28 September, 2010, 5:25 pm, Editor: matoa

Segudang Manfaat Dari Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan Lidah Mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Sansevieria punya banyak kelebihan, seperti mampu bertahan hidup pada rentang waktu suhu dan cahaya yang sangat luas, sangat resisten terhadap polutan, dan mampu menyerap 107 jenis polutan di daerah padat lalu lintas dan ruangan yang penuh asap rokok dan dapat menyerap radiasi barang elektronik. Beberapa polutan yang di serap oleh Sanseviera.

Keistimewaan :

  • Sansevieria merupakan jenis tanaman dengan tingkat penyerapan paling tinggi.
  • Perawatan tanaman yang murah
  • Selalu mengeluarkan zat O2 tanpa menghasilkan zat CO2 sehingga cocok di taruh didalam ruangan.

Manfaat               :

  • Biasa dimanfaatkan sebagai pagar rumah
  • Negara Jepang telah memanfaatkan serat tanamannya sebagai bahan pembuat kain dan kreasi anyaman
  • Tanaman ini menghasilkan wewangian saat sore hari terlebih ketika berbunga. Lidah mertua digunakan sebagai bahan parfum di beberapa negara maju
  • Bisa dijadikan bahan obat diantaranya;

a. Getah: Dapat digunakan sebagai obat antiseptik

b. Akar : Dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir

c. Daun : Bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala,

Bila di rebus sebagai obat diabetes

  • Bisa mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi maka, baik jika tanaman ini ditaruh disamping komputer atau televisi.

PerawatanTanaman :

  1. Tanaman ini bisa hidup dengan paparan sinar matahari maupun di dalam ruangan. Tapi bilaingin di simpan dalam ruangan, jangan lupa dijemur seminggu sekali agar tanaman tetap segar.
  2. Penyiraman hanya perlu dilakukan 1-2 kali seminggu. Terlalu sering menyiram justru akan membuat tanaman ini di hinggapi bakteri. Ketika menanam juga pilih media tanam (tanah, sekam bakar, pasir malang dan pakis)
  3. Pemupukan lidah mertua biasanya menggunakan pupuk yang tingkat penguraiannya lambat seperti(osmocote, dekastar dan megamp)

Ternyata tumbuhan Sansevieria ini yang perawatannya super mudah memiliki manfaat yang segudang. Ayo, tanam “Lidah Mertua.”[amd]

Sumber foto:http://koranpagi2008.multiply.com/calendar/item/10050

Share:

15 Komentar

  1. Terima kasih atas info tentang tanaman lidah mertua,

    Tolong siapa yang bisa bantu / kasih data secara hitung2 an nya
    berapa gram tanaman ini bisa menyerap polutan atau co2 ?

    Terima kasih sebelumnya

  2. kami pernah memposting artikel tanaman pengganti AC Plasmacluster yang berhubungan dengan yang Bpk tanyakan.
    semoga membantu.

    Salam Sahabat Hijau!

  3. emm, warga hijau mw donk di kasih tau gmn cra membuat obat dari lidah mertua ini, takaran2nya berapa gtu…
    terutama buat sakit kepala tu…

  4. emm, mw donk di kasih tau gmn cra membuat obat dari lidah mertua ini, takaran2nya berapa gtu…
    terutama buat sakit kepala sm anti septik tu…
    terima kasih. :)

  5. Mau tanya donk… Kok tanaman Lidah Mertua saya, yang tadinya subur, tiba2 ujung daunnya mengering semua…. apa kena vitus ya?

    Bagaimana cara merawatnya agar pulih kembali?

    Great Thanks

  6. Berikut info yang saya dapat:

    Jika tanaman Anda mengalami gejala seperti: muncul bercak kemerahan di permukaan daun yang melebar secara perlahan dan bercak ini mongering dan meninggalkan lingkaran kekuningan di batas bagian yang terinfeksi berarti tanaman sansiviera Anda terserang cendawan Fusarium moniliforme.
    Cara mengatasinya dengan buang dan musnahkan segera bagian tanaman yang sakit dan letakan di tempat terpisah dari tanaman sehat. Pemberantasan penyakit ini bisa dilakukan dengan fungisida seperti Amistar 250 EC.
    Untuk pencegahan, pastikan daun sansiviera selalu kering dan tak ada genangan air. Pemberian pupuk N yang berlebihan juga dapat memicu penyakit ini.

    Namun jika tanaman sansiviera Anda mengalami nekrosis dan miselium putih di permukaan daun dan menyerang seluruh bagian tanaman. Berarti tanaman Anda terserang penyakit bercak kering yang disebabkan Scelerotium rolfisii.
    Cara penyembuhannya dengan memotong bagian yang telah terinfeksi dan pisahkan dari tanaman sehat. Pengendalian penyakit bercak kering dapat dilakukan dengan menyemprotkan fungisida propinokonazol (Score 80 EC).

    Semoga membantu

    Salam Sahabat Hijau!

  7. . Satu helai daun Sansivera mampu menyerap formaldehid sebanyak, 0,938 Mg per jam, bahkan hasil penelitian Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan, Sansivera mampu menyerap 107 jenis unsur

  8. kalau begitu aku ingin taruh tanaman ini di saping komputerku, agar meminimalisir radiasi

  9. knp lidah mertua yg sy taruh d kmr mandi tdk bs menyerap bau ya,,, kmr mnd msh dgn aroma y sndr?????????? tlg sharing .ttrims

  10. terima kasih infonya…cuman saya ingin tanya apa tanaman lidah mertua bisa menyerap radiasi dari menara tower (sutet) ga…..terima kasih

  11. Dear Pak Hendi,
    menurut info yang kami dapat Lidah mertua mampu menyerap zat polutan berbahaya.

    trims,