18 August, 2011, 4:20 pm, Editor: matoa

Selamatkan Jalak Bali

Jalak Bali atau Bali Starling merupakan mascot Pulau Bali. Burung yang berbulu putih ini dikategorikan sebagai terancam punah oleh Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Hal tersebut dikarenakan jalak bali memiliki daerah sebaran dan populasi yang sangat kecil, serta terancam akan penangkapan untuk diperjualbelikan secara ilegal.

Burung yang kira-kira berukuran 25 cm ini memiliki ciri-ciri berjambul putih, hampir seluruh tubuhnya ditutupi bulu putih yang panjang, sayap hitam tipis pada ujungnya, dan kulit biru tua pada mata dan kakinya.

Burung yang merupakan spesies endemik di Pulau Bali ini memiliki populasi kira-kira 300 – 900 individu di tahun 1900an. Sayangnya, karena adanya penangkapan ilegal jalak bali, populasi menurun drastis menjadi 15 individu pada tahun 1990.

Usaha konservasi jalak bali terus dilakukan dengan melepaskan beberapa burung dari penangkaran. Usaha ini mampu meningkatkan populasi jalak bali menjadi 35 – 55 individu. Usaha konservasi terus dilakukan dengan program perkawinan jalak bali, namun populasi jalak bali terus mengalami fluktuasi. Hingga akhirnya mencapai enam individu di tahun 2001. Tahun 2005, ditemukan 24 individu berdasarkan survey dan tahun 2008, populasi jalak bali mencapai kira-kira 50 individu di Taman Nasional Bali Barat. Penangkaran di Pulasi Nusa Peninda, tercatat populasi jalak bali sekitar 65 dewasa dan 62 remaja di tahun 2009.

Musim kawin jalak bali terjadi di bulan Oktober – November, biasanya perkawinan jalak bali terjadi di pohon dan pohon palem, dan berdekatan dengan hutan monsoon (kelembaban musim gugur tropis) di bawah 175 m. Pada musim non-kawin, burung berada di tepi hutan dan savana.

Ancaman terbesar jalak bali adalah penangkapan oleh para pemburu yang kemudian diperjualbelikan secara ilegal. Masalah ini diperparah dengan hilangnya habitat asli jalak bali karena terus menurunnya kawasan hutan di Bali. Dengan populasi yang sangat kritis, ancaman lain juga mengikuti seperti erosi gen, kompetisi interspesifik, predator alami, dan penyakit.

Usaha konservasi yang sedang dilakukan adalah penangkaran Burung Nusa Penida. Perencanaan mengenai perkawinan dan perdagangan jalak bali legal di pasar terbuka sedang berjalan. Hal ini dilakukan agar perdagangan jalak bali secara ilegal bisa dihentikan.

Selamatkan Jalak Bali untuk Indonesia Biodiversity

 

Sumber: birdlife.org

Sumber foto: wisatabalionline.com

Share:

2 Komentar

  1. tlng untk masyarat indonesia.. kita haruz bs melindungi alam atau htn.. karna kita jg haruz menjaga keutuhan alam dan hutan di indonesia.. agar satwa2 endemik yg ad di indonesia tdk punah.. dan alam sndiri bs melindungi kita jg.. untk penakaran jalak bali truzz berkembang dan segera bs meningkatkan populasinya.. smga masyarakat kita bs berfikir bahwa sangatlah pinting kita melestarikan alam dgn baik.. hindari ilegallogin.. karna itu adalah sebuah musibah bg kita jk kita tdk bsa merawat alam..