6 May, 2008, 5:41 pm, Editor: matoa

Matoa sebagai Tanaman

Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman khas Papua dan menjadi flora identitas Provinsi Papua Barat. Matoa termasuk ke dalam famili Sapindaceae. Pohon matoa dapat tumbuh tinggi dan memiliki kayu yang cukup keras. Tinggi pohon 50 m, akar papan tingginya mencapai 5 m, daun majemuk berseling, bersirip genap, tangkai daun panjang ± 1 m, anak daun 4 – 13 pasang bentuknya bundar memanjang dengan tepi yang bergerigi. Mahkota bunga agak berbulu pada bagian luar, kelopak bunga agak menyatu.

Buahnya berbentuk bulat melonjong dengan panjang 1,5 – 5 cm dan berdiameter 1 – 3 cm, kulit licin berwarna coklat kehitaman bila masak, kulit ari putih bening melekat pada biji, manis dan harum. Rasa buahnya adalah campuran antara rambutan, durian, dan kelengkeng.

Tanaman ini mudah diperbanyak/ dikembang biakkan melalui biji, dan cara lain seperti cangkok serta okulasi. Matoa tumbuh di daerah yang sejuk atau dengan kata lain lebih mudah tumbuh di pada ketinggian 900 – 1700 m dpl, topografi datar atau miring, meskipun dapat pula tumbuh di dataran rendah, dengan waktu berbunga bulan Juli – Agustus dan berbuah pada bulan November – Februari.

Share:

29 Komentar

  1. terima kasih web nya..

    web ini saya gunakan sebagai referensi untuk mengerjakan tugas..
    kapan matoa ada di jakarta?

  2. Saya salah seorang penanam MATOA and penikmat MATOA. Matoa emang cihui deh….pertama tama siy emang aga aneh rasanya……..tp emang ga kalah ama buah Lyche. Boleh juga tuh kalo ada yg mo coba beli….u can call me or email me in nikomarcellino@yahoo.com

  3. ajib kyknya niy buah, keyen abiiizz…bisa g ya gw tanam di pot, coz halaman rumah gw sempit, hehehe…pliss mas-mas yang tau banyak ttg niy tanaman, kasih infonya ya…

  4. saya punya pohon matoa dan sekarang sedang berbuah, seingat sy dl biji matoa itu hanya sy taruh di pot. dan tumbuh sampai sekarang dan sdh lebih dari 7 kali berbuah.

  5. saya punya pohon matua kalau berbuah pas hujan kok buahnya pecah jadinya ngak bisa dimkan gimana ya! cara biar tidak pecah.

  6. Ada yg jual bi2t matoa di wilayah sidoarjo/surabaya? Bisa Kontak lgsg ke 081331874863.
    Tq

  7. bagi yang mau bibit tanaman matoa supaya tidak langka .. speck cangkokan

    ukuran 1/2 mter atau 1 meter.. sesuai kondisi cankokan lamanya pesan kalau ready COD

    inquiry ke email..pitoyo.irwan@gmail.com

    Best regard

    Pitoyo Irwan

  8. kalau bisa info tentang budidaya matoa lebih lengkap donk… misalnya umur tanaman, jenis tanah, kebutuhan pupuk makro dll dech……………. makasih ^_^

  9. mohon penjelasan untuk mengatasi supaya buah matoa tidak pecah?…soalnya pohon matoa sy udah beberapa 6-9 kali berbuah kok tetap buahnya pecah padahal sudah sy siram…mohon penjelasannya di kirim ke alamat mail saya,ngatenil@yahoo.com sebelum dan sesudahnya kami ucapkan banyak terimakasih..matur nuwun..dari bpk. ngateno d/a desa mulyoharjo rt01/05 jepara jateng.

  10. Terima kasih atas perhatiannya Bpk Ngateno, berikut penjelasan yang bisa kami berikan:
    1. MERAWAT POHON MATOA SAAT BERBUNGA
    – Penyemprotan dengan gandasil buah (GANDASIL B) 10 (sepuluh) hari sekali
    – Keadaan tanah harus dalam keadaan basah (disirami air 2 hari sekali)
    2. MERAWAT POHON MATOA SAAT BERBUAH
    – Agar buah matoa tidak pecah, keaadan tanah harus selalu basah
    – Untuk menghindari hama kelelawar buah harus dibrongsong (dibungkus)
    – Buah matoa dibungkus dengan kawat saringan pasir berukuran 0.5 x 0.5 cm yang las-lsan secukupnya
    Sebagai tambahan, usahakan buah matoa jangan sampai jatuh ke tanah karena akan menyebabkan pecah atau rusak.

    Semoga Membantu

  11. hemmm yummy,sekarang di tempatku ( Pati, Jawa Tengah )lagi musim matoa,ngga’ pagi,siang ,soree…makan matoa.Di Pati,matoa tumbuh dengan mudah dan subur.selain enak rasanya,enak juga duitnya hehehe….harga buah matoa mahal bro ! jadi selain dikonsumsi sndiri,bisa juga di jual.tp…manfaat buah matoa buat kesehatan apa ya ? da yang tau kah…

  12. di kalimantan matoa bisa tumbuh,kalau anda perlu bibitnya saya adajenis” matoa papeda” ,jenis ini yg paling tahan iklim dan rasanya sangat istimewa ,lagi sangat bergizi tinggi,dapat menurunkan kolestrol secara konsisten[hasi penelitian dan akurasinya 85% harganya 50.000-100.000/pohon tergantung besar kecilnya,dijamin tumbuh dan berbuah di usia 2,5 -3thn.contac hp 082151115777 atau email bislppn@yahoo.com ,kalau di pontianak/kalbar ikluding sampai di tempat,tks.

  13. dari segi produktivitas yang rendah perlu ditingkatkan pengembangan hibrida tanaman matoa di Indonesia, jangan sampai diambil lagi sama negara lain

  14. Dihalaman rumah saya, ada pohon matoa, yang dulu saya beli saat acara pameran di kab. banjar yang biasanya dilaksanakan setiap tahun sekali, matoa yang tumbuh itu umurnya sekitar 2 tahun lebih mulai tanam, dan sekarang belum berbuah tetapi masih membuat cabang2 yang baru, dan daun2 yang muda, kalau nanti mau berbunga/berkembang apa ciri2nya, dan pupuk apa yang diberikan apabila kedua hal tersebut terjadi ? mohon penjelasan…..

  15. Batang matoa saya udah berumur 3th (belum pernah berbuah), tinggi kira2 5m, cuma masih ditarok dlm drum. Sya msh ragu mau mindahin ke tanah, kata orang akar pohonnya bisa menjalar panjang dan berbahaya untuk rumah. Sama seperti pohon lengkeng ngga Pak?? Mohon penjelasan nya pak! Trims…

  16. saya butuh refrensi dari tanaman matoa ini kl ada mohon dishare or dikirim ke email saya..sy lg butuh untuk penelitian saya…terima kasih.

  17. dear teman-teman matoa,
    silahkan yang ingin memberikan referensi mengenai tanaman matoa kepada surya pramana. semoga membantu
    terima kasih

    salam sahabat hijau