yang berfungsi sebagai pembersih udara seperti lidah mertua atau sri rejeki. Tanaman-tanaman tersebut mamapu menyerap polutan yang ada di rumah. Jika, Anda ingin menanam tanaman yang bisa digunakan untuk masakan, Anda dapat menanam cabai, jahe, kunyit, dan sayuran. Jadi, perbanyak tanaman Anda sekarang!

  • Bersepeda bersama

Jalan-jalan sekaligus olahraga, tentu saja bersepeda. Bersepeda sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ajak anggota keluarga Anda bersepeda jalan-jalan keliling komplek atau bersepeda ke taman kota. Sebaiknya bersepeda saat pagi hari karena jalanan masih sepi, dan udara masih segar tentunya. Keuntungan lain bersepeda adalah Anda tidak akan menambah polusi di jalanan dan bahan bakar gratis. Lebih jelas manfaat bersepeda (lihat di sini). Yuk bersepeda!

Selamat mencoba

Share:

2 Komentar

  1. terima kasih atas review Matoa Green Magz di websitenya…:)

    Salam Sahabat Hijau