15 July, 2008, 1:25 pm, Editor: matoa

Memanfaatkan Bahan Bakar Alternatif

Setelah minyak tanah dan gas sulit diperoleh dan harganya terus melambung, pemanfaatan  bahan bakar alternatif semakin berkembang. Adapun MATOA kali ini akan membahas briket sampah organik, briket eceng gondok, dan briket limbah kulit kacang sebagaimana pernah diinformasikan sedikit pada artikel berjudul Oleh-Oleh dari Sukabumi.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat yach.

Briket Sampah Organik

Membuat briket jenis ini relatif murah dan sederhana. Sampah organik terlebih dahulu dibakar dalam sebuah lubang sampai menjadi arang. Arang lalu ditumbuk, dihaluskan, dan disaring menjadi bubuk. Setelah diberi campuran perekat (tepung kanji), bubuk lalu dicetak.

Dalam prosesnya, hanya arang yang berwarna hitam pekat yang diolah karena lebih berkualitas dalam menghasilkan energi. Arang daun ini ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan tepung kanji dengan takaran 1 berbanding 4. Tepung kanji yang digunakan hanya sedikit karena hanya sebagai perekat. Setelah tercampur rata, adonan ini dicetak sesuai kebutuhan dan dijemur hingga kering. Setelah dijemur sampai kadar airnya hilang, terbentuklah briket sampah yang siap pakai.

Selain bisa menggantikan minyak tanah, arang briket juga ramah lingkungan karena tak mengandung zat kimia yang membahayakan. Briket ini juga hemat dan bisa menyala lebih lama, yakni enam jam terus-menerus tanpa perlu dikipasi. Setelah dipakai, ampas briket sampah tetap bermanfaat sebagai pupuk tanaman.

Briket Eceng Gondok

Eceng gondok gemar menutupi permukaan air dengan kecepatan tumbuh yang luar biasa. Repotnya tanaman gulma menyebabkan pendangkalan. Di Cihampelas, Bandung, Kelompok Usaha Briket Bio Power telah mengusahakan pemanfaatan tanaman gulma ini untuk menjadi bahan bakar alternatif.

Pertama, eceng gondok diiris-iris lalu digiling dengan mesin penggiling sederhana. Air perasannya dipisahkan dan bisa dimanfaatkan untuk pupuk. Sementara ini eceng gondok dimanfaatkan untuk pupuk tanaman hias, bukan untuk sayuran, karena khawatir ada B3 Irisan eceng gondok dicampur dengan tanah liat, kapur, dan serbuk gergaji.

Setelah itu, campuran tadi dimasukkan ke dalam silinder pencetak yang berdiameter 15 sentimeter. Setelah dijemur tiga hari, briket eceng gondok pun bisa langsung digunakan. Dengan ditambah sedikit minyak tanah, briket akan segera membara dan siap untuk memasak.

Briket bisa juga dibakar sehingga menjadi bio arang. Dengan kandungan karbon yang lebih tinggi dan kadar air yang terkurangi, mutu bio arang ini lebih baik dibanding briketnya. Selain ramah lingkungan, briket dan bio arang ini lebih harum dan sedikit asapnya.

Sayangnya, waktu menyalanya relatif singkat sekitar 10 menit saja untuk 3-4 briket ataupun bio arang. Namun limbah hasil pembakaran briket atau bio arang masih bisa dimanfaatkan untuk abu gosok atau pembuatan telur asin, sehingga tak ada yang terbuang.

Briket Limbah Kulit Kacang

Pembuatan briket kulit kacang itu dimulai dengan pembakaran. Setelah menjadi arang, kulit kacang yang masih berbentuk utuh lantas digiling. Proses selanjutnya, serbuk arang kulit kacang itu dicampur dengan adonan lem kanji, kemudian dipres untuk dicetak. Pencampuran antara adonan serbuk kulit kacang dengan lem kanji membutuhkan perbandingan 10:1, jadi setiap 10 kilogram serbuk kulit kacang membutuhkan satu kilogram lem kanji agar bisa dipres menjadi cetakan briket yang diinginkan. Setelah briket dicetak, lantas dijemur hingga kering.

Dari keseluruhan proses produksi briket limbah sampah organik itu, pembakaranlah yang memakan waktu cukup lama, kurang lebih sekitar dua hingga dua setengah jam. Saat dilakukan pembakaran itu, kita harus benar-benar memerhatikan keseluruhan prosesnya, tidak bisa ditinggal karena harus terus-menerus diawasi, jangan sampai apinya mati sebab nanti akan gagal. Akan tetapi api itu juga tidak boleh dibiarkan hidup (membesar) karena kulit kacang yang dibakar akan menjadi abu, kalau sudah jadi abu tidak bisa dibikin menjadi serbuk. Gampang-gampang susah, memang. Untuk itu dirinya harus selalu mengamati dengan teliti ketika proses pembakaran itu tengah berlangsung melalui asap yang dihasilkan dari pembakaran tersebut.

Setiap satu tong drum ukuran sedang sanggup memuat 10 kilogram kulit kacang untuk dibakar. Itu, nantinya, akan menghasilkan briket sebanyak 5-6 kilogram. Jika bisa memanfaatkan waktu kerja secara efektif, per hari, bisa menghasilkan hingga dua kuintal briket siap pakai.

Sumber :

1. http://www.sinarharapan.co.id

2. http://www.liputan6.com

3. http://justescapefromreality.wordpress.com

Share:

68 Komentar

  1. mas mo nanya info ttg teknologi pembuatan energi alternatif yg bsa dterapin ke anak2 apa aj y (SD-SMP) selain briket?

  2. ada tidak pelatihan untuk membuat ini??
    komunitas dimana saja yang sudah di berdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini agar bisa di adopsi oleh komunitas yang lainnya?

  3. selamat pagi mas/mba anja,
    terima kasih atas pertanyaannya.

    Bila lokasi mba terletak di sekitar areal persawahan, penggunaan sekam padi dapat dilakukan.

    Arang sekam dapat dengan mudah untuk dimanfaatkan sebagai bahan bakar yang tidak berasap dengan nilai kalori yang cukup tinggi. Briket arang sekam mempunyai manfaat yang lebih luas lagi yaitu di samping sebagai bahan bakar ramah lingkungan, sebagai media tumbuh tanaman hortikultura khususnya tanaman bunga.

    PROSES PEMBUATAN ARANG SEKAM
    1. Sekam merupakan bahan dasar untuk membuat arang sekam dan briket arang sekar.
    2. Membuat bara api dengan kayu kering untuk membuat arang sekam.
    3. Setelah membuat bara api kemudian bara api ditutup dengan cerobong pembuat arang sekam.
    4. Kemudian cerobong ditutup dengan sekam kering.
    5. Sekam yang sudah sebagian menjadi arang sekam.
    6. Arang sekam telah jadi dan siap digunakan untuk pembuatan briket arang sekam.

    PROSES PEMBUATAN BRIKET ARANG SEKAM
    Cara membuat adonan briket arang sekam, dengan ditambahkan air dan perekat (tanah liat/ tepung kanji).
    Cara mencetak briket secara (a) manual dan (b) hidrolik.
    Setelah briket jadi selanjutnya dikeringkan dengan sinar matahari.
    Setelah briket kerina siap diaunakan untuk berbagai keperluan.
    Penggunaan briket untuk tungku/kompor briket arang sekam.
    Mahalnya harga briket dikarenakan sistem pencetakannya masih secara manual.

    sumber : http://www.litbang.deptan.go.id

  4. untuk mba anvina,

    Di Cihampelas, Bandung, Kelompok Usaha Briket Bio Power telah mengusahakan eceng gondok untuk menjadi bahan bakar alternatif.

    Warga Kampung Panoram, Purwakarta, Jabar telah memanfaatkan sampah organik sebagai bahan bakar alternatif.

    Warga Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul telah memanfaatkan limbah kuli kacang sebagai bahan bakar alternatif.

    untuk pelatihan sendiri, MATOA belum mengadakannya.
    Namun kami terus menginformasikan info-info lingkungan hidup dalam rangka menjadi penyambung dan penginspirasi bagi kawan-kawan semua yang membutuhkannya.

  5. untuk mba anja :

    Seorang anak bernama Innocencio Kresna Pratama (dipanggil Inno) pernah mengantarkan kota Bandar Lampung menjadi yang terbaik di ajang “Kompetensi dan Kreativitas Siswa SD Dan Madrasah Ibtidaiah (MI) se provinsi Lampung” tanggal 6-7 November 2007 lalu. Dia menemukan bahwa singkong ternyata dapat menjadi baterai.

    Modalnya, menurut Inno, sangat mudah didapat dan murah pula; satu batang singkong kecil yang dipotong menjadi empat bagian. Inno menancapkan pelat dan tembaga seng yang kemudian disambung dengan kabel kecil ke kalkulator dan jam digital. Hasilnya? Kedua benda itu menyala dan tetap akurat!

    Di sekolahnya, Inno mengadakan percobaan, seperti menguji buah mangga yang didapati juga menghasilkan listrik. Ia beralih ke umbi2an (singkong, ubi, dan kentang) tak luput untuk dijadikan obyek pengujian. Inno mengklaim baterai singkong dapat bertahan berhari-hari tanpa henti seperti baterai konvensional, malahan dapat dipakai berkali-kali dengan menancapkan pelat tembaga di bagian sisi yang belum digunakan.

    Cerdas banget yach……

  6. emmmhh…gmana sih cara ngedeteksi klo suatu barang tu bisa dijadikan bahan bakar alternatif???? kok saya susah bgt dpt ide buat nyari yg kyk gitu, tp kok anak sd bisa???? pliz klo ada info tlng qrim ke e-mail saya. Makasih…..

  7. Warga Dusun Plebengan, Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul telah memanfaatkan limbah kuli kacang sebagai bahan bakar alternatif.

    Seorang anak bernama Innocencio Kresna Pratama (dipanggil Inno) pernah mengantarkan kota Bandar Lampung menjadi yang terbaik di ajang “Kompetensi dan Kreativitas Siswa SD Dan Madrasah Ibtidaiah (MI) se provinsi Lampung” tanggal 6-7 November 2007 lalu. Dia menemukan bahwa singkong ternyata dapat menjadi baterai.

    Menarik!
    Belum ada follow-up dari kalangan akademisi yah, misal hubungan ukuran&kualitas singkong dengan lifetime sel bahan bakar?
    Limbah kulit kacang itu ada no kontaknya ga yah? Kalo ada, boleh saya tau?

  8. Bila ada dua jenis logam dimasukan sebagian kedalam suatu larutan elektrolit kemudian kita ukur dengan multimeter test antara kedua ujunglogam yang tidak tercelup akan ada perbedaan potensial, dengan kata lain ada arus yang mengalir. Pengetahuan ini sudah sangat lama diajarkan dibuku buku. Dalam kasus singkong, cairan dalam singkong tersebut berperan sebagai elektrolit. Sesungguhanya pengetahuan seperti ini sudah harus dikenalkan kepada anak SD. Jika dari sejk dini anak anak SD diperkenalkan hal hal yang serupa ini,..bangsa kita akan lebih cepat maju.

  9. sekarang di SD-SD swasta sudah ada kurikulum pelajaran SAINS, dan materinya lumayan bagus, gak cuma teori tp juga prkatek percobaan sederhana diajarkan di kurikulum tsb.

    walau sederhana, sesungguhnya ini mampu menimbulkan minat dan gairah anak2 kita untuk lebih menyukai sains

  10. Selamat pagi Pak Tyo, apa yang kami sampaikan pada artikel di atas menurut kami sudah cukup menjelaskan tahapan dan metode pembuatan briket/bioarang. Terima kasih

  11. Pak Abdullah, kami sudah kirimkan informasi mengenai cara pembuatan briket dari serbuk gergaji ke email Bapak.

    Semoga bermanfaat

  12. saya tertarik dengan pemanfaatan limbah eceng gondon menjadi briket arang sebagai bahan bakar alternatip.
    kelompok kami, melakukan penguatan dan pengorganisasian rakyat di sekitar danau toba yang telah ditumbuhi oleh begitu banyak eceng gondok.
    kami mohon dikirimkan teknik pembuatan lebih detail dan pencampurannya.
    kiranya bapak semakin sukses.
    salam

  13. mas slam knal sebelumnya .kalau mau menguji kandungan yang ada didalam briket sampah organik kira2 saya harus kemana ya,,,, kalau gak salah katanya ke balai penelitian pasca panen yang di bogor bukan…oia minta tinjauan pustaka yang lebih lengkap karena saya kurang referensinya.. judul yang akan saya ambil “uji komparasi efektifitas pembakaran arang briket sampah organik dengan arang tempurung kelapa” untuk sampah organik saya memakai sekam…terima kasih

  14. slm knl sblmnya aku lagi nyoba buat karya ilmiah (kir).aku mau buat briket …….,tlng dong materi tntng briketnya di perbnyak ya plzzzzzzzzzzzz thanks before

  15. saya mengajar di daerah yang sangat minim dalam memperoleh alat-alat percobaan, minta tolong dong diperbanyak artikel tentang pemanfaatan sumber energi alternatifnya terutama yang bahannya dapat diperoleh di daerah pesisir pantai, supaya lebih bermanfaat untuk penduduk pesisir. thanks sebelumnya

  16. makasih banyak. mudah-mudahan apa yang saya dapatkan dapat bermanfaat bagi penduduk NTB, kami akan mencoba membuat briket dari tempurung kelapa. thanks artikelnya mudah-mudahan dapat menjadi referensi bagi kami

  17. Sama-sama Bu Rahayu, itulah salah satu misi kami dalam upaya membangun lingkungan yang lebih baik.

  18. pak, mohon bantuannya , untuk :
    1. bahan 2 speck untuk , briket batu bara , sekaligus deatil cara pembuatan

    kalo bisa jangan yg berbau , tanpa asap

    2. apa bisa sekalian cara skema pembutan kompor tahan panas

    mohon kitrim ke email : imb.trade@gmail.com
    putra makassar 0411 – 2353235

    trims

  19. Informasi yang Bapak Irwan butuhkan sudah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

    Semoga bermanfaat.

  20. Pak mohon dijelaskan cara membuat cetakan briket yang sederhana manual maupun hidrolik dan kompor briket.sy pernh coba tp blm berhsil.stlah smpah mjd arang,kmd ditumbuk dan di saring.ukuran saringan yang paling tepat ukuran berapa?terima kasih.

  21. Pak, mohon bantuannya detil proses pembuatan briket arang sekam termasuk tungkunya pembakar sekamya, mohon dkrm ke email, abiz di daerah saya bnyk sekam tak termanfaatkan. trim’s sblmnya…

  22. pak, perekat yang cocok untuk pembuatan kampas rem dari serabut kalapa apa??? trus pemprosesan pembuatannya (campuran komposisi & beban penekanan)gmn???

  23. halo pak, mau tanya nih
    1. gimana bentuk skema skema cerobong untuk membakar sekam padi (untuk membuat arang sekam)
    2. Dimana saya bisa memperoleh reaktor biogas skala kecil. trim’s.

  24. Terima kasih banyak atas informasinya pak, memang zaman sekarang informasi ini emang sangat dibutuhkan.

  25. salam kenal…..begini pak saya pernah mencoba membuat briket dari sampah organik,tapi selalu gagal ,tdk bisa terbakar dan asap yang tebal.saya sangat berharap bantuaan dari bapak untuk memberikan cara pembuatan briket tersebut.kalau bapakberkenan mohon di kirim lewat email saya

  26. salam kenal pak……….
    mohon dengan sangat bantuannya pak!!!!
    begini pak saya mau melakukan penelitian untuk tugas akhirq tentang:
    1. bagaimana cara dan proses pembuatan briket dari batu bara beserta blok diagram kalau ada???
    2. apa saja pereaksi yang digunakan?
    3. bagaimana komposisi untuk campurannya???
    terima kasih………..

  27. Semangat pagi pak,

    mohon dengan sangat bantuan bapak, saya sedang mencari cara untuk membuat kompor serbuk gergaji, katanya bisa menghasilkan api yang bagus. di daerah saya banyak serbuk gergaji yang tidak dimanfaatkan, akan tetapi saya gak tau gimana cara bikin kompornya.
    tks bgt ya

  28. salam kenal

    mohon bantuannya, saya sedang melakukan penelitian untuk KIR (membuat energi alternatif). yang mau saya tanyakan :

    1. bagaimana cara & proses pembuatan briket dari batu bara atau bahan lain yang mudah didapat?
    2. apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan ?

    mohon jawabannya dikirim ke e-mail saya

    terima kasih .

  29. Mat siang pak,dimana pemesanan alat pengepres briket and berapa harganya untuk kapasitas 300 – 500kg/hari tolong disampaikan lewat sms ke081802720060/ 0274 7016948. Trimakasih sebelumnya untuk infonya………..saya tunggu info secepatnya

  30. Salam kenal mas,

    Sy sangat tertarik dengan topik yang dibahas sekarang ini. Mas, kebetulan didaerah Sy banyak sawah dan pabrik penggilingan padi. Limbah sekam (kulit) padi dari hasil penggilingan itu cukup melimpah dan belum termanfaatkan secara maksimal. Untuk itu, kalo boleh sy minta:

    1. Model atau bentuk dari cerobong pembuat arang sekam.
    2. Perbandingan yang pas untuk adonan pembuatan briket arang sekam (arang:kanji:air).
    3. Kanjinya yang digunakan untuk perekat itu, apa masih berbentuk tepung atau sudah dibuat seperti lem (tepung kanji yang dicampur air lalu dipanaskan).

    Mohon dikirim ke email Sy, ya mas.
    Sebelumnya Sy ucapkan terima kasih.

  31. bro…tolong saya dikasih komposisi yg tepat utk membuat briket organik dari bahan dasar bubuk arang dan serbuk gergaji,alat utk pressing nya seperti apa? tolong dikash gambarnya sekalian ya. maturnuwun…..

  32. saya mo nanya ni mas,bahan2 organik apa saja yang bisa untuk campuran penbuatan kampas rem pengganti asbes (non asbestos).tolong banget,plese

  33. pak artikelnya muantab banget bisa nggak bapak kirimin saya artikel lengkap tetang pembuatan arang briket dari sekam, daun, dan batok kelapa. di daerah saya barang-barang itu masih belum ada yang manfaatin, mohon ya pak artikel lengkapnya. sekalian pembuatan alat kompresnya kalau ada. kalau ada informasi tentang penjualan alat kompres briket juga boleh pak. tolong di kiirim ke email saya ya pak. mjh_leadeer@yahoo.com

  34. salam kenal pak. sy yudi di wsb. infonya sangat membantu pak. saya mau tanya kalau arang kayu yang bs atau sisa yang tidak laku di pasaran karena kualitasnya rendah bisa dijadikan briket ndak ya? kalau bisa tolong dijelaskan cara pembuatannya, perbandingan arang dan perekatnya serta gambar/ ukuran detil alat2nya. saya sudah coba tapi blm berhasil. tolong kirim ke email saya (diaxcom2@yahoo.co.id). trims.

  35. salam kenal….
    nama saya bima..saya mau tanya kalau mau buat briket dari tempurung kelapa gimana cara membuatnya..???tolong kirimkan ke email saya ya….(erdi_endogz@yahoo.com).trims.

  36. Gni, q dr cilacap. Dalam rangka pembuatan karya ilmiah, aku mau nggarap briket sekam padi. Tapi aku msh gtw cara manual pembuatanNya, misalnya untuk alat press bisa di ganti dg apa? Perbandingan sekam n perekatnya brapa?
    Tlg kirim infonya ke emailq.
    Kalo ada info buku atau situs buat referensi skakian ya
    thx b4

  37. Saya mau KKN dan mengambil tema ttg pembuatan briket arang sekam krn tempat kkn saya areal persawahan dan banyak ditemukan sekam. Rencananya mau membuat alatnya untuk dikenalkan di desa tersebut agar bisa mandiri energi. Mohon mbak/mas membantu saya dengan memberikan referensi dari desain alatnya, proses pembuatan,nilai ekonomis, dan misal ada data komposisi carbon, kalori, dll dari hasil briketnya. Info referensinya bisa dikirimkan ke email saya. terima kasih banyak.

  38. saya adalah pembuat arang batok kelapa dan arang kayu, cuma saya ingin memproduksi juga briket arang, ada yang bisa bantu cara produksi dan pemasaranya nggak ya ? saya tinggal di banyuwangi jawa timur. ingin memperlebar pemasaran di wil blitar, malang, surabaya dan sekitarnya, ada yang bisa bantu nggak ya ?

  39. apa tidak bisa kulit kacang diolah menjadi bahan bakar tanpa konversi menjadi arang terlebih dahulu?
    menurut pengalaman aku, kulit kacang mengandung minyak yang bisa memberi energi yang lebih besar dari bentuk arangnya. jadi kalau dikonversi menjadi arang terlebih dahulu, banyak energi yang terbuang percuma. mungkin bentuk yang lebih baik adalah pellet, yakni kulit kacang mentah dan kering digiling dan dibentuk kecil-kecil.

  40. Ide yang menarik Agung, sudah pernah mencobanya? kalau ada silahkan di share ke webiste kita ini, ditunggu ya…. dan jangan lupa lampirkan fotonya, salam

  41. Mau nanya:
    Apa bisa Sampah Organik (biomassa) dijadikan arang untuk pupuk atau media tanam selain dijadiin briket?
    Biomassa yang saya maksud antara lain:
    1.Kotoran ayam
    2. Blotong
    3. Onggok/gamblong
    4. Sampahkota
    5. Jeramipadi
    6. Sekampadi
    7. Janggel jagung dan
    8. Bagas
    mungkin dapat di jelaskan 1/1 dari biomassa yg dimaksud.
    baik dari kadar air, potensi ketersediaan bahan, Potensi Biomassa, rendemen serta sifat fisik dan kimianya.ok thanks

  42. wach Asun banyak juga pertanyaannya,….. semoga teman2 yang lain bisa memberikan masukan ya…. ini untuk skripsi atau apa ya?

  43. Salam kenal,
    Mohon bantuannya, saya butuh informasi tentang cara pembuatan arang kayu keras dan penampungnya di daerah lampung. Mohon bisa dikirim ke email saya pak : topo.2009@yahoo.com. Terimakasih sebelumnya.

  44. Saya melakukan penelitian briket sampah organik dengan proses pembuburan. Perekat yang saya gunakan adalah tanah liat. Yang jd mslh,bagaimana pengaruh perekat tersebut??dan apa komposisi tanah liat itu sehingga lebih baik digunakan?atau lebih spesifiknya lg manfaatnya??kalo blh yang memiliki jwban secara fisis y pak???kirim ke email saya saja pak

  45. mas mau tanya nih tentang komposisi kulit kacang………

    buat aQ TA….

    makasih bgt………

    snagat berharap pertolongan untuk masa depan saya…………

  46. mas mwu nanya gimana buat briket dari serbuk gergaji,takaran beserta peralatan dan prosesnya……….. tlong dijawab pleace…….thanks for all

  47. yth,,,tlg di jwb ya…..
    saya bingung ne,.,,,,bahan baku pembuatan briket kan bs dr apa ja,,,nah yg ingin sya tanyakan unsur apa yg terkandung dalam bhn tsb sehingga bs di jdikan sbg bhn bkr?ex kulit kcg klo kt lht komposisi kimianya gk da unsur karbon dstu,,,mhon jwbnya ya…..
    trimmmsss…

  48. Terima kasih atas pertanyaannya.
    Biomassa atau segala bahan yang berasal dari tumbuhan dapat dijadikan bahan baku briket karena mengandung karbon. Kulit kacang yang sudah dibakar mengandung karbon, sehingga dapat dijadikan briket.
    terima kasih

    Salam sahabat hijau

  49. apa saja kndungan sampah organik dan tepung kanji,mengapa bisa menjadi briket dg hny serbuk sampah organik??

  50. Assalamu alaikum,
    Saya tertarik dengan tema bahan bakar alternatif. Gini sobat green.. kebetulan saya memiliki usaha pertukangan kayu, limbahnya bisa sampai 2 kubik serutan kayu dalam sehari, karena saya tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang pembuatan briket arang, maka limbah tersebut hanya terbuang percuma. Nah Tolong infonya ke marsan_chanee@yahoo.co.id, makasih wassalam