22 April, 2011, 10:06 am, Editor: matoa

Telah Dibuka Siklus Hibah Kedua TFCA-Sumatera

Program TFCA-Sumatera membuka kembali pemberian dana hibah kepada Lembaga Swadaya Masyarakat, Kelompok-kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Perguruan Tinggi untuk turut serta mengelola ekosistem hutan prioritas di Sumatera pada tingkat bentang alam. Kesempatan kali ini merupakan kesempatan pendanaan kedua yang diluncurkan TFCA-Sumatera.

Sebanyak lima bentang alam menjadi prioritas pendanaan pada kesempatan kedua ini. Tiga bentang alam diantaranya merupakan bentang alam yang baru dibuka untuk mendapatkan pendanaan TFCA-Sumatera pada putaran kedua ini. Pemilihan bentang alam dilakukan berdasarkan tingkat keterancaman secara umum serta skala prioritas untuk dikelola sebagai basis konservasi pengelolaan hutan dan keanekaragaman hayati. Ketiga bentang alam itu adalah:
1. Bentang alam Taman Nasional Siberut dan Kepulauan Mentawai
2. Bentang alam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan
3. Bentang alam Taman Nasional Teso Nilo dan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh
(termasuk Taman Nasional Bukit Dua Belas)

Kedua bentang alam lainya adalah bentang alam yang sebelumnya telah dilakukan kegiatan yang mendapatkan pendanaan dari TFCA-Sumatera pada putaran pertama. Namun berdasarkan hasil kajian gap analisis masih terdapat
beberapa kegiatan prioritas yang belum tersentuh pada kegiatan yang mendapatkan dana hibah pada putaran pertama. Kedua bentang alam tersebut adalah:

1. Bentang alam Taman Nasional Kerinci Seblat; dan
2. Bentang alam Kawasan Ekosistem Leuser dan Taman Nasional Gunung Leuser.

Lembaga-lembaga seperti Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Kelompok-kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), maupun Perguruan Tinggi diharapkan mampu bekerjasama dan membentuk suatu konsorsium kolaborasi yang bersinergi dengan berbagai pihak berkepentingan dalam mendukung upaya pelestarian hutan dan keanekaragaman hayati pada skala bentang alam di Sumatera.

Program TFCA-Sumatera akan memprioritaskan usulan-usulan yang mengarah pada kegiatan konservasi terintegrasi dan multipihak yang berbasis bentang alam, sehingga diharapkan usulan bukan merupakan kegiatan tunggal seperti kegiatan penelitian atau peningkatan kapasitas semata.

Jangka waktu pengajuan konsep dibuka sejak sejak tanggal 15 April 2011 dan akan ditutup pada tanggal 31 Mei 2011. Calon mitra TFCA-Sumatera yang berminat dapat mempelajari ketentuan yang disediakan oleh TFCA-Sumatera
melalui website TFCA-Sumatera www.tfcasumatera.org/grant-scheme/call_for-concept_paper/
Format dapat juga dilihat di www.tfcasumatera.org/grant-scheme/prosedur_seleksi/

Share: