10 January, 2012, 11:59 am, Editor: matoa

Manfaat dan Kerugian Kopi

Kopi merupakan minuman yang pas diminum saat pagi hari sebelum beraktivitas. Namun, tak sedikit yang beranggapan efek kopi tidak baik bagi kesehatan. Padahal jika diminum dengan tidak berlebihan, kopi memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi kesehatan kita.

Minuman yang biasa disebut koffie di Belanda ini memiliki beberapa kahasiat. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Harvard Women’s Health dan 20 studi lainnya, minum kopi beberapa cangkir setiap hari mampu menghindarkan kita dari penyakit diabetes tipe 2 hingga 50% karena kandungan asam klorogenik dan zat trigonelin (pro vitamin B3) yang dikandung kopi mampu menghambat penyerapan gula, merangsang pembentukan hormone insulin, dan GLP-1.

Kopi juga mampu mencegah serangan jantung dan stroke dikarenakan beberapa kandungan kopi. Hal tersebut telah dibuktikan pada suatu studi yang melibatkan lebih dari 83.000 wanita berusia > 24 tahun. Mereka mengkonsumsi 2-3 cangkir kopi/hari. Hasilnya adalah wanita-wanita tersebut memiliki resiko 19% lebih rendah daripada yang mengonsumsi kopi.

Kandungan kafein dalam kopi mampu menstimulasi otak dan sistem saraf, membuat Anda berpikir lebih cepat, menurut Joe Vinson, Ph.D dari University of Scranton, kafein sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang, mengurangi derita sakit kepala, meningkatkan rasa riang, mengurangi terkena osteoporosis, dan menangkal radikal bebas.

Kopi juga mampumenghindari tubuh dari kanker. Hal tersebut diketahui dari berbagai riset yang dilakukan oleh para peneliti. Penelitian tersebut menunjukan bahwa kanker usus besar, kanker hati, dan kanker payudara dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi. Dan juga kopi dapat mencegah penyakit batu ginjal, sirosis/rusaknya fungsi hati, Parkinson, dan menurunnya daya kognitif otak.

Tidak hanya memiliki manfaat, kopi juga memiliki kerugian bagi kesehatan, di antaranya adalah pengerasan sementara dinding arteri, anemia akibat kekurangan zat besi pada wanita hamil (kopi menghalangi absorpsi zat besi), meningkatkan risiko reflux asam lambung, dan ketagihan.

Minum kopi lebih dari 5 gelas sehari akan meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida, akibatnya darah lebih pekat, sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah yang mengakibatkan resiko serangan jantung dan stroke.

Saat hamil, sebaiknya tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung akfein karena dapat meningkatkan denyut jantung dan pada janin akan menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin.

Selain itu, kafein dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang, dan cepat marah. Oleh karena itu, jika tubuh sudah mulai menunjukan gejala tidak enak, sebaiknya hindari minum kopi selama beberapa waktu.

Sumber: turunberatbadan.com, apoteker.info, xamthoneplus.acepsuherman.com

Sumber gambar: pecinta-kopi.blogspot.com

Share: