29 September, 2011, 1:41 pm, Editor: matoa

Sehatnya Sinar Pagi dan Sore Matahari

Sinar matahari yang panas kadang membuat kita malas terkena paparannya. Padahal dengan meningkatkan pancaran sinar matahari ke tubuh, kesehatan akan meningkat. Sering kita melihat para bayi dijemur di bawah sinar matahri di pagi hari agar bayi tersebut tumbuh sehat dan kuat.

Tubuh kita memerlukan pancaran sinar matahari untuk meningkatkan kesehatan kita. Sayangnya, banyak orang mengira sinar matahari dapat membuat kulit lebih hitam, bahkan terkena kanker kulit.

Tubuh manusia perlu untuk terkenan paparan sinar matahari untuk memproses pro-vitamin D yang ada pada tubuh. Vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh (lihat di sini), namun yang terpenting adalah memperkuat tulang tubuh. Tanpa mendapatkan pancaran sinar matahari yang teratur, vitamin penting ini tidak akan tersedia di tubuh. Penyakit tulang rapuh dan kecelakaan tulang yang serius akan terjadi ketika tulang kekurangan kekuatan.

Bukan hanya tulang yang membutuhkan pancaran sinar matahari yang teratur. Mendapatkan pancaran sinar matahari yang rutin juga akan membantu tubuh Anda memelihara kesehatan saraf, zat besi dalam darah, dan kesehatan otot.

Di negara yang masyarakatnya tidak takut akan pancaran sinar matahari, memiliki tingkat kesehatan yang meningkat. Orang yang tinggal di wilayah Eopa dan Amerika Utara menderita karena kekurangan pancaran sinar matahari. .

Di samping manfaat sinar matahari bagi kesehatan, ternyata ada juga kelemahannya. Berjemur terlalu lama di bawah sinar matahari pada waktu siang hari sebaiknya jangan dilakukan. Kanker kulit merupakan penyakit yang serius yang disebabkan karena gagal melindungi kulit dari sinar matahari. Kesehatan merupakan keseimbangan, jika terlalu banyak yang kita konsumsi, maka hasilnya pun tidak terlalu baik. Sama halnya seperti menghabiskan waktu yang lama untuk beraktivitas pada siang hari akan mengakibatkan masalah kesehatan, contohnya kanker kulit.

Cara yang paling aman untuk mendapatkan manfaat sinar matahari adalah dengan berjemur selama 15 menit, 2-3 kali seminggu pada jam 6-9 pagi dan 4-6 sore. Selain asupan vitamin D cukup, tubuh akan lebih segar. Hal sederhana yang berguna bagi kesehatan ini sangat mudah dilakukan dan tidak menguras uang Anda.

Selamat mencoba

 

Sumber: ezinearticles.com dan matoa.org

Sumber foto:  id.news.yahoo.com

Share:

2 Komentar

  1. kalo matahari sore bikin hitam ga ?
    kalo matahari sore manfaatnya sama ga dgn matahari pagi ?
    matahari pagi kan udah terbukti manfaatnya

  2. Dear Nimi,
    sinar matahari pagi mulai matahari terbit hingga jam 9 pagi manfaatnya sama dengan mathari sore dari jam 4 sore hingga terbenam.
    Sinar matahari pada jam-jam tersebut mengandung pro-vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

    Semoga membantu.

    Salam Sahabat Hijau!!