28 March, 2012, 11:38 am, Editor: matoa

Menyiapkan Pesta Kebun di Rumah

Menyelenggarakan pesta memang tidak mudah, apalagi pesta yang mengusung tema “ramah lingkungan”. Namun, jika Anda memiliki pekarangan rumah yang cukup luas, Anda dapat menyelenggarakan pesta kebun di rumah.

Terdapat kelebihan maupun kelemahan dalam menyelenggarakan pesta kebun. Kelebihan yang didapat: udara lebih sehat dan segar karena berasal dari luar ruangan; hemat listrik (cahaya dari matahari, bukan lampu listrik); dan lebih ramah lingkungan. Sedangkan kelemahannya adalah: cuaca tidak menentu.

Berikut hal-hal yang harus Anda persiapkan untuk merencanakan pesta kebun:

  • Dekorasi

Hal yang harus dipersiapkan untuk menyelenggarakan pesta kebun salah satunya adalah dekorasinya. Pastikan Anda telah memilih tanaman yang akan menjadi bagian dekorasi pesta Anda. Karena Negara kita adalah Negara tropis, tanaman bunga tropis banyak tersedia untuk dijadikan sebagai pemanis kebun. Sebelum menyelenggarakan pesta, sebaiknya Anda telah membeli atau menanam bibit tanaman bunga. Jika ingin menambahkan aroma bunga, Anda dapat menambahkan bunga mawar, lili, dan anggrek. Rawat tanaman tersebut dengan baik agar cantik saat menjadi tanaman dekorasi. Anda dapat menggunakan bunga favorit sebagai penghias, usahakan warna-warna bunga tersebut kontras agar suasana dekorasi lebih hidup. Jika Anda membeli bunga, sebaiknya beli saat bunga masih kuncup agar mekar saat hari-H. Tanaman hias seperti pohon bambu hias maupun palem hias dan juga bonsai dapat Anda gunakan sebagai tanaman dekorasi. Fokuskan dekorasi pada gerbang menuju lokasi pesta, tiang-tiang tenda, area makanan, tempat duduk, dan pelaminan (pesta pernikahan).

  • Lokasi Pesta

Lokasi pesta kebun Anda harus jelas. Jika pesta dilaksanakan kecil-kecilan di rumah, tidak banyak yang harus Anda persiapkan. Anda hanya butuh memotong rumput dan merapikan tanaman-tanaman kesayangan dan menambahkan tanaman bunga agar suasana lebih semarak. Namun, jika dilaksanakan di taman yang cukup luas, Anda harus menyewa tukang kebun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Pesta kebun jika dilaksanakan siang hari, sebaiknya pilih lokasi yang banyak pohon agar lebih sejuk dan juga siapkan tenda.

  • Cuaca

Sebelum melaksanakan pesta kebun, ada baiknya jika Anda mengikuti prakiran cuaca menjelang diadakannya pesta. Hal ini sangat penting, sehingga Anda dapat memperkirakan apa yang harus dipersiapkan ketika cuaca panas maupun hujan.

  • Serangga

Pastikan lokasi pesta pilihan Anda bersih dari nyamuk dan serangga lainnya agar pada saat pesta berlangsung, tidak ada tamu atau penyelenggara yang terserang. Untuk menanggulangi serangan serangga pada makanan, sebaiknya gunakan lilin sereh. Lilin sereh cukup ampuh dalam mengusir nyamuk dan serangga.

Semoga membantu dan selamat mencoba

Sumber gambar: dikotakita.com

Share: