21 December, 2010, 7:12 am, Editor: matoa

Media Tanam Tanaman Hias

spathiphyllum

Anda yang memiliki lahan sempit, tentu membutuhkan media tanam yang cocok untuk tanaman hias favorit Anda. Media tanam pot harus memiliki syarat tertentu seperti, media tanam tetap remah, mampu memegang air, tidak beracun, dan mengandung bahan yang dibutuhkan tanaman.

Kebanyakan masyarakat menginginkan media tanam ringan dan bersih sehingga mempermudah posisi penempatan tanaman dalam pot. Syarat-syarat media tanam untuk tanaman pot tak sesulit media tanam untuk pengakaran. Bibit tanaman yang digunakan dalam pot harus sudah berakar sehingga lebih kuat dan dapat beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut merupakan media tanam yang cocok digunakan untuk tanaman hias.

Tanaman hias Spathiphyllum cocok ditanam di campuran media tanam yang terdiri dari tanah, kompos daun bambu, dan pupuk kandang. Perbandingan tanah : kompos daun bambu : pupuk kandang = 1:3:1.  Kompos daun bambu murah, ringan, dan memiliki aerasi yang baik.

Pupuk kandang yang digunakan harus sudah matang, tidak panas, dan memiliki warna hitam dan telah hancur. Ratio C/N mencapai 15:1 agar dapat digunakan secara aman. Pupuk kandang sangat mudah dikonsumsi akar sehingga perlu dilakukan penambahan sewaktu-waktu.

Tanah yang digunakan sebagai media tanam pada tanaman hias krisan pot dapat diganti dengan serbuk sabut kelapa. Serbuk sabut kelapa dapat dicampurkan dengan zeolit. Serbuk sabut kelapa mampu meningkatkan kapasitas memegang air dan aerasi.

Serbuk sabut kelapa tua memiliki C/N kira-kira 215 sehingga dapat bertahan selama beberapa tahun. Namun, serbuk sabut kelapa mengandung tanin dan fenol sehingga akan menghambat pertumbuhan tanaman. Kandungan zat tersebut dapat dihilangkan dengan perlakuan suhu (dapat dilakukan dengan penguapan, penggongsengan, atau perebusan) atau dapat dibiarkan selama beberapa bulan hingga satu tahun.

Media tanam zeolit dan serbuk sabut kelapa memiliki pengaruh yang baik bagi pertumbuhan tanaman hias ini. Perbandingan serbuk sabut kelapa : zeolit yang dapat digunakan adalah 3:1 dan 1:1.

Zeolit atau mineral aluminosilikat adalah batuan alam yang bersifat alkali yang bermanfaat sebagai penukar kation alkali. Sehingga, unsur hara yang tak tersedia menjadi tersedia.

Media tanam yang dapat digunakan untuk tanaman hias mawar adalah arang sekam dan zeolit. Perbandingan arang sekam dan zeolit yang dapat digunakan adalah 3:1. Arang sekam bersifat absorben atau mudah menyerap. Sehingga, menyerap pupuk anorganik dan dapat menyebabkan tak tersedianya kandungan yang dibutuhkan tanaman. Hal yang dapat dilakukan adalah arang sekam disiram larutan pupuk anorganik sampai jenuh.

Sumber: Sri Wuryaningsih

Sumber foto: wellgrowhorti.com

Share:

3 Komentar