12 May, 2008, 1:46 pm, Editor: matoa

Tata Cara Pembuatan Kompos Cair

Dalam pengolahan kompos ini, peran masyarakat cukup tinggi. Karena budaya ini lebih efektif bila dimulai dari rumah sendiri, yaiu menumbuhkan kebiasaan untuk memisahkan sampah kering (non-organik) dan sampah basah (organik). Kenapa harus dipisahkan? karena kedua sampah tersebut pemanfaatannya berbeda, yakni : sampah kering bisa didaur ulang menjadi berbagai macam barang, sedangkan sampah organik bisa dimanfaatkan menjadi kompos dan pupuk cair. Pupuk yang dihasilkan dari sampah organik ini biasa disebut dengan pupuk organik. Selain menyehatkan lingkungan, keunggulan lain dari pupuk organik ini adalah dapat membantu revitalisasi produktivitas tanah, menekan biaya usaha tani, serta meningkatkan kualitas produk.

Pada dasarnya, sampah organik tidak hanya bisa dibuat menjadi kompos atau pupuk padat, tetapi bisa juga dibuat sebagai pupuk cair. Pupuk cair ini mempunyai banyak manfaat. Mulai dari fungsinya sebagai pupuk, hingga sebagai aktivator untuk membuat kompos.

Untuk membuat kompos cair dibutuhkan alat atau wadah yang disebut komposter. Yakni sebuah tempat yang dibuat dari tong sampah plastik atau kotak semen yang dimodifikasi dan diletakkan di dalam atau di luar ruangan. Komposter ini bertujuan untuk mengolah semua jenis limbah organik rumah tangga menjadi bermanfaat.

Adapun langkah-langkah untuk melakukan pengomposan dengan menggunakan komposter, adalah sebagai berikut :

1. Pilih sampah organik seperti sisa makanan, sisa sayuran, kulit buah, sisa ikan, dan daging segar agar terpisah dari sampah. Sampah berupa plastik, kardus bekas minyak, oli, beling, dan air sabun harus dipisahkan agar prosesnya berjalan cepat.

2. Sampah yang berukuran besar seperti batang tanaman, sayuran daun, atau kulit buah yang keras sebaiknya dirajang terlebih dahulu agar pembusukannya sempurna. Selain itu, volume sampah yang terapung juga semakin banyak.

3. Siapkan cairan bioaktivator boisca, yakni salah satu bioaktivator yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengomposan. Bioaktivator ini berfungsi untuk membantu mempercepat proses pembusukan.

Tata cara penggunaannya sebagai berikut, Pertama, siapkan sprayer ukuran 1 liter. Kedua, isi sprayer dengan air. Sebaiknya gunakan air sumur karena tidak mengandung kaporit. Namun, jika ingin memakai air PAM, air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu selama satu malam. Tujuannya agar kaporitnya menguap. Pasalnya, kaporit di dalam air bisa mematikan mikroba yang ada di dalam boisca. Ketiga, tambahkan boisca ke dalam sprayer dengan perbandingan 1 liter air ditambah dengan 1-2 tutup botol boisca. Dan, Keempat, kocok-kocok sampai merata. Setelah itu, cairan siap digunakan.

4. Setelah sampahnya terkumpul dan dirajang, masukkan seluruhnya ke dalam komposter, lalu semprotkan boisca hingga merata ke seluruh sampah dan tutup rapat komposter.

5. Pada awal pemakaian, komposter baru bisa menghasilkan lindi (air sampah) atau kompos cair setelah dua minggu. Selanjutnya, pemanenan lindi dilakukan setiap 1-2 hari sekali.

Teknik pembuatan kompos cair ini diungkapkan Sukamto Hadisuwito dalam buku Membuat Pupuk Kompos Cair yang diterbitkan oleh AgroMedia Pustaka. Buku ini berisi tentang tip mengolah sampah di rumah sendiri, jenis-jenis pupuk organik padat dan cair, manfaat pupuk organik cair, serta aplikasi pupuk cair pada tanaman.

Terimakasih, dan selamat mencoba……

Referensi Lainnya:  petanidesa.wordpress.com

Share:

210 Komentar

  1. mohon diberi informasi proses setelah menjadi lindi di dlm komposter apa selanjutnya yg harus dilakukan ? Apa harus diperas atau…………..???????? trims atas bantuannya.

  2. saya ingin mendalami tata cara membuat pupuk kompos,apa ada bk penuntun utk pembutaan pupuk kompos dan bokashi.

  3. untuk kang yusuf, segera akan kami kirimkan informasi mengenai cara pembuatan pupuk kompos dan pupuk bokashinya dalam bentuk electronic books.

  4. cairan boisca apa ya pak…
    dimana sy bs mendapatkannya? apa bisa diganti dengan yang lain, yang sekiranya mudah didapat.

  5. boisca itu sejenis bioaktivator untuk pengomposan yang dapat disubsitusi dengan EM4. EM4 dapat anda beli di toko-toko pertanian. Atau anda dapat membuatnya sendiri, ini cara pembuatannya :
    Bahan-bahan :

    Susu sapi atau susu kambing murni.
    Isi usus (ayam/kambing), yang dibutuhkan adalah bakteri di dalam usus.
    Seperempat kilogram terasi (terbuat dari kepala/kulit udang, kepala ikan) + 1 kg Gula pasir (perasan tebu) + 1 kg bekatul + 1 buah nanas + 10 liter air bersih.
    Alat-alat yang diperlukan :

    Panci, kompor dan blender/parutan untuk menghaluskan nanas.

    Cara pembuatan :

    Trasi, gula pasir, bekatul, nanas (yang dihaluskan dengan blender) dimasak agar bakteri lain yang tidak diperlukan mati.
    Setelah mendidih, hasil adonannya didinginkan.
    Tambahkan susu, isi usus ayam atau kambing.
    Ditutup rapat. Setelah 12 jam timbul gelembung-gelembung.
    Bila sudah siap jadi akan menjadi kental/lengket.
    Perlu diperhatikan susu jangan yang sudah basi karena kemampuan bakteri sudah berkurang. Sedangkan kegunaan nanas adalah untuk menghilangkan bau hasil proses bakteri.

    Adapun prosedur pembiakan bakteri EM4 adalah sebagai berikut:

    Bahan dan Komposisi:

    1 liter bakteri
    3 kg bekatul (minimal)
    ¼ kg gula merah/gula pasir/tetes tebu (pilih salah satu)
    ¼ kg terasi
    5 liter air
    Alat dan Sarana:

    Ember
    Pengaduk
    Panci pemasak air
    Botol penyimpan
    Saringan (dari kain atau kawat kasa)
    Cara Pembiakan:

    Panaskan 5 liter air sampai mendidih.
    Masukkan terasi, bekatul dan tetes tebu/gula (jika memakai gula merah harus dihancurkan dulu), lalu aduk hingga rata.
    Setelah campuran rata, dinginkan sampai betul-betul dingin! (karena kalau tidak betul-betul dingin, adonan justru dapat membunuh bakteri yang akan dibiakkan).
    Masukkan bakteri dan aduk sampai rata. Kemudian ditutup rapat selama 2 hari.
    Pada hari ketiga dan selanjutnya tutup jangan terlalu rapat dan diaduk setiap hari kurang lebih 10 menit.
    Setelah 3-4 hari bakteri sudah dapat diambil dengan disaring, kemudian disimpan dalam botol yang terbuka atau ditutup jangan terlalu rapat (agar bakteri tetap mendapatkan oksigend ari udara).
    Selanjutnya, botol-botol bakteri tersebut siap digunakan untuk membuat kompos, pupuk cair maupun pupuk hijau dengan komposisi campuran seperti yang akan diuraikan dibawah ini.
    Catatan: Ampas hasil saringan dapat untuk membiakkan lagi dengan menyiapkan air kurang lebih 1 liter dan menambahkan air matang dingin dan gula saja.

    sumber : http://www.nguntoronadi.wonogiri.org

  6. pak saya sedang uji coba pembuatan kompos cair tetapi yang belum kami ketahui adalah bagaimana cara menilai bagaimana bahwa kompos itu sudah terpenuhi syarat secara kasat mata atau bau mohon keterangannya

  7. tolong dong, bentuk, model ukuran dan gambar dari tong sampah itu dapat dikirimkan ke email kami kah?
    Trims bantuannya.

  8. Komposter adalah media penyimpan bahan kompos yang berasal dari sampah organik seperti sisa sayuran, makanan, daging dan ikan yang dicampur dengan aktivator dan penggembur menjadi adonan kompos. Bahan adonan dapat berasal dari sampah organik dari dapur, pemukiman, pasar, hotel, restoran, mall, dan lain – lain

  9. Saya ingin mengajak karang taruna di dareah saya utk mengatasi sampah dengan cara membuat kompos cair, dimana saya dapat memperoleh informasi dan pelatihan kompos cair tsb dan kami ada didaerah cilengsi bogor. Terimakasih atas bantuannya

  10. tks, mas ubay..
    to, mas edyasa silakan maen ke workshop kami, di jatisari – jatiasih-bekasi, kalo dari cilengsi lewat kranggan alternatif cibubur saja. nanti kami ajarkan pengolahan sampah menjadi kompos/pupuk, padat dan cair. jika tidak mampu, cukup bawa keterangan dari keluarahan setempat (surat pengantar organisasi yg dilegalisasi kelurahan)

    sms saya di 021-68709301

    salam lestari
    ritapunto

  11. slamat pagi mas/mbak…..

    tolong di bagi ilmunya tentang pembuatan pupuk kompos dari sampah organik cair bserta diagram alir prosesnya, terimakasih.

  12. trima kasih pak/ibu,
    akhirnya ketemu juga cara bikin pupuk cair. mau tanya :
    1. kira2 berapa harga bioaktivator boisca/EM4?
    2. apakah limbah rt harus menunggu penuh/ditmpung dahulu atau bagaimana ?
    3. kalau ada panduan pengkap mohon di-email.
    terima kasih

  13. mohon informasi pembuatan pupuk cair yang ada kandungan bakteri yg berguna untuk kesuburan tanah.
    jujur, saya sangat awam di bidang ini tapi saya ingin mencoba sesuatu yg baru karena saya hobiis tanaman.
    terima kasih banyak atas bantuannya.

  14. mohon info selengkapnya tentang pembuatan pupuk cair termasuk harga bioaktivator biosca.

    terima kasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, mas….

  15. Untuk mas Dias, Bioaktivator boisca dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

  16. tolong jelaskan berapa hari dalam pembuatan pupuk cair tersebut dan dilain segi saya ingin membutuhkan referensi dari manfaat ekstrak daun lamtoro sebagai pupuk cair

  17. Terima kasih informasinya tentang pembuatan pupuk cair.
    Mari kita hijaukan bumi ini kembali dengan usaha sederhana ini.

  18. Bung Ubai Yth,
    Salut buat bung yg selalu memperhatikan lingkungan hidup, ini berarti selalu memperhatikan sesamanya, mudah2an Yang kuasa akan membalas amal baik BUng.
    artikel bung membuat saya tertarik, kayak nya ada peluang usaha nya kalu dikelola dengan serius, bisa cipta in lapangan kerja baru,, ha,,he…
    sebetulnya saya dah baca bukunya tapi gak jel as untuk pembuatan konstruksi paralon didalam tong nya. mohon di kemurahan hati nya untuk gambar sket konstruksi dalamnya dmk, maaf saya gak bisa bala apa-apa, mudah2an YMK yg membalas nya..

  19. saya sedang mencari informasi tentang pembuatan kompos (padat dan cair) yang sederhana dari limbah rumah tangga. maksudnya yang gak perlu banyak biaya. bisa tolong info lengkapnya?
    rencana kedepannya saya akan mensosialisasikan ke warga sekitar tempat tinggal saya. lalu akan saya kelola secara bersama2 sehingga dapat memberikan manfaat ganda. baik untuk lingkungan juga penghasilan tambahan bagi warga lingkungan tempa tinggal saya.

    terima kasih infonya.

  20. saya sedang mencari gambar-gambar proses pembuatan pupuk cair..
    saya mau contoh-contoh gambarNya..
    makasih.

    lugy

  21. Saya sangat tertarik tentang pembuatan kompos cair maupun padat dan berencana untuk mencobanya, dari buku yang pernah saya baca dikatakan agar tidak mencampur daging dan tulang kedalam sampah yang akan dibuat kompos, karena akan menghambat pembusukan. Mohon penjelasan?
    Bisa kah saya mendapat e-book mengenai pembuatan kompos RT ataupun untuk usaha? TKS.

  22. Saya juga penghobi tanaman mau tanya pada para pakar apakah air limbah dari tampungan air buangan di rumah baik untuk siram tanaman ? terimakasih

  23. Salam Hijau….
    Saya tertarik untuk bikin kompos skala rumah tangga yang mungkin akan saya tularkan kepada tetangga. Kalau boleh aku dikirimi makalah cara bikin kompos dong…..
    Thank’s

  24. Kami berencana mengembangkan cara mengomposan ini bagi lingkungan kami di kota Malang. Mohon kiranya dapat dijelaskan persyaratan pembuatan pupuk cair itu dan berapa kira-kira ongkos produksinya?
    Matur suwun

  25. Saya sedang membutuhkan buku panduan membuat kompos/bokasi sehubungan dengan kondisi lahan pertanian di daerah kami sudah mulai kurus karena penanamaan tanakan sejenis menahun.

    Mohon dibantu juga mengenai bahan pembuat dan tempat memperolehnya.

    Demikian kami samapaikan.

    mail saya:
    rumbo_danni@yahoo.com

  26. bagaimana cara membuat komposter untuk skala rumahtangga?
    kalau sudah ada yang jadi dimana bisa membelinya dikota semarang?
    saya juga mau dong info yang dikirim untuk pak agus pramono krn sy juga seorang guru

  27. Selamat pagi Ibu Irawanti, kami telah mencoba untuk mengirimkan informasi tersebut melalui alamat email Ibu, namun ternyata alamat email yang Ibu berikan bermasalah. Dapatkah kami memperoleh alamat email Ibu yang benar?
    Terima kasih sebelumnya.

  28. Selamat pagi Pak Agustinus,

    Biasanya kompos tersebut ditampung oleh para pedagang tanaman hias. Harganya bisa lebih dari Rp. 10.000,-/liter.

  29. Terimakasih atas infonya, tapi dimana saya bisa mendapatkan bioktivator boisca tersebut di kota malang dan kira2 berapa harganya?

  30. Salam lestari….
    Saya sangat tertarik mempelajari pembuatan kompos skala rumah tangga guna mengurangi penumpukan sampah yang ada dilingkungan kami yang mungkin juga dapat kami tularkan kepada lingkungan sekitar. Kalau boleh saya minta dikirimkan makalah cara pembuatan kompos dong…..
    Trimakasih sebelumnya

  31. Untuk Ibu Lely: Sejauh ini Bioaktivator boisca baru dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    Untuk Pak Sigit, informasinya sudah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

  32. Wah trimakasih atas informasinya, cairan boisca itu hanya bisa didapat dari Pak Sukamto ya? katanya EM4 hanya untuk pupuk padat? …
    Saya sudah coba buat komposter cair dirumah *dapet informasi dari Internet juga*,…tapi kok hasilnya gak seperti yang diceritain ya? 1 minggu banyak belatung gede sama kecil-kecil, minggu ke-2 belatung berkurang tapi kok ada lalat gede-gede ya? … trus airnya nggak ada? jadi bingung… kalo di Bandung ada gak yang jual boisca? …

    Alternatif pengganti boisca ada nggak? …bagi informasinya duoong …thx lhow..:”>

  33. Sahabat Matoa,

    Ada info dari milis yang saya ikuti mengenai Pelatihan Membuat Sampah Organik menggunakan Keranjang Takakura.

    Mau dengar lebih banyak dan ikut pelatihan tentang cara daur ulang sampah organik dengan memakai KERANJANG TAKAKURA dengan mantan menteri kehutanan, Bapak Djamaludin dan isterinya, Sri Murniati Djamaludin?

    Hari : Sabtu
    Tanggal : 22 November 2008
    Waktu : 9.00 – 11.00
    Tempat : Kebun Pembibitan & Pengomposan KARINDA,
    RT 013/RW 03, Bumi Karang Indah, Lebak Bulus
    Jakarta Selatan

    Pendaftaran melalui SMS ke Djatnika Soekarta, hp. 0816923810.
    Konfarmasi dalam 24 jam.

    Tempat terbatas, segera daftarkan diri anda.

    Salam

    Djatnika Soekarta
    T: 021 424 0810
    HP: 0816 923 810

  34. saya sangat tertarik mengenai masalah pengolahan sampah.
    Di kampus saya akan mulai digalakkan usaha pengolahan sampah menjadi kompos.
    Tapi saya masih sangat awam mengenai masalah ‘perkomposan’.
    Kalau boleh, saya minta info mengenai jenis dan cara pengolahan sampah termasuk pembuatan kompos.
    kirim langsung ke dianika_putri@yahoo.co.id

    Salam Kenal!!

  35. kami beserta para siswa/siswi skolah di sebuah lembaga pendidikan di kaltim baru memulai belajar memproduk pupuk organik, namun dengan segala keterbatasan pengetahuan kami ttg bagaimana cara memproduk yang baik, maka dengan segala kebaikan yang dimiliki oleh pihak yang telah menguasai materi tsbt, maka kami minta tuk dikirimi makalah pupuk organik bubuk dan pupuk organik cair. tu smua bertujuan tuk mengurangi sampah yang bersekahan setiap hari di sekolah kami. thanx

  36. Pak Achmad, makalah mengenai pupuk organik cair dan padat telah kami kirimkan ke alamat email Bapak.

    Ubaidillah Syohih
    Program Officer MATOA Albarits

  37. salam hijau
    alhamdulillah semuanya peduli dengan lingkungan dan hijaukan dunia ini,
    sy ingin memberi info tentang penanggulangi sampah rumah tangga dan mendapat hasil pupuk cair yg bisa disebut juga dengan lindi,semuannya bisa di per oleh di bapak sukamto hadi suwito.
    telp.021. 420 4565
    hp. 0811954039
    email : sukamtohadisuwito@yahoo.co.id

  38. please mhn bantuan proposal atau tatacara bikin ppk organik cair dll. kasian petaniku lg mumet ppk susah dan mahal

  39. Mas ubay thanks banget yah infonya, akan kucoba dan kusebarkan disekitarku juga petaniku sayang, mohon info selanjutnya dan maaf merepotkan nih

  40. dear p.ubai,
    Mohon bantuannya untuk mengirim carapembuatan komposter dan bagaimana hasilnya apabila kita menggunkan pupuk cair untuk penanaman padi.
    Gmn cara penggunaanya juga dosisnya?
    Tolong kirim ke email kami ya pak!
    Tks a lot.

    Regards
    Tutik
    Jogja

  41. Yth Matoa,

    Mohon info yang komplit, kalau bisa dengan gambar2 alat2 yang dipakai, ini sangat bermanfaat buat para petani yang sedang kesulitan mendapatkan pupuk anorganik, saya rasa pupuk organik baik kompos maupun pupuk cair bisa jadi solusi.

    yang sekarang dibutuhkan adalah sosialisasi cara pembuatan dan cara pemakaian, info dari matoa sangat berharga bagi kami, kami siap untuk mensosialisasi kepada para petani yang kebetulan belum bisa mendapatkan informasi ini,,

    Salam hijau daun,
    yusdi nurfauzi
    yusdi_nf@yahoo.com
    081210226975

  42. yth,matoa
    mhn bantuan dan info untuk penjelasan dan skema pembuatan kompos cair.mudahan bisa diaplikasikan untuk mengatasi penumpukan sampah di komplek perumahan kami.

    salam
    iyan,kalsel
    iyan1974@yahoo.co.id
    081349607744

  43. kami keluarga baru di pasuruan. . dan ingin menambah penghasilan keluarga sekaligus hidup sehat dengan cara memanfaatkan limbah rumah tangga… yang cukup membuat kami kebingungan dan merasa sayang bila harus dibuang.

    mohon kami dikirimi cara2 membuat pupuk cair ataupun kompos. beserta harga peralatan yang dibutuhkan dan kira2 berapakah modal yang harus saya siapkan untuk mendapat peralatan maupun aktifatornya.

    jangan lupa cara sosialisai ke petani dan cara mengemas pupuk.
    terimakasih.

    salam kenal
    aris & yuli
    0856 308 4258
    kunang_7@yahoo.com

  44. bagaimana cara membuat pupuk kompos cair naupun yang tidak cair, mohon dikirim ke email saya

  45. mhet msh lom au bnak tntang prtanian N mhet gi mendalami skaligus blajar, cos buat pa maen trus klo jung2’y susah !

    mendingan kta batasi maen n kta dalami dech tntang perihal tsb. tar ksh au mhet’y !!

    GOOD jOB

  46. bagaimana cara menjual pupuk cair,apa kemasan yg baik pakai merek atau bagaimana? dan bagaimana cara mengetahui komposisi pupuk cair maupun padat dan dimana ? untuk didaerah probolinggo

  47. saya sudah baca tenatng pembuatan pupuk organi cair, saya tertarik untuk membuatnya, tapi gimana cara membuat bioaktovator. oh ya mohon info juga tekni pembuatan pupuk organik padat. terima kasih

  48. mas ubai, sy sdh coba pembuatan kompos cair di rmh dan hasil lindi nya berwarna coklat, apa hrs warna coklat atau tergantung dr jenis sampahnya? air lindi yg berwarna apa dikatakan pembuatan kompos itu berhasil? jk perbandingan 1 lt air di campur 1-2 tutup btl boisca, apa bs ditambah air & boisca dgn perbandingan tsb? jk sdg berlangsung proses pembuatan kompos, apa bs sy tambahkan/masukkan ke dlm komposter tiap hari sampah2 yg baru? klo bs bagaimana caranya & apa yg hrs pertama kali dilakukan thd sampah2 baru tsb?…trm ksh.

  49. Mas, apakah anda punya teman namanya Koesworo dari teknik sipil ugm angk 81 ?
    Dia minta tolong saya untuk mencarikan alamat anda. kalau memang benar silahkan kontak saya di email adityascraft@yahoo.com atao hp 08562865099

    Wintono Adi Sasongko

  50. Yth Matoa,
    Mohon Bantuan, bisakah saya mendapatkan video tatacara pembuatan pupuk kompos cair dari sampah rumah tangga? saya ingin mengajarkannya pada murid murid saya dan menularkannya pada tetangga. Atau, adakah tempat yang bisa saya datangi untuk pelatihan pembuatan kompos cair, supaya bisa bertanya lebih jauh. Misalnya, jika dosis pemberian pupuk cair terlalu banyak, apakah tidak menimbulkan pH yang asam? kemudian, pupukcair apakah tidak menyebabkan berkembang biaknya dan menyebarkan bakteri patogen?
    Bagaimana dalam pembuangan sampah yang mengandung minyak atau santan?

    Satu hal lagi, bagi teman teman di forum ini, bisakah menunjukkan tempat untuk pelatihan pembuatan tas/produk produk dari plastik kemasan? atau tempat yang bersedia menampung limbah plastik kemasan tersebut.

    Terima kasih, mohon direspon, semoga Allah merahmati anda.

  51. Sangat ramah lingkungan.. perlu didukung dan dibantu 100%. Semoga kesadaran seperti ini bisa menyeluruh ke masyarakat Indonesia.

  52. Minta tolong dong apabila ada yg mnt info dikirim ke email jg ditampilkan keforum spya yg lain jg tau.tx

  53. mas ubai
    apakah kompos itu cocok di gunakan di lahan coklat, dan apa bedanya dengan pupuk biasa. karena di daerah kami masyarakat yang berkebun selama ini menggunakan pupuk urea, namun karena kelangkaan dan melambungnya pupuk kita berniat menggunakan pupuk kompos. terima kasih sebelumnya

  54. satu hal
    cara buat alat komposter bisa di open gak ya ???
    tentunya yg sederhana untuk rumahan..ada tong plastik ada kran air ada pralon ada filter dll mohon di berikan skema detail

  55. pak saya mau buat bokasi dari bahan dari sampah gulma di perkebuan saya.apa saja campurannya dan bgmn teknis pembuatannya.mohon info

  56. saya sangat tertarik tulisan bapak tentang pembuatan kompos padat dan kompos cair.mohon sekiranya berkenan, saya dikirimi via email. insya allah pengetahuan tersebut akan saya sebarluaskan demi menjaga bumi ini tetap layak untuk dihuni manusia.trimakasih

  57. Saya tertarik dengan pembuatan kompos organik,mengingat dilingkungan saya sendiri banyak sekali sampah yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat kebanyakan. Untuk itu saya mohon untuk diberikan penjelasan secara mendetail berkaitan dengan pembuatan kompos organik berikut cara penggunaan,bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatan bahan/alat2ya. Dan kalau bisa kemungkinan2 pemasaran pupuk organik tersebut. Salam Sukses dari saya.

  58. salam tani..
    pak saya tertarik pertanian organik mnta bantuannya untuk bsa berbagi ilmu tentang pmbuatan praktis EM4,dan pupuk organik baik yang cair maupun padat.serta gambar denahnya. terimakasih
    email saya: rif_antersz@yahoo.com

  59. saya sangat tertarik tulisan bapak tentang pembuatan kompos padat dan kompos cair serta gambar denahnya .mohon saya dikirimi via email. .trimakasih

  60. pak,kalo ad hal2 yang terjadi dalam pengolahan EM4 bikinan sendiri ky ad belatungnya atau ad hewan2 pembusuk gitu bener gak sih cara pembuatannya??kalo ada salah tolong dibantu dan bagaimana yang benar,makasih!

  61. Pohon2 yg berkayu di sktr rmh sy tdk dpt tumbuh subur, diduga krn tanah tsb mengandung rayap. Ada g pengaruh positip pemberian pupuk cair thd kesuburan tanah walaupun tanah tsb mengandung rayap?

  62. Pak mohon saya di kirimi panduan tata cara pembuatan ppk organik, saya ingin sekali mencobanya mengingat sekarang hrg pupuk yang sangat mahal apa lagi saya tinggal didarerah kepulauan, saya mohon bantuan nya ya pak. Semoga bahan2/alat2 nya utk pembuatan ppk organk dapat saya dapat di daerah saya. thanks
    email add : intha_yan@yahoo.com

  63. Pak, saya sgt tertarik dg teknik pemb. kompos, kalau kompos dari tandan kosong kelapa sawit, bisa dibagi ke e-mail saya, kan ? saya tunggu, tks

  64. bagaimana cara pembutan pupuk kompos dan pupuk.dan bahan bahan apa saja yang dipakai untuk proses pembuatanya.karena saya sangat tertarik sekali terhadap proses pembuatan pupuk cair dan kompos ini.
    terimakasih dan saya mengharapkan bantuanya.

  65. saya berdomisili di sby, dan saya tertarik dg pembuatan ppk compos cair, yg saya tanyakan apakah dlm proses pembuatannya menghasilkan bau tdk sedap?, terima kasih atas informasinya

  66. mas, saya mau tanya pada siapa saja.
    untuk mengetahui pupuk kandungan pupuk yang dihasilkan baik atau tidak bagaimana?
    dan sampah organik apa yang terbaik untuk membuat pupuk?

    tolong ya mas, kirim via emailku:
    afit1986@gmail.com
    makasih dab saya menghapkan sekali bantuanya

  67. pak,sebaiknya d website bapak di beri link yang khusus utk download hal2 ttg pembuatan kompos, jadi gk perlu minta satu-satu, dan ilmu itu bisa di share ke semua..terima kasih

  68. mas Ubai yth
    saya juga sangat tertarik dengan artikel nya, krn saya juga pengin buat pupuk kompos sendiri untuk kebun mini saya tapi saya masih bingung dengan alatnya, pernah saya bikin di karung ternyata belatungnya banyak sekali jadi takut deh, berarti gak jadi ya pupuk sya thk

  69. Yth Matoa,
    saya dah baca, banyak pertanyaan dari rekan-rekan seputar kompos, kok ga ada jawaban dari Matoa sech…..

    kan klo ada pertanyaan, trus ada jawaban, mungkin kita bisa belajar, tanpa nanya lagi ke Matoa.

    Terima kasih,
    Salam Persahabatan
    Willy Widhradjo

  70. Assalamu ‘alaikum wr wb

    Terima kasih atas artikel pembuatan komposnya.Insya Alloh bermanfaat bagi pembaca umumnya dan saya pribadi khususnya. Untuk pembuatan kompos secara detail apakah ada buku atau ebooknya?Saya akan memasyarakatkan pembuatan kompos di Gunungkidul untuk menghindari terhambatnya pupuk kimia yang kadang-kadang distribusinya terhambat.
    Terima kasih atas penjelasannya

  71. untuk buat EM 4 atau cairan penumbuh bakteri ada yg lebih sederhana tidak ? yg bisa diperoleh di lingkungan rumah

  72. saya tertarik dg cara pembuatan kompos cair cuma yg blum jlas selama 2 minggu itu apakah bisa diisi dg sampah baru?atau menunggu 2 mnggu baru bisa diisi lagi?trus apakah em4 yg sudah tercampur air itu harus dihabiskan skaligus atau bisa utk lain waktu?mohon tanggapannya.trims

  73. to mas ubay atau mbak rita
    setelah ditutup rapat selama 2 minggu apakah tidak boleh dibuka lagi?gimana kalo ingin masukkan sampah baru apa harus nunggu 2 minggu?trus cairan em4 yg sudah tercampur air apa harus dihabiskan skaligus atow bisa digunakan lagi kalo masih sisa?tolong sgra kirimi aku jawaban ya?biar cpt bisa praktekkan

  74. pupuk kompos cair setelah dipanen apa langsung disiramkan ke tanaman?apa masih harus dicampur dg air?kalao dicampur perbandingannya berapa?

  75. mantap ni artikel..
    pupuk cair paling langka di pasaran, dan juga produknya belum banyak diketahui org lain, ini lahan bisnis yg perlu di kembangkan..

  76. sangat penting dan sangat tertarik maka saya ingin meminta bantuan bapak ibu sekalian utk membantu kami dalam pembuatan kompos ini.
    terima kasih atas bantuanya.

  77. blog yang sangat bermanfaat. anda banyak amal kebaikan. maju terus. saya juga ingin mengolah sampah kampus yang dibuang percuma. tapi saya butuh alat pencacah sampah (daun, enceng gondok, dll.). tolong ya infonya, dimana dan berapa harganya agar kami bisa beli. tks.

  78. saya tertarik sekali dengan pembuatan pupuk kompos cair ini,
    saya anak kimia UGM mau mengadakan kkn dengan tema pembuatan pupuk kompos cair, untuk itu saya mohon penjelesan yng lebih detail lagi mengenai pupuk kompos cair ini, agar dapat diimplementsikan pada pengabdian masyarakat yang akan kami lakukan bulan depan.
    1. apa indikator pembuatan pupuk cair dikatakan behasil?
    2.membutuhkn budget berapa untuk membeli bioaktivator trsebut ? terimksih untuk jawabany..

  79. selamat pagi pak…
    saya ingin konfirmasi,apakah bisa kita membuat EM4 dari bahan tapai.
    untuk diketahui skarang saya sedang melakukan penelitian tentang bahan alternatif pengganti EM4.sebagai pertimbangan saya, dikarenakan EM4 memiliki nilai ekonomis yg lebih tinggi.jadi saya berkeinginan untuk membuat starter dari bahan lain seperti dari bahan baku tapai/ragi.selain bersih (tidak menjijikkan ) dan wangi proses pembuatan nya jg simple disamping bahan baku mudah di dapat dan harga nya juga relatif lebih murah.
    untuk info nya saya ucapkan terimakasih.
    ruli kurniawan

  80. Mba Risma, Bioaktivator boisca dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

  81. Bagaimana cara pemanfaatan pupuk cair (lindi) yang dihasilkan tersebut untuk memupuk tanaman harus diencerkan atau tidak? kalau diencerkan perbandingannya berapa banding berapa.

    Terima kasih

  82. saya akan mencoba membuat konpos cair tetapi tidak tahu membuat cairan bioaktivator boisca terimakasi atas perhatian dan kerjasamanya.

  83. Pak Sukron, untuk bioaktivator boiscanya silahkan hubungi
    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

    Semoga membantu

  84. saya pengen punya buku panduan-panduan pembuatan pupuk organik dan teknologi-teknologi pertanian yang modern,saya pengen membantu para petani biar produksinya meningkat. tapi dmn ya… cara mendapatkanya? trimakasih.

  85. Untuk mas\mba gion kalau mau lebih jelas tentang tata cara pembuatan pupuk organik main ke Cianjur sekalian praktek biar jelas gitu loh. terimakasih.

  86. saya pengusaha sarang burung welet,yg mana punya banyak limbah kotoran walet , ingin diolah jd pupuk /kompos ,adakah yg mau memberi tau caranya ,.trim ksh

  87. Bravooooooo
    inovasi baru / penemuan yang luar biasa
    sepele tetapi bermanfaat lebih
    tepat guna dan semua bisa untuk mencoba
    karna bahan – banhanya ada di sekir kita…….
    Selmat….sukses….

  88. Yth matoa
    perkenalkan nama saya okwin, ada yg mau saya tanyakan: EM4 itu bisa tidak utk perikanan ??? contohnya di media belut sebagai proses utk mepercepat pembusukan

    di Bp.Sukamto EM4 perikanan ada jual tidak ???

    trimakasih

  89. pak tolong saya dikirimi panduan pembuatan komposnya sekalian gambar komposter yang baik bagaimana, soalnya saya pernah coba tapi gagal. terimakasih

  90. apakah pupuk cair/lindi bisa langsung disiramkan pada tanaman atau harus dicampur dengan air terlebih dahulu? thanks.

  91. Jazakollahuchoiron kashirah,
    selama ini Saya slalu memisahkan sampah organik & Non organik, permasalahannya adalah saya sampah organik hanya simpan saja dikebun kadang dibak sampah, kadang daun kering saya tutupkan ke sampah dapur, diamkan sampai jadi tanah ( memang prosesnya lebih lama), setelah membaca artikel anda tentang pembuatan kompos insyaAllah saya akan mencoba tecknik2 nya, Tks

  92. disebelah rumahku, ada pohon pisang (sdh berbuah besar2),j ambu air, jambu batu, markisa (sudah berbuah klo musim hujan), mangga dan stroberi (berbuah sdikit), saya suka menyiramkan air beras, ato bekas cucian daging or cucian ikan, klo punya info ttg pemeliharaan tanaman2, kirim ya…….

  93. tolong jelaskan cara pembutan kompos organik dan organik, serta bahan-bahan yang di paerlukannya

  94. saya sangat tertarik untuk membuat kompos cair dari sampah sisa makanan, tetapi saya tdk tahu perbandingan jumlah (persentase) komposisi bahannya. mohon saya dikirimi informasi mengenai hal tersebut. terima kasih

  95. mas saya sedang buat pupuk dari hasil pengolahan limbah safety tank (apartemen) sy sdh sediakan Em4, apaperlu diberi furadan dan apa fungsi dari gula merah ya

  96. saya minta dikirimi komposisi obat untuk pembuatan pupuk kompos thank’s…semoga menjadi manfaat..

  97. saya sedang mencoba membuat kompos cair dan telah menghasilkan kompos cair (air lindi) namun baunya sangat menyegarkan sekali, bagaimana caranya agar air lindi tersebut tidak bau, terima kasih

  98. Dear Sahabat lingkungan,

    Mohon infonya tentang beberapa hal kompos:
    1. Berapa minggu idialnya kompos dari sampah dapur bisa dipanen?
    2. Hasil akhirnya, berapa ukuran idial materi kompos ter ayak?
    3. Bagaimana ciri2 kompos yang baik? dan
    4. Di pasaran sering ada info begini..ini kompos untuk daun…ini khusus untu bunga…ini khusus untuk buah…bagaimana ini? apa kompos yang dijua sudah dicampur dengan pupuk kimia atau dari bahan dasarnya berbeda-beda?

    Thank
    Bravo Kompos
    Selamatkan lingkungan dari malapetaka
    Terima ksaih atas perhatian teman-teman.

  99. salam,
    apakah kompos cair dpt digunakan pada akuaponik, bagaimana dg ikannya
    terimakasih.

  100. trm ksh bnyk ats info2ny, di lingkungan sy, sampah msh jd mslh, jd mgkn ini solusi terbaik u saat ini. sy akn coba. yg blm tergambar adlh wdh pemrosesan pupuknya, tong biasa or di disain khusus? bs kirimkan gambarnya di k e-mail saya? trm ksh sblmnya.

  101. truz manpaat air kelapanya buat tanah itu apa ya……….?n sekalian manpaat air bekas cucian beras……..?thanks……plis kirimke e-mailku……….

  102. sy memiliki kebun kakao, apakah pupuk cair cocok untuk tanaman tersebut ?
    bolehkah sy meminta cara2 pembuatan pupuk cair dan cara menguji pupuk cair yg palsu dan asli.
    thanks b4.

  103. terima kasih utk smua masukan diatas , kalo bisa tlg tehknik yg lain dong, agar saya di desa bisa m,membantu petani2 lain……… make our world better..

  104. ass pak..
    Saya efendy manan dr pasuruan Jatim,Bagaimana cara pembuatan POC dari limbah Ikan?di dekat sy ada pabrik pengolahan ikan tuna yg bs sy manfaatkaan limbahnya,
    wass,
    Trims
    efendy

  105. Selamat siang,

    Saya sedang menekuni pembuatan pupuk kompos dari kotoran ternak sapi, Yang ingin saya tanyakan apa bisa bioaktivator boisca digunakan pada kotoran hewan agar menjadi pupuk organik cair. Mohon informasinya dan kirimkan ke email saya a.trisno@yahoo.co.id . Di tunggu ya.

  106. gmn ya cara membuat pupuk organik cair dari bahan dasar ikan?
    apa sj yg di butuhkan utk pembuatan skala kecil… mau belajar buat sendiri, utk dapat digunakan ke tabulampot2 di taman sy…

  107. Saya tertarik dengan pembuatan Pupuk cair ini karena terdapat peluang bisnis. Bagaimana cara pengemasan yang baik bila kita ingin menjualnya. Dimana harus membeli botol untuk kemasan dengan harga terjangkau. Mohon kirim jawaban via email. joko.catur@gmail.com

  108. pupuk organik, Kesuburan berkurang krn pemakaian pupuk kimia, beralihlah ke pupuk organik , dgn pemakaian yg bijaksana & sesuai kebutuhan, gunakan pupuk organik, selamatkan bumi tanah air.

  109. ASS. PAK UBAY, TRIMS INFO2NYA TENTANG KOMPOS…..
    KALAU ADA YANG LAIN BOLEH DIKIRIM KE EMAIL INI TRIMS

  110. salam kenal..
    saya berdomisili di brunei,saya sangat ingin mencoba membuat kompos cara takakura,tolong kirimkan ke email saya,cara2nya secara detail,kalau ada dengan gambar atau videonya.
    terima kasih atas bantuannya.
    email saya : dudith1975@yahoo.co.id

  111. Maam pak,saya mahasiswa UNSRI. Ingin menanyakan dalam pembuatan pupuk/ bokashi, pastinya terkandung larutan gula.Yang pengen saya tahu, apakah perbedaan kandungan yang di butuhkan tanaman antara gula tebu dan gula aren, dan mana baeknya di antara keduanya? Saya berharap jawabannya ya pak/ibu…

  112. Salam kenal tina,
    seperti pembahasan sebelumnya sebenarnya sama saja, perbedaanya jika gula tebu cepat larut sedangkan gula aren pada saat pembuatan kompos cair harus dihancurkan terlebih dahulu agar cepat larut. terima kasih
    -salam sahabat hijau-

  113. Salam kenal,
    MATOA Cs. Saya minta tolong dikirim foto proses pembuatan pupuk cair kalau boleh dengan presentasinya. Kenapa pakai nama matoa ? Thanx

  114. Salam sahabat hijau..
    kami sudah memberikan info via email bapak. apakah sudah diterima?mohon info lebih lanjut.
    Terimakasih

  115. Salam kenal..
    Saya baru didunia pertanian..pingin tanya apakah sama antara starter dengan bioaktivator?setahu saya fungsinya sama yaitu untuk mempercepat fermentasi..
    bagaimanakah kualitas starter buatan sendiri bila dibandingkan dengan bioactivator yang ada di pasaran, semisal Boisca dan EM4?
    terimakasih..

  116. saya mau mencoba untuk memproduksi pupuk cair tapi boisca nya susah di cari(kalo dibandung dimana ?) terus kalo uda menjadi lindi ada tata cara pemakaiaanya gak? kalo ada yang tahu tolong email saya ya (rudi_fian_toni@yahoo.com) thanks a lots

  117. Salam Pemenang..
    Matoa Cs tolong diimformasikan kalo boisca di bandung bisa beli dimana terus setelah menjadi lindi ada aturan pakainya gak ? Thanks a lots ? maklum Matoa baru pemula jadi banyak tanya yang lain kalo ada informasi bisa email ke saya (rudi-fian_toni@yahoo.com)

  118. Yth, matoa
    maaf sebelumnya sepertinya saya sudah terlambat dengan teman2, tapi saya berminat sekali untuk belajar cara pembuatan pupuk kompos cair dan padat serta pembuatan EM4, kalau bisa termasuk flow kerjanya serta saya rencananya menggunakan tong plastik . saya sangat berharap bantuannya dan kalau bisa sekalian lihat secara langsung pembuatannya.
    sebelumnya saya ucapkan terimkasih

  119. salam hijau…
    Artikelnya sangat bagus pantas diacungi 4 jempot.
    Berhubung saya masih awam, ada beberapa pertanyaan ..mohon dijawab
    1.berapa persentase unsur N,P,K dan unsur lainya dlm pupuk ini…?
    2.gimana cara merekayasa unsur N,P,K agar bisa lebih tingi..?
    3.apakah efek negatif pemberian pupuk ini jika kelebihan dosis..?
    Mungkin ini dulu,makasih sebelumny

  120. saya pernah mencoba membuat kompos cair tapi ditambah gula merah tidk menggunakan biofaktor, apakah hasilnya akan sam?? mohon cara pembuatannya yang lengkap kirimkan ke email saya agar sya bisa mengajak ibu_ibu rumah tangga belajar membuat pupuk cair tersebut, terimaksih,

  121. Pak, saya tertarik ingin membuat pupuk cair menggunakan komposter. Apa bisa saya dikirimkan gambar desain dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat komposter. Terima kasih. Alamat email saya : iken_sandonk@yahoo.com

  122. saya pernah membuat pupuk cair dengan baan dasar bonggoldan batang pisang tapi setelah saya aplikasikan ternyata asilnya kok tidak memuaskan tidak bisa sama dengan pupuk-pupuk cair yang ada di dipasaran.
    pertanyaan bagaimana proses penbuatan pupuk cair dengan bahan dasar urin dan apa saja komposisinya? terima kasih atas jawabannya.

  123. pak saya tertarik untuk membuat pupuk kompos cair… apa bisa d jelaskan lebih rinci??? dan bila mau beli bioaktivator nu d mana ???

  124. Salam kenal MATOA,,,,,,,,,,
    Saya ingin bertanya tentang pembuatan pupuk kompos cair…….. apakah dlm pembuatannya suhu udara tidak berpengaruh dalam kualitas produksinya…..??? Trims pak boss.

  125. salam….
    terimakasih atas infonya
    ini sangat membantu saya yang ingin saya tanyakan apakah hasil dari pembuatan POC langsung bisa digunakan atau perlu ditambah dg air murni, apabila harus di tambah berapa perbandinganya …CC\L air terimakasih

  126. Salam kenal., saya dwi seorang ibu rumah tangga mo tanya gimana cara buat kompos skala rumah tangga yg gampang dan murah sehingga dpt dikerjakan ama ibu rumah tangga macam saya tanpa harus ngerepoti orang lain? Please ajarin saya dong sehingga saya dpt mengajak ibu rt laennya …kalo ada dimana ada pelatihannya. Saya tinggal di Medan, sumut ..

  127. Selamat pagi, Ibu Dwi.
    saya telah mengupload materi mengenai pembuatan kompos dari limbah dapur. Semoga bermanfaat.

    salam sahabat hijau

  128. Mohon petunjuk cara pembuatan pupuk organik cair dari kotoran ayam, terima kasih atas bantuannya.

  129. saya sudah membuat pupuk cair dari grajen kayu sengon. ini udah satu tahun lebih belum berhasil. air yang dihasilkan masih berbau busuk.
    metode yang saya gunakan adalah metode anaerob.
    mohon solusinya.

  130. salam kenal pak…
    kebetulan pak saya baru belajar membuat pupuk cair… serabut kelapanya itu di buat utuh apa di buat kecil-kecil? trz perlu ada larutan bakteri pengurai atau tidak? terus pupuk ini buat peternakan bisa atau tidak?? untuk campuran pakan ikan.

  131. menurut kami, sebaiknya serabut kelapa dibentuk lebih kecil agar mudah terurai. Jika Anda menambahkan bakteri pengurai, maka kompos akan lebih cepat jadi atau matang.
    trims

    Salam Sahabat HIjau!

  132. kebetulan saya mengajar plh di madrasah sudah mempraktekkan membuat bioaktivator dari sampah dapur. kira-kira apa perbedaannya dengan bioaktivator boisca ? terima kasih untuk artikelnya, izin sharing, kebetulan anak-anak pengen praktek membuat pupuk cair.

  133. terima kasih atas perhatiannya Ibu Peni.
    Bioaktivator boisca digunakan khusus untuk membuat kompos cair, sedangkan bioaktivator dari sampah dapur (tidak dijelaskan rinci) dapat digunakan untuk kompos padat maupun cair.
    Silahkan Ibu share.
    Salam Sahabat Hijau

  134. thanks for your information, Sir. I need this to improve my way to guide my students. cause we’ll do the experiment about compos fertilizer.

  135. Pak, saya tertarik ingin belajar membuat pupuk cair menggunakan komposter. Apa bisa saya dikirimkan gambar desain dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat komposter. Terima kasih. Alamat email saya :franz_ardika@yahoo.com

  136. hijau bumi….
    saya mahasiswi UNNES, ingin menanyakan bahan apa saja yang bisa mempercepat proses pengomposan?apakah hanya biosca saja?tolong kirimkan diagram proses pembuatannya ke email saya…

  137. tolong kirim artikel langkah pembuatan pupuk cairnya ya dan bahan2 yg di perlukan apa saja dan dapat di beli dimana yg lengkap,saya tertarik tuk mengatasi sampah di rt saya,tx.GO GREEN

  138. saya pernah memperbanyak cairan EM4 dengan komposisi sbb:
    1 liter EM4, 10 liter air sumur, 3 kg bekatul, 1 kg gula pasir, dan sampah sayuran yang di cacah halus. setelah di fermentasi dalam 2 minggu tercium bau alkohol dan aroma asam manis. cairan ini saya aplikasikan ke tanaman saya dengan dosis 1 cairan : 5 air. sementara ini tanaman yang saya berikan cairan itu tumbuh subur.

  139. terimakasih atas imformasi bapak, saya sangat butuh imformasi ini untuk menghijaukan sekolah saya!

  140. salam.kenal pak Biovator boisca bisa di beli dimana harga nya berapa terima kasih,atas jawaban nya.

  141. oh.ya satu pertanyaan lagi,apa obat tuk mengurai kotoran tinja menjadi cair dapat di gunakan tuk membuat kompos cair.

  142. terima kasih pak atas informasi nya,karena saya sangat membutuhkan informasi tersebut untuk kegiatan belajar di skul saya.

  143. mohon untuk diperjelas cara2 pembuatan koompos….soalnya saya ingin memanfaatkan sampah organik di sekeliling tempat tinggal . Saya belum jelas gimana cara mendapatkan zat2 yang ditambahkan di dalam proses pengomposan agar tidak terjadi bau dan cepat terbentuk kompos…di mana beli nya?/

  144. untuk keterangan lebih lanjut, kami akan mengadakan pelatihan pembuatan pupuk kompos.
    Akan kami kabari sesegera mungkin.
    terima kasih

  145. Salam…
    minta cara pembuatan organik cair, dan bisa berfungsi jg sbg penguat daya tahan tanaman..trims mohon dibantu..

  146. salam hijau 4 All,,,,tanya sedikit boleh ?
    Cairan bioactivator boisca bisa di dapat di mana ya pa….!

  147. Untuk mas Saiful, Bioaktivator boisca dapat diperoleh di :

    Pak Sukamto
    Jl. Lumba-Lumba no. 2, RT014/RW08,
    Kelurahan Cempaka Baru, Cempaka Putih
    Jakarta Pusat
    Tel: 0811954039

  148. apakah sampah yang telah dibakr sama kandungan zatnya dgn kompos cair dan brapa lama bisa menyuburkan tan
    aman

  149. boisca itu sejenis bioaktivator untuk pengomposan yang dapat disubsitusi dengan EM4. EM4 dapat anda beli di toko-toko pertanian. Atau anda dapat membuatnya sendiri, ini cara pembuatannya :
    Bahan-bahan :

    Susu sapi atau susu kambing murni.
    Isi usus (ayam/kambing), yang dibutuhkan adalah bakteri di dalam usus.
    Seperempat kilogram terasi (terbuat dari kepala/kulit udang, kepala ikan) + 1 kg Gula pasir (perasan tebu) + 1 kg bekatul + 1 buah nanas + 10 liter air bersih.
    Alat-alat yang diperlukan :

    Panci, kompor dan blender/parutan untuk menghaluskan nanas.

    Cara pembuatan :

    Trasi, gula pasir, bekatul, nanas (yang dihaluskan dengan blender) dimasak agar bakteri lain yang tidak diperlukan mati.
    Setelah mendidih, hasil adonannya didinginkan.
    Tambahkan susu, isi usus ayam atau kambing.
    Ditutup rapat. Setelah 12 jam timbul gelembung-gelembung.
    Bila sudah siap jadi akan menjadi kental/lengket.
    Perlu diperhatikan susu jangan yang sudah basi karena kemampuan bakteri sudah berkurang. Sedangkan kegunaan nanas adalah untuk menghilangkan bau hasil proses bakteri.

    Adapun prosedur pembiakan bakteri EM4 adalah sebagai berikut:

    Bahan dan Komposisi:

    1 liter bakteri
    3 kg bekatul (minimal)
    ¼ kg gula merah/gula pasir/tetes tebu (pilih salah satu)
    ¼ kg terasi
    5 liter air
    Alat dan Sarana:

    Ember
    Pengaduk
    Panci pemasak air
    Botol penyimpan
    Saringan (dari kain atau kawat kasa)
    Cara Pembiakan:

    Panaskan 5 liter air sampai mendidih.
    Masukkan terasi, bekatul dan tetes tebu/gula (jika memakai gula merah harus dihancurkan dulu), lalu aduk hingga rata.
    Setelah campuran rata, dinginkan sampai betul-betul dingin! (karena kalau tidak betul-betul dingin, adonan justru dapat membunuh bakteri yang akan dibiakkan).
    Masukkan bakteri dan aduk sampai rata. Kemudian ditutup rapat selama 2 hari.
    Pada hari ketiga dan selanjutnya tutup jangan terlalu rapat dan diaduk setiap hari kurang lebih 10 menit.
    Setelah 3-4 hari bakteri sudah dapat diambil dengan disaring, kemudian disimpan dalam botol yang terbuka atau ditutup jangan terlalu rapat (agar bakteri tetap mendapatkan oksigend ari udara).
    Selanjutnya, botol-botol bakteri tersebut siap digunakan untuk membuat kompos, pupuk cair maupun pupuk hijau dengan komposisi campuran seperti yang akan diuraikan dibawah ini.
    Catatan: Ampas hasil saringan dapat untuk membiakkan lagi dengan menyiapkan air kurang lebih 1 liter dan menambahkan air matang dingin dan gula saja.

    sumber : http://www.nguntoronadi.wonogiri.org

  150. Salam kenal MATOA
    Trimakasih pak Ubay atas smua infonya, smoga kesadaran qt akan pengelolan sampah smakin besar untuk kemaslahatan para petani dan pencinta lingkungan yg hijau dan sehat, pak Ubay mo tanya untuk POC apa bisa digunakan pada budidaya perikanan ( Bandeng dan udang windu ) bagaimana cara pemberian dan proses kerjanya trimakasih sblmnya, bravo MATOA !!!

  151. mas…kalau pupuk cair itu mengandung bakteri bisa dong tentu nya untuk septik tank yang mampet karena masalah penguraian.
    mohon bantuan nya karena dikampung saya banyak septik tank yang meluap

  152. Mas saya ingin mencoba membuat pupuk organik padat dan cair..tetapi saya tidak tahu di mana saya bisa mandapatkan R bacillus ,azotobacter dan EM4…
    Mohon bantuannya untuk mendapatkan alamatnya dan telephonenya..
    Terima kasih banyak

  153. senang membaca artikel anda tentang cara membuat kompos cair