1 November, 2011, 3:48 pm, Editor: matoa

Usir Tikus dengan Cara Alami

Rumah yang bersih merupakan keinginan banyak orang. Sayangnya, seringkali ada tamu tak diundang masuk ke dalam rumah. Tikus merupakan hama yang dapat masuk ke rumah kapan saja. Hal ini tentu mengganggu penghuni rumah.

Mengusir tikus di rumah tak semudah membalikan telapak tangan karena seringkali berbagai cara dilakukan namun tetap saja tikus mendatangi rumah. Ada cara-cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengusir binatang pengerat ini. Berikut ulasannya:

  • Teh peppermint

Kotak bekas teh peppermint dan kantong teh peppermint jangan Anda buang karena kotak ini ampuh untuk mengusir tikus-tikus nakal. Letakan kotak kosong tersebut beserta kantong teh yang tidak terpakai di sudut atau bagian rumah yang dilalui tikus. Selain itu, Anda dapat menambahkan gumpalan kapas yang disemprot minyak beraroma peppermint. Dengan cara ini, tikus nakal di rumah akan kabur.

  • Minyak peppermint

Selain kotak dan kantung bekas teh peppermint, Anda dapat juga memanfaatkan minyak peppermint. Dengan merendam bola kapas ke dalam air yang telah diteteskan minyak peppermint dan letakan di area yang tikus suka. Dalam 24 jam tikus akan kabur dari rumah.

  • Cuka apel

Campuran cuka apel dan air efektif mengusir hama ini. Campurkan setengah galon cuka apel dengan 2 galon air, semprotkan di luar rumah. Lakukan kegiatan ini sebulan sekali dan Anda tak akan melihat tikus dalam waktu yang lama.

  • Mengkudu

Buah berkhasiat ini mampu mengusir tikus dengan baunya. Anda hanya perlu memotong-motong mengkudu , lalu letakkan potongan buah tersebut di tempat yang sering dilalui tikus. Tikus tidak tahan dengan bau mengkudu, sehingga rumah Anda amand dari serangan tikus.

  • Jangkrik

Ternyata tikus tidak terlalu suka dengan bunyi berfrekuensi tinggi. Anda dapat memelihara jangkrik di rumah. Suara jangkrik tidak disukai tikus karena mengganggunya, sehingga tikus tidak berani terlalu dekat dengan jangkrik. Pilih jangkrik yang sudah berbulu dan ada motif bulat-bulat pada bulunya karena jangkrik ini mampu mengeluarkan bunyi yang tidak disukai tikus.

  • Bau durian

Wangi buah ini pasti kita suka, namun tidak halnya dengan tikus. Meletakan kulit durian di area yang sering dilalui tikus dapat membantu binatang pengerat tersebut kabur dari rumah.

Selamat mencoba

 

Sumber: wolipop.com, organisasi.org ,dan ronexs.com

Sumber foto: etos-online.com

Share:

5 Komentar

  1. wah, bermanfaat banget nih artikel, matur suwun kang admin… kayaknya mau aku kasih kapur barus ja deh, hehehe… dah lama ki aku bingung dengan ulah tikus, kemaren salon aktip komputerku kabelnya di potong potong… hemmmt..
    makasih banget…