17 December, 2010, 1:24 pm, Editor: matoa

Tanaman Obat dan Khasiatnya

sosor bebek

Seringkali kita tak sadar tanaman di sekitar kita memiliki khasiat mengobati berbagai penyakit. Bagi Anda yang belum mengetahui khasiat daun sendok, sirih, sosor bebek dan harmoni. Berikut disajikan manfaat tanaman-tanaman tersebut.

Tanaman yang memiliki nama latin Plantago Mayor ini termasuk tanaman yang mudah ditemui di sekitar kita. Bentuk tanaman ini menyerupai sendok, sangat sederhana. Namun, daun sendok memiliki khasiat yang luar biasa, di antaranya anti inflmasai (anti radang), diuretic (peluruh kencing), menghentikan batuk (antiusif), antiseptic, aphrisidiac (meningkatkan kemampuan seksual), memperbaiki penglihatan, dan menormalkan hati (lever).

Lain halnya dengan daun sendok, sirih memiliki khasiatnya sendiri. Tanaman merambat ini memiliki khasiat mengobati sakit mata, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronchitis, sariawan, dan luka.

Selain itu, sirih disinyalir mampu dimanfaatkan untuk mengurangi produk ASI, keputihan, sakit jantung, sifilis, alergi, diare, dan mampu menghentikan pendarahan hidung, gusi, dan sakit gigi berlubang.

Sosor bebek atau dikenal dengan cocor bebek memiliki daun yang cukup tebal dan banyak mengandung air. Selain itu memiliki berbagai bahan kima yang berkhasiat bagi kesehatan. Menurut penelitian di Jepang, daun sosor bebek memiliki efek penghambat pengaktifan antigen awal virus Epstein-Barr (EBV-EA).

Tak hanya itu, sosor bebek mempunyai rada sedikit asam, lunaj, dan dingin. Tanaman ini mengandung zat asam lemon, zat asam apel, vitamin C, alkaloid, flavonoid, quercetin-3-diarabinoside, dankaempferol-3-glucoside.

Sosor bebek berkhasiat sebagai anti tumor dan anti radang untuk menghentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan, dan memperepat pertumbuhan luka. Beberapa khasiat sosor bebek adalah, mengobati wasir, pengobatan luar liver, perut mulas, menurunkan demam, mengobati radang amandel, dan radang telinga luar.

Sama halnya dengan sosor bebek, tanaman roemary berkhasiat mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan, melalui pencangkokan tanaman ini dapat tumbuh. Selain itu, tanaman obat berbunga ini tahan hama dan penyakit.

Anda sudah mengetahui tanaman dan khasiatnya. Saatnya Anda menanam di rumah dan mencoba khasiatnya.

Sumber: etalasemuslim.com, produk-kesehatan182.blogspot.com, faridbj.blogspot.com, dan flo-lovers.dinogroups.com

Sumber foto: tanamanherbal.wordpress.com

Share:

Satu Komentar

  1. baiklah saya kan coba,, mudah”n saya cpet smbuh dari pnyakit ini,, makasih y,, semoga dapt bermanfaat..:)