15 February, 2012, 4:22 pm, Editor: matoa

Mobil-Mobil Irit BBM

Harga BBM yang kian meningkat harus membuat kita pintar mengatur keuangan agar pengeluaran tidak meningkat. Selain penting mengatur keuangan, pemilihan kendaraan irit BBM juga harus dilakukan.

Jenis mobil ini akan berdampak positif bagi lingkungan dan keuangan Anda. Berikut beberapa jenis mobil yang diperhitungkan sebagai mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan:

  • KIA Picanto

Walau mobil ini tidak berteknologi canggih, namun mobil produksi Korea ini bertenaga 64 dk pada 5.500 rpm dari mesin 1.100 cc, sehingga membuat mobil ini menjadi salah satu mobil irit BBM. Selain itu, torsi sudah didapat pada 2.800 rpm dan perbandingan gigi transmisi dan program ECU membuat mobil ini semakin irit.

  • Suzuki Karimun Estilo

Suzuki Karimun Estilo sebagai pelopor city car di Indonesia tampil dengan bentuk aerodinamis yang bergaya. Mobil jenis ini memiliki tenaga yanf lebih besar, menggunakan mesin 1.100 cc, 16 valve injection, microprocessor 32 bit, dan bertenaga 65 PS. Dilengkapi dengan teknologi mesin injeksi dan telah memenuhi standar emisi gas buang Euro-2, Suzuki Karimun Estillo menjadi mobil bertenaga namun hemat bahan bakar.

  • Hyundai Getz

Berinovasi pada mesin dengan meningkatkan kapasitas menjadi 1.400 cc 16 valve membuat mobil jenis ini lebih bertenaga. Sehingga, power to weight ratio lebih baik dan konsumsi bahan bakar lebih irit.

  • Nissan Grand Livina

Mobil jenis ini merupakan salah satu kendaraan yang bersensasi. Dengan suspense yang empuk, Nissan Grand Livina mampu dibawa ke medan yang buruk sekalipun. Walau disarankan menggunakan BBM dengan minimum RON91, mobil yang memiliki kode mesin HR15DE ini dapat menggunakan premium TT tanpa terjadi knocking. Terdapat dua kapasitas untuk mobil jenis ini, yaitu 1.500 cc dan 1.800 cc, namun untuk masalah irit, kapasitas 1.500 cc lebih irit.

  • Honda Jazz I-DSI

Dengan mesin I-DSI yang merupakan teknologi pintar yang dirancang khusus untuk mobil kompak seperti Honda Jazz. Dilengkapi dengan 2 buah busi pada setiap silinder dalam ruang pembakaran dan pengontrolan waktu pembakaran secara cerdas. Sehingga, mampu mencapai ultra-high fuel economy (pemakaian bahan bakar yang rendah dan ekonomis) dan menghasilkan torsi maksimal pada putaran RPM rendah hingga menengah, sesuai kecepatan pada penggunaan sehari-hari. Honda Jazz I-DSI mampu menghasilkan tenaga mobil yang lebih responsif dengan pemakaian bahan bakar yang paling hemat di kelasnya dan emisi gas buang yang lebih bersih.

  • Suzuki SX-4

Mobil berbasis crossover ini memadukan DNA ‘Sport Compact Cair” dengan “Light SUV”. Suzuki SX-4 dilengkapi dengan mesin berkapasitas 1.500 cc, DOHC, dan VVT sehingga menghasilkan akselerasi responsif. Keuntungan yang dimiliki mobil ini adalah pemakaian bahan bakar yang ekonomis dan memiliki ground clearance tinggi yang mampu melintas di berbagai cuaca, kondisi, hingga off road.

  • Toyota Vios

Dengan mesin berkapasitas 1.500 cc dan mengandalkan 1NZ-FE 4 silinder, in-line 16 katu[ DOHC VVY-i. Toyota vios matic mengkonsumsi bahan bakar sebanyak 13,05 km/l,sedangkan Toyita Vios Manual mengkonsumsi bahan bakar 15,43 km/ liter. Mobil jenis ini mampu melesatkan tenaga hingga 110 dk. Selain itu, vios dilengkapi dengan konsumsi BBM real time dan rata-rata.

  • Toyota Prius

Dengan mesin 1.798 cc dan motor listrik, Toyota Prius mengkonsumsi BBM 19,4 km/ liter dalam kondisi jalan yang parah. Sedangkan jalan bebas hamabatan, Toyota Prius mengkonsumsi 27,1 km/ liter bahan bakar. Konsumsi BBM yang irit tersebut dikarenakan sistem kerja hybrid yang selalu mematikan mesin bensin saat tak diperlukan.

Semoga bermanfaat

Sumber: berbagai sumber

Sumber gambar: toyota-prius-guides.blogspot.com

Share:

Satu Komentar