17 January, 2012, 1:32 pm, Editor: matoa

Penghilang Noda Praktis dan Alami

Semakin banyak bahan alami yang digunakan, semakin baik untuk kesehatan dan lingkungan. Sama halnya dengan pembersih yang kita gunakan di rumah untuk sehari-hari. Pembersih alami dan organik sangat mudah dibuat dan aman digunakan. Berikut beberapa bagian di rumah yang dapat Anda bersihkan dengan bahan-bahan alami:

  •  Kamar Mandi

Noda kamar mandi merupakan salah satu noda yang sulit dihilangkan. Namun, sebaiknya jangan menggunakan bahan kimia bersifat keras dan berbahaya untuk menghilangkan noda jamur pada kamar mandi. Gunakan campuran cuka alami putih dengan air di botol semprot, goyang-goyangkan campuran tersebut, dan semprotkan pada noda. Jika noda tidak hilang, semprotkan kembali pembersih alami pada noda dan diamkan selama beberapa menit, lalu bersihkan kembali dengan kain lap. Jika gorden plastik kamar mandi Anda memiliki banyak noda air atau jamur, semprot noda tersebut dengan boraks dan air seminggu sekali. Membersihkan noda membandel di toilet dengan cara menyikat dengan boraks kering, lalu lap dengan cairan cuka organik dan air dan sabun cair sayuran organik.

  • Noda Cucian

Untuk noda sehari-hari, campurkan ¼ cangkir deterjen organik dengan ¼ cangkir glycerin organik, dan 1 ½ cangkir air. Semprotkan pada noda, lalu cuci pakaian Anda seperti biasa. Untuk noda bandel seperti karat, kopi, dan kecap, buat larutan dengan perbandingan yang sama antara air dan cuka putih organik. Rendam noda tersebut dengan larutan yang sudah disiapkan dan diamkan sejenak sebelum dicuci. Cek noda sebelum masuk ke pengeringan, jika masih ada, lakukan perlakuan yang sama. Jika tidak diulang, setelah pakaian masuk ke dalam pengering, noda tersebut akan terpanaskan dan mungkin akan menjadi permanen.

  • Noda Dapur

Untuk noda kecil seperti ceceran saus tomat atau anggur di permukaan kasar, taburkan permukaan terkena noda dengan garam dan perasan lemon. Diamkan sejenak, lalu sikat hingga noda hilang. untuk noda yang lebih sulit di permukaan kompor, campurkan 2/3 cangkir baking soda, ½ cangkir larutan sabun organik, dan air secukupnya. Tambahkan 2 sendok makan cuka putih organik. Campuran tersebut aplikasikan ke permukaan bernoda dan sikat dengan sponge atau sikat keras.

Selamat Mencoba

Sumber: nationalgeographic.com

Sumber foto: hiasanrumah.wordpress.com

Share: