10 March, 2011, 3:02 pm, Editor: matoa

Membuat Pembersih Alami di Rumah

Banyak orang menginginkan pembersih organik untuk membersihkan peralatan rumah tangganya. Menggunakan produk berbahan alami untuk membersihkan perabotan rumah berarti tidak menyebarkan bahan kimia berbahaya di rumah Anda.

Berikut merupakan beberapa bahan yang dapat Anda gunakan sebagai pembersih perabot alami.

  • Baking soda

Bahan ini dapat digunakan untuk pembersih rumah dan penghilang bau. Bahan ini dapat digunakan sebagai pembersih peralatan rumah homemade. Dapat disemprotkan langsung ke permukaan perabotan.

Anda dapat menambahkan 4 sendok makan baking soda ke dalam ¼ liter air. campuran tersebut dapat digunakan sebagai spray atau soda penggosok.

  • Boraks

Campuran alami yang terbuat dari boron, sodium, oksigen, dan air. Boraks merupakan pembersih handal, terutama untuk laundry. Menggunakan boraks sebagai pembersih pada laundry, tambahkan setengah cup boraks, lalu campurkan dengna deterjen organik milik Anda setiap Anda mencuci pakaian Anda.

Kombinasi baking soda dan boraks merupakan pembersih yang kuat untuk wastafel tanpa menggores porselen. Anda dapat juga menggunakan campuran 2 ons boraks dan 2 cup air sebagai pembersih tembok atau permukaan kotor lainnya.

  • Tepung kanji jagung

Bahan ini sangat bagus digunakan untuk pembersih karpet dan permadani, tepung kanji jagung dapat juga digunakan sebagai bedak bayi. Untuk membersihkan jendela rumah, Anda dapat menambahkan 2 sendok makan tepung kanji jagung, satu cup cuka putih, dan satu galon air.

  • Jus lemon

Jus  satu ini merupakan pemutih alami. Jus lemon dapat membersihkan noda oli dan noda lainnya terutama di bahan alumimnium dan porselen. Kombinasi antara minyak zaitun dengan lemon atau cuka putih dapat digunakan untuk semir organik barang furniture. Perbandingan antara minyak zaitun dan jus lemon atau cuka putih adalah 3:1.

  • Garam

Garam merupakan jenis bahan abrasif namun lembut, garam sangat baikn untuk penggosokan. Garam merupakan bahan yang ampuh digunakan untuk membersihkan noda atau tumpahan pada oven dan wastafel.

  • Soda pembersih

Bahan ini berbeda dengan baking soda dan merupakan pilihan yang baik untuk membersihkan, mengurangi noda oli, dan sebagai desinfektan. Anda dapat menemukan bahan ini di tempat laundry, namun bukan produk organik.

  • Cuka putih

Satu lagi pembersih yang kuat. Cuka putih merupakan bahan yang baik untuk membersihkan jamur, noda oli, dan noda lainnya. Cuka putih dapat digunakan untuk membersihkan jendela dan membuat permukaan logam mengkilap.

Satu cup cuka putih dalam satu galon air dapat digunakan untuk membersihkan lantai linoleum. Anda dapat menambahkan satu cup baking soda untuk pembersih lebih kuat. Satu cup cuka putih yang dipanggang di microwave selama satu atau dua menit dapat menghilangkan noda bekas masakan dan membuat microwave mudah dibersihkan.

Bahan-bahan di atas dapat dijadikan alternatif pembersih untuk perabotan di rumah Anda. Kesabaran sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Selamat mencoba dan semoga beruntung

Sumber: lovetoknow.com

Sumber foto: info-sehat.com

Share: