14 April, 2010, 10:20 am, Editor: matoa

Merbau (Intsia bijuga)

Pohon Merbau

Merbau atau ipil adalah nama sejenis pohon penghasil kayu keras berkualitas tinggi anggota suku Fabaceae (Leguminosae). Karena kekerasannya, di wilayah Maluku dan Papua barat kayu ini juga dinamai kayu besi. Di Papua Nugini, kayu ini dikenal sebagai kwila; sedangkan nama-namanya dalam bahasa Inggris adalah mirabow, Moluccan ironwood, Malacca teak, dan lain-lain.

Intsia bijuga (Leguminosae), yang dikenal dengan nama “kayu merbau” atau “kayu besi”, merupakan salah satu spesies tumbuhan kayu yang dicirikan oleh sifat kayunya yang keras dan tahan terhadap pelapukan yang disebabkan oleh rayap dan jamur. Daun dan kulit batang dari spesies ini juga telah digunakan secara tradisional untuk mengobati beberapa penyakit, seperti reumatik, penyakit saluran kencing dan menurunkan demam.

Pohon merbau, termasuk suku Caesalpiniaceae, ada beberapa jenis yaitu darat dan pantai,
darat pohon berukuran sedang, kayunya tahan terhadap kelembapan sehingga sering digunakan untuk pembuatan perahu, bahan bangunan, bantalan rel kereta api, mebel yg berkualitas tinggi, tiang listrik dan telepon, termasuk kayu yg banyak diekspor; Intsia palembanica; — pantai pohon yg tinggi lurus, kayu terasnya yang berwarna merah tua digunakan sebagai bahan bangunan, alat rumah tangga, bantalan, tiang listrik dan telepon, dipakai dulu perkapalan dan pembuatan jembatan, kulit kayunya mengandung tanin dan dimanfaatkan sbg zat warna cokelat untuk kertas dan kain; Intsia bijuga.

Ciri-ciri Pohon Merbau (Intsia bijuga)

Pohon berperawakan sedang hingga besar, dapat mencapai tinggi 50m, dengan batang bebas cabang sekitar 20m dan gemang hingga 160(-250) cm. Dengan banir (akar papan) yang tinggi dan tebal. Pepagan berwarna abu-abu terang atau coklat pucat, halus dengan bintil-bintil kecil lentisel, mengelupas serupa sisik bulat-bulat.

Daun majemuk dengan 2 pasang anak daun, terkecuali daun-daun di ujung yang hanya memiliki sepasang anak daun. Anak daun bundar telur miring tak simetris, 2,5-16,5 × 1,8-11 cm, dengan ujung tumpul atau melekuk dan pangkal membundar, permukaannya gundul dan licin, tulang daun utama berambut panjang di sisi bawah.

Bunga-bunga terkumpul dalam karangan di ujung (terminal), panjang hingga 10 cm, berambut halus. Mahkota berwarna putih, yang berubah menjadi jambon atau merah; benangsari seluruhnya merah atau ungu. Buah polong, 10-28 × 2-4 cm, berbiji 1-8 butir, hitam dan besar, 2-3,5 × 1,5-3 × 0,7-0,8 cm.
Intsia bijuga kebanyakan tumbuh di daerah pantai, seringkali pada zona di belakang hutan bakau.

Sifat-sifat kayu Pohon Merbau

Kayu teras berwarna kelabu coklat atau kuning coklat sampai coklat merah cerah atau hampir hitam. Kayu gubal berwarna kuning pucat sampai kuning muda, jelas dibedakan dari kayu teras. Merbau memiliki tekstur kayu yang kasar dan merata, dengan arah serat yang kebanyakan lurus. Kayu yang telah diolah memiliki permukaan yang licin dan mengkilap indah.

Kayu merbau termasuk ke dalam golongan kayu berat (BJ 0,63-1,04 pada kadar air 15%) dan kuat (kelas kuat I-II). Kayu ini memiliki penyusutan yang sangat rendah, sehingga tidak mudah menimbulkan cacat apabila dikeringkan. Merbau juga awet: daya tahannya terhadap jamur pelapuk kayu termasuk kelas I dan terhadap rayap kayu kering termasuk kelas II. Kayu merbau termasuk tahan terhadap penggerek laut (teredo), sehingga acap digunakan pula dalam pekerjaan konstruksi perairan.

Merbau termasuk tidak sulit digergaji, dapat diserut dengan mesin sampai halus, diamplas dan dipelitur dengan memuaskan, namun kurang baik untuk dibubut. Kayu ini juga biasanya pecah apabila dipaku, dan dapat menimbulkan noda hitam apabila berhubungan dengan besi atau terkena air.

Manfaat Pohon Merbau

Merbau terutama dimanfaatkan kayunya, yang biasa digunakan dalam konstruksi berat seperti balok-balok, tiang dan bantalan, di bangunan rumah maupun jembatan. Oleh karena kekuatan, keawetan dan penampilannya yang menarik, sekarang kayu merbau juga dimanfaatkan secara luas untuk pembuatan kusen, pintu dan jendela, lantai parket (parquet flooring), papan-papan dan panel, mebel, badan truk, ukiran dan lain-lain.

Bahan pewarna coklat dan kuning dapat diekstrak dari substansi berminyak yang dikandung oleh kayu dan pepagannya. Pepagan dan daun juga digunakan sebagai bahan obat tradisional.
Pepagan yang mengelupas, ditumbuk dan dicampur dengan buah pinang yang tua, sebagai obat untuk menghentikan murus. Biji-bijinya dibembam dalam arang atau abu panas agar pecah kulitnya, lalu direndam dalam air garam selama 3-4 hari, sebelum direbus dan dimakan.

SUMBER:

http://digilib.itb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptitbpp-gdl-yulianarut-32862

http://www.proseanet.org/prohati2/browser.php?docsid=158

http://kamus.sabda.org/kamus/merbau

http://id.wikipedia.org/wiki/Merbau

Share:

12 Komentar

  1. kayu merbau bukan merupakan jeniskayu langka, kayu merbau banyak ditemui di daerah-daerah seperti maluku dan papua.

  2. ya.. buat saya nama kayu merbau tak asing..karena saya pengelola kayu..tapi memang sulit di temui di wilayah lmpung mulai punah…di irian/maluku/kalimantan.msih gmpang di jumpai…untuk sebesar pohon kelapa kayu merbau butuh puluhan tahun…di monas di tnam pohon merbau…

  3. Kayu merbau sdh tdk asing utk produsen kayu, banyak di Papua dan Maluku, juga di kaltim dg nama ipil. Biasa utk ekspor (olahan), kurang familier utk lokal karn selalu keluar getah terus menerus kalo kena hujan, padahal kayunya keras dan kuat,

  4. Saya sedang mencari penjual sawn timber kayu matoa, apakah ada yang dapat memberika inpormasi? kami butuh untuk produck decking

  5. Ahyar dapat menghubungi CV dua Putri, CV ini menjnual sawn timber jati, mahoni, durian, dan jenis kayu jawa keras lainnya
    Nama: Tn. Candra Budiman [Pemilik/Pengusaha]
    E-mail: budimancandra88@yahoo.com
    Nomer HP: 08886441669
    Nomer Telpon: 024
    Alamat: Jl. smg – purwodadi km 15, Semarang 50566, Jawa Tengah
    Semoga bermanfaat…smile
    Indonesia

  6. Untuk pertumbuhan yang baik, pupuk apa yang diperlukan bagi tanaman merbau? saya menanam di daerah dataran tinggi +/- 500 m diatas permukaan laut ternyata merbau dapat tumbuh dengan baik

  7. di daerah sumatera kayu ini sudah lumayan langka, karena termasuk jenis kayu hutan.

  8. thank’z bwt infox ttg merbau,,, boleh tambah lg tentang regenerasinya secara vegetatif khususnya melalui trubusannya,,,

    thank’z before,,, salam rimba

  9. Ready merbau Maluku, meranti merah, palapi malapi, dll asal Maluku…..
    Ukuran plat bebas…
    Hubungi PT Midian Karya, Jl. jend. S. Parman 1a Pasuruan
    081937171223 ( h. Didin)

    Barang ready 300 kubik ( sistem gread element 1)