4 May, 2009, 7:26 am, Editor: budi

Rebung dari Halaman Rumah

rebung

Hari minggu yang lalu, saya bersama istri berkeliling kebun di sekitar rumah kami yang berlokasi di kaki gunung salak, saat itu golok dan sepatu bot sudah kami pergunakan, kenapa? karena kami sedang mencari rebung dari berbagai rumpun bambu yang kami miliki. Kami memiliki bambu andong, kuning, tali, hitam serta bambu betung. Dari semu bambu itu tidak tunas mudanya (rebung) bisa dimakan, hanya bambu betung, kuning dan hitam yang dapat kami ambil untuk dimasak.

Setelah mencari ke berbagi rumpun bambu akhirnya kami mendapatkan juga rebung yang kami cari, walaupun ukurannya tidak terlalu besar tapi dapat kami ambil untuk diolah menjadi sayuran. Pencarian bukan berhenti sampai rebung, namun kami terus mencari daun pepaya, setelah memetik 4 daun, akhirnya kami kembali ke rumah untuk mengolah rebung dan daun pepaya.

Istri saya hari ini ingin sekali memasak rebung dan daun pepaya, karena kami memiliki tanaman sendiri maka tidak perlu kami beli dari pasar, cukup memanennya di halaman rumah. Jadi bagi anda yang memiliki halaman yang cukup kenapa tidak menanam juga tanaman pangan, bisa apa saja, tidak hanya bunga, palem atau angrek sebagai tanaman eksotik. Dengan demikian kita memiliki sumber pangan di halaman rumah. Selamat mencoba.

Share: