6 June, 2011, 3:17 pm, Editor: matoa

Segudang Manfaat dan Khasiat Kelor

Pernah dengar pepatah “Dunia tak selebar daun kelor” yang berarti dunia amatlah sempit. Tapi, tahukah Anda daun kelor memiliki manfaat yang luar biasa. Tanaman rimbun ini memiliki rasa agak pahit, bersifat netral, dan tak beracun.

Tanaman kelor merupakan pohon tropis rimbun dengan kegunaan dan keuntungan yang sangat banyak dan menakjubkan. Bayangkan tanaman tunggalnya dapat mengobati kekurangan nutrisi, mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak, dan menghasilkan minyak kosmetik nomor satu.

Kelor merupakan spesies asli iklim tropis dan akan bertahan hampir di mana saja, walaupun kondisi lingkungan tak ramah. Bahkan di tepi gurun sahara yang merupakan padang pasir, pohon kelor tetap tumbuh. Pohon kelor sangat rindang dan rimbn dan menghasilkan kelompok bunga putih wangi yang berkembang menjadi biji polong panjang. Polong-polong ini biasanya panjang, berbentuk lingkaran, dan bersayap biji. Minyak kelor berasal dari biji-biji ini, yang digunakan untuk kosmetik dan industri lainnya.

Kulit akarnya mengandung minyak terbang. Biji tanaman kelor mengandung minyak ‘behen’, dan terdapat myrosine, emulsine, alkoida pahit tak beracun, serta vitamin A, B1, B2, dan C pada sel-sel tertentu. Kelor memiliki efek farmokologis seperti anti-inflamasi, anti-piretik, dan antiskorbut.

Tanaman kelor ditandai dengan sifat nutrisinya. Ketika dicicipi, bubuk daun kering ditemukan mengandung tujuh belas kali kalsium susu, lima belas kali potassium pada pisang, Sembilan kali protein yogurt, dan dua puluh lima kali kandungan zat besi pada bayam. Lebih jelasnya, tanaman ini sangat berharga karena kandungan nutrisinya. Sebenarnya, karena kandungan vitamin, mineral, dan protein yang seimbang, tanaman kelor telah digunakan lebih jauh untuk melawan kekurangan nutrisi di Afrika, dan telah dilaporkan memiliki kesuksesan yang tinggi. Dalam bentuk kering dan kapsul, kelor dapat menggantikan multivitamin sehari-hari Anda.

Selain itu, daun kelor dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit seperti:

-          Kurap (herpes) dan luka bernanah

Daun kelor ditumbuk dengan kapur, balurkan hasil tumbukan ke bagian luka.

-          Kurang nafsu makan, epilepsi, histeri, sariawan, sulit buang air kecil, badan lemah, sakit kuning, rematik, dan pegal linu

Akar kelor direbus sebanyak 1 jari dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu saring. Air rebusan diminum dua kali sehari masing-masing ½ gelas.

-          Beri-beri dan udim

Giling akar kelor, akar pepaya, dan kulit lawang, atau cengkih masing-masing 1 jari. Tambahkan air, peras, dan saring. Bagi air saringan menjadi dua bagian yang sama. Minum air hasil saringan sebanyak dua kali sehari.

-          Biduran dan alergi

Rebus 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, serta adas dan pulasari secukupnya dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air rebusan. Saring hasil rebusan lalu minum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

-          Rabun ayam

Tiga tangkai daun kelor ditumbuk hingga halus, kemudian seduh hasil tumbukan dengan 1 cangkir air masak dan saring. Tambahkan madu secukupnya pada air hasil saringan, aduk hingga merata. Minumlah sebelum tidur.

Sumber: ezinearticles.com dan kabarmadura.com

Sumber foto: zufarasita.wordpress.com

 

Share:

13 Komentar

  1. adalah pengalaman spiritual saya, sejak SMP dan SMA saya sering makan dengan sayur bening kelor, dan itu kesukaan saya sampai saat sekarang. Percaya atau tidak , saya menjadi kebal santet terkejam dinegeri ini, selain ibadah dan doa . Sewaktu saya kuliah di bandung , mulai semester III dan IV tiba2 suasana kuliah jadi ANEH , dan setiap hari : mimpi berangkat kuliah hanya pakai celana dalam dan singlet , terus dalam kepala saya ada yang berunding bicara dan menghina, memaki dsb, dan berlanjut keji dan kejam. Nah setelah saya sembuh ada bisik2 bahwa saya sulit dibunuh karena sering makan sayur daun kelor dan buah kelor, tapi yang jelas masih dilindungi dan dijinkan hidup oleh Allah subhanahu wa ta`alaa . . . . silahkan mencoba

  2. Info yang sangat bermanfaat. Hari2 saya makan kelor sjak kecil, br skarang tahu kandungan gizinya
    Trims….

  3. sangat bermanfaat untuk sya yang suka banget makan sayur kelor..apa lagi buatan nenek saya dengan bumbu rajang khas bali..mantabbbb..

  4. betul… betul… betul…
    kelor emang sayuran yang barkhasiat…
    apalagi sejak kecil aku suka sama kelor…
    sampai-sampai aku nanam sendiri ndk smping rumah…
    kelor emankb wenaakkk…!!!

  5. hhhmmm…
    kwlor tu emank sayuran yang enak..
    dan aku sangat menyukainya..
    apalagi kalau ibu aku yang masak dengan khas maduranya..
    wwiiiccchhh…
    muantaapppppppp…………!!!!

  6. pengalaman saya yg tdk sengaja,ternyata kelor dpt melancarkan BAB anak saya yg kekurangan bakteri dlm tubuhnya shg tdk bisa proses dg normal, suatu hari tdk sengaja kangen sama sayur kelor anak saya ikut makan eeee….. esok harinya …. lancar dech sampe skrg.

  7. dear Bpk/Ibu Acan,
    terima kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali.
    salam sahabat hijau

  8. Wass.
    Dear wawa,
    menurut referensi yang didapatkan, daun kelor berkhasiat mengatasi penyakit diabetes melitus.
    Semoga membantu

  9. terima kasih infonya mas, mudah-mudahan bermanfaat bagi yang melihatnya.

    NB:
    mas untuk lebih lanjutnya info mengenai khasiat daun kelor dari segi spritual boleh gak saya minta contac personnya. atas kesediaanya saya ucapkan terima kasih!!!!

  10. Hem,. LHADALA !Saya tdk berani makan sayur kelor karena katanya kesaktian yg kita miliki akan hilang/apes.Saya jg tidak tahu kalau manfaatnya cukup banyak.Yang saya tahu kata orang2 tua,pohon kelor dapat menangkal santet.Kita tanam pohon kelor di samping2 rumah,katanya akan dapat menangkal/menolak datangnya santet.Sekarang aku ingin mencoba manfaatnya…