7 April, 2009, 11:17 am, Editor: matoa

Menanam dengan Media Hydroponics

hydroponicsPernah terpikir ingin menanam bunga di dalam rumah tanpa harus menggunakan media tanah ? Mungkin bisa dicoba dengan menggunakan Hydroponics. Saat melihat butiran bak kelereng, tersusun rapih dalam vas bunga berwarna merah, hijau, oranye dan, biru. Sangat cantik apabila terlihat dari ruangan tamu rumah. Bersih, tidak ada tanah sedikit pun. Hydroponics bisa digunakan untuk merangkai bunga potong atau plastik, kelihatan lebih segar dan tahan lama.

“ Ini bisa hidup ya pak tanamannya? Bagaimana caranya Pak? “ pertanyaan terus diajukan sama penjaga stand  Adela Kreasi, di Pameran Produk Kerajinan Bahan Baku Alternatif, di Departemen Perindustrian, 3 April 2009 lalu.

Akhirnya, penjaga stand memberikan lembaran kertas yang menjelaskan tentang hydroponic. Ini bahan penemuan terbaru yang diambil dari ilmu dibidang perkebunan. Sebagai bahan penyerapan yang dapat menyimpan 400 kcl dari berat air dan bahannya mengandung unsur beberapa kadar gizi.

Bagaimana cara pengembangannya?
Satu bungkus plastik, kira-kira satu sendok makan dicampur dengan satu liter air. Biarkan berkembang selama empat jam dan sesekali diaduk supaya warnanya rata dan membaur. Kalau warnanya masih terlalu gelap, buanglah air dan tambahkan air kembali sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Setelah itu, butir kristal bisa dibilas dengan air bersih supaya kristal-kristalnya tampak lebih bercahaya. Lalu tumpahkan butiran kristal ke dalam Loyang saringan, biarkan selama satu jam, biarkan airnya menghilang. Butir-butir kristal yang sudah bersih siap untuk digunakan ke salam vas bunga.

Pemindahan tanaman dari tanah ke hydroponics
Tanaman dari tanah, angkat perlahan-lahan, jangan sampai ada akarnya yang rusak. Lalu cuci akar tanaman dengan air bersih, jangan ada tanah yang menempel. Periksa dulu akar tanaman yang putus atau rusak sebelum memulai penanaman. Vas bunga diisi dengan seperempat gelas butiran batu tanaman. Pastikan akarnya di tengah-tenah vas bunga. Tanaman diletakkan di tengah-tengah vas, lalu diisi lagi setengahnya samapai sekeliling akarnya tidak kelihatan. Selanjutnya, siram tanaman selama seminggu berturut-turut. Setelah tanamannya tumbuh dengan baik, cukup siram 1- 2 bulan saja.

Tips untuk menjaga tanaman hydroponic Anda

  1. Jangan terlalu banyak air, akarnya menjadi cepat busuk
  2. Apabila pertumbuhan tanaman sangat lambat, coba pindahkan posisinya dan, jangan terkena paparan sinar matahari langsung. Hal ini bisa mengakibatkan tumbuhnya lumut,
  3. Kalau sampai berlumut, angkat tanaman dan cuci bersih akarnya. Lalu siram butiran kristal dengan air panas, sampai lumut yang menempel bersih.
  4. Jika warna butiran kristal sudah memudar dan berubah warna, berikan bahan penawar beberapa tetes saja.

Selanjutnya bisa hubungi:  Adela Kreasi, Jl. Karakatau IV/226, Sukmajaya – Depok Timur Depan. Tlp. 021 – 778 322 64 / 0818 132 409

Share:

3 Komentar

  1. saya tertarik dg media hydroponik adakah dapat bahannya di kota medan atau bgimana cara buatnya ?