1 February, 2011, 11:29 am, Editor: matoa

Pupuk Pemicu Bunga pada Tanaman Hias

Saat ini menanam tanaman hias menjadi trend di masyarakat. Banyak kalangan menjadikannya sebagai hobi. Tanaman hias seperti adenium, gelombang cinta, dam mawar menjadi tanaman yang disukai penyuka tanaman hias. Tanaman hias memiliki nilai esetetika yang mampu menghilangkan kepenatan seseorang di tengah kesibukan.

Salah satu tanaman hias bunga yang digemari adalah mawar. Bentuk kelopaknya yang cantik dan wanginya yang mempesona membuat mawar menjadi favorit semua kalangan, terlebih kaum hawa. Sayangnya, menanam mawar agar berbunga lebat bukanlah hal yang mudah. Perlu perhatian ekstra agar bunga tumbuh lebat.

Tanaman hias bunga membutuhkan unsur kalium (K) dan fosfor (P) dalam pembungaan. Umumnya tanaman mendapatkan unsur tersebut dari mineral yang ada dalam tanah. Namun persediaan mineral dalam tanah sangat terbatas sehingga belum bisa menunjang pembungaan pada tanaman hias.

Biasanya penjual bunga menggunakan bahan kimia tertentu seperti hormon sintetis untuk memicu pembungaan pada tanaman. Kita dapat merangsang pembungaan pada mawar dengan memanfaatkan kulit pisang. Kulit pisang mengandung 15% kalium dan 12% fosfor lebih banyak dari dagingnya.

Keberadaan kalium dan fosfor  yang tinggi pada kulit pisang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman hias bunga. Selain mengandung kalium dan fosfor yang tinggi, kulit pisang cenderung mudah ditemukan dan belum termanfaatkan maksimal.

Berikut merupakan tahap pengolahan yang dapat Anda lakukan untuk membuat pupuk dari kulit pisang.

  1. Terlebih dahulu, kulit pisang dipotong kecil-kecil.
  2. Selanjutnya, potongan kulit pisang tersebut dijemur agar tak ditumbuhi jamur.
  3. Kulit pisang yang kering dicampurkan ke tanah dengan perbandingan tanah dan kulit pisang 3:1.
  4. Jika Anda tak ingin terlalu repot, Anda dapat memasukkan kulit pisang hasil jemuran ke dalam pot yang telah berisi tanaman.

Cara mudah lainnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pembungaan pada tanaman hias adalah menyirami tanaman tersebut dengan air sisa kondensasi AC. Air dingin sisa kondensasi AC  ampuh menyuburkan tanaman hias mawar. Anda hanya perlu menyiram air tersebut ke tanaman mawar setiap hari. Tak hanya itu, memotong bunga kering secara rutin membantu tunas dan kuncup baru dapat tumbuh.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Sumber: godongijo.com dan klipingku.com

Sumber foto: bunga-ani.freevar.com

Share: